Daftar Lengkap Oleh-oleh Khas Malang 2020, Wajib di Bawa Pulang

oleh oleh khas malang
ilustrasi oleh dribbble.com

Oleh-oleh khas malang khas Malang antara lain Apel malang, sari apel, keripik buah, keripik tempe, keripik ceker, olahan telo di republik telo dan masih banyak lagi yang tentunya terjangkau dan khas malang banget.

Malang adalah kota yang terkenal dengan beragam objek wisatanya. Saat kita berkunjung ke kota berjulukan kota Bunga ini, tentunya tidak lupa membawa oleh-oleh khas untuk keluarga maupun kerabat terdekat kita.

Nah, ada banyak jenis oleh-oleh khas Malang yang bisa kalian bawa saat berlibur ke sini. Berikut kami beri rekomendasi daftar lengkap oleh-oleh khas Malang yang wajib dibawa Pulang.

1. Apel Malang

Kota Malang memang sudah terkenal dengan penghasil apel yang beragam, tidak heran kalau apel Malang menjadi oleh-oleh khas malang yang wajib dibawa saat berlibur ke kota ini. Ada dua jenis apel yang popular yaitu apel manalagi dan apel ana.

Apel manalagi berbentuk bulat dan hijau rasanya sangat manis sedangkan apel ana berbentuk agak lonjong dengan sembarut warna merah dan rasanya sedikit asam. Kalian bisa memilih sesuai selera kalau kalian berlibur ke Kota Malang.

2. Sari Apel

Berbagai macam olahan apel khas Malang salah satunya Sari Apel. Sari Apel terbuat dari apel segar yang dipilih dari kualitas yang paling baik, dicuci terlebih dahulu kemudian bijinya dibuang dan dimasukan ke mesin peras untuk memisahkan sari buah dengan ampasnya.

Banyak sekali produsen sari buah apel di kota ini, oleh karena itu sebaiknya kalian harus bisa memilih sari apel mana yang menggunakan pengawet atau pemanis dan mana yang tidak.

Kalian bisa menemukan oleh-oleh khas malang ini di berbagai pusat oleh-oleh, jangan khawatir harga sari apel ini murah dan cukup terjangkau.

3. Aneka Keripik Buah

Oleh-oleh khas Malang ini berasal dari olahan buah-buahan yang dijadikan keripik.

Ya, yang cukup popular yaitu keripik apel, sebenernya tidak hanya keripik apel saja banyak variasi keripik dari buah lainnya loh seperti nangka, salah, kelengkeng, rambutan dan semangka.

Oleh karena itu, apabila kalian ke kota Malang jangan lupa bawa keripik buah ini sebagai buah tangan ya. Kalian bisa menemukan berbagai macam keripik buah di pusat oleh-oleh di Kota Malang.

4. Keripik Tempe

Jual Oleh Oleh Malang Keripik Tempe Sanan Malang Ukuran Large - Original -  Kota Malang - Strudel Online Malang | Tokopedia

Keripik tempe sangat lezat apabila kita sandingkan dengan sayur dan lauk saat makan, rasanya yang gurih dan renyah tentu saja oleh-oleh khas Malang satu ini tidak boleh kalian lewatkan saat berkunjug kesini.

Kalian bisa menemukan keripik tempe diberbagai sudut kota Malang dan jika ingin datang ke pusat keripik tempe, kalian bisa datang ke Kampung Sanan yang ada di Kecamatan Belimbing.

Disana kalian bisa menemui berbagai macam varian keripik tempe seperti rasa keju, rumput laut, pizza, jagung manis dan barbeque.

5. Keripik Ceker

Keripik satu ini terbuat dari ceker yang memiliki rasa gurih dan renyah saat dimakan.

Baca juga:  Pendidikan Karakter : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Mineral yang terkandung dalam keripik ceker seperti kolagen, asam amino dan kalsium sangat baik untuk tubuh sehingga tidak hanya enak, oleh-oleh satu ini sangat sehat.

6. Keripik Kentang Macan

LimaKaki: Keripik Kentang Cap Macan, Camilan Khas Malang yang Wajib Untuk  Dibawa Pulang

Daftar oleh-oleh khas Malang yang wajib kalian bawa pulang selanjutnya adalah Keripik Kentang Macan. Keripik Kentang Macan memiliki rasa yang unuk dan berbeda dari keripik kentang pada umumnya.

Bahan utama keripik ini berasal dari jenis umbi-umbian bernama gadung, yang melalui proses yang tidak sembarangan karena umbi satu ini mengandung racun.

Akan tetapi, para produsen keripik ini sudah ahli sehingga kalian tidak perlu khawatir karena sudah melalui proses yang lama sehingga racun bisa hilang dari umbi ini.

7. Olahan Telo di Republik Telo

Olahan telo sangat popular di Kota Malang, Telo yang menjadi bahan utama bisa dibuat berbagai macam olahan seperti keripik, eskrim, pizza, bakpao dan nugget.

Kalian bisa menikmati olehan Telo ini di pusat oleh-oleh khas Malang di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang.

8. Pia Mangkok

Pia khas Malang ini bernama Pia Mangkok. Pia Mangkok bisa bertahan selama dua minggu dari masa produksi.

Salah satu toko penjual pia mangkok bisa datang ke Jalan Semeru 25. Terdapat beberapa varian rasa yang disajikan seperti rasa durian, cokelat, kacang hijau dan keju.

Rasa yang dihasilkan tidak kalah nikmat dengan bakpia khas kota wisata lain.

9. Malang Strudel

Daftar oleh-oleh khas Malang selanjutnya adalah Malang Strudel. Oleh-oleh khas Malang ini bisa dibilang baru dan dibuka sejak akhir 2014.

Terdapat beberapa varian rasa yang disajikan seperti sturdel isi apel, strawberry, pisang, nanas, dan mix fruit.

Kalian bisa menemukan oleh-oleh di pusat oleh-oleh khas Malang atau bisa langsung mampir ke Jalan Ardimulo Nomor 14 Singosari.

10. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka adalah oleh-oleh khas Malang yang bahan dasarnya berasal dari pisang.

Berakhiran kata Bangka, oleh-oleh satu ini bukan berarti berasal dari pulau Bangka melainkan diambil dari nama Jalan Bangka sebuah wilayah kecil dekat dengan area perumahan Kota Malang dan dijual di sana.

Harga camilan ini sekitar 42 ribu per kotak. Kalian bisa datang langsung dan mencicipi oleh-oleh ini ke Jalan Bangka 20-22 Malang atau telepon 0341-36823

11. Madu Klanceng

Madu Klanceng adalah madu khas malang dan mempunyai khasiat yang luar biasa.

Apabila kalian berlibur ke Malang, jangan lupa membawa oleh-oleh madu ini yang harganya dibandrol dengan harga Rp. 130.000 hingga Rp. 150.000.

12. Kaos dan Souvenir khas Malang

Kaos dan Souvenir khas Malang bisa kalian bawa untuk oleh-oleh apabila berkunjung ke Malang.

Saat ini untuk mendapatkan souvenir maupun kaos khas Malang sudah cukup mudah dan harganya pun murah seperti di BNS, Selecta, Jatim Park atau agrowisata lain sehingga tidak perlu sulit mencarinya.

13. Keramik Dinoyo

oleh oleh khas malang

Selain makanan dan kaos maupun souvenir. Oleh-oleh berupa kerajinan bisa kalian temui di Malang seperti hiasan meja atau ruangan rumah berbahan dasar keramik bernama Keramik Dinoyo.

Seperti piring, guci, vas Bungan dan hiasan dinding sebagai pelengkap interior rumah. Toko keramik ini terletak Jalan MT Haryono, di sana berjejer lebih dari 20 toko penyedia keramik Dinoyo.

14. Frozen Bakso atau Bakso Beku

oleh oleh khas malang

Bakso beku terkenal dengan kekenyalan dan kelezatannya, lebih nikmat lagi apabila ditambah dengan kuah beserta bumbu dan saos sambal.

Baca juga:  10 Merek Jas Hujan Terbaik dengan Harga Terjangkau

Saat berkunjung di Malang, kalian wajib mampir mencicipi dan bawa sejumlah bakso Malang beku ini di daerah jalan Batanghari, Tempatnya di Bakso President.

Bakso beku bisa tahan sampai satu bulan jika disimpan didalam lemari es beserta bumbu-bumbunya. Jadi kalian tidak perlu takut cepat basi, apabila penyimpanan bakso beku dilakukan dengan benar.

15. Bakpao Sayang

oleh oleh khas malang

Bakpao ini sangat istimewa karena memiliki kulit yang lembut dan harganya juga murah. Warna kulit putih kekuningan, tanda tidak pakai bahan pemutih.

Berbagai macam isinya seperti kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, kacang merah, keju, dan berbagai macam selai (strawberry, blueberry, sarikaya, nanas).

Kalian bisa menemukan oleh oleh khas Malang Bakpao Sayang di Jl. Raya Langsep No.11 Malang. Telp. 0341 569580.

16. ASIX Oleh Oleh / ASIX Cake

oleh oleh khas malang

ASIX Cake adalah bisnis yang dimiliki oleh keluarga Anang-Ashanty.

Ada sekitar varian rasa dari ASIX Cake, yaitu Anang Charcoal, Ash Kayagreen, Loly Rainberry Velvet, Jielly Hazelin, Acio Chocolava, dan Acabi Chizmelt.

Kuenya berbentuk mirip bolu lapis dengan taburan toping di atasnya seperti cokelat atau keju.

17. Makobu Cake

oleh oleh khas malang

Toko kue Makobu Cake terletak di di Jl. Ijen No.82, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Buka dari pukul 07.30 – 21.30 WIB.

Beberapa varian rasa ditawarkan oleh Makobu Cake, seperti Castella Cheese, Castella Chocolate, Castella Cappucino, Castella Banana Crunchy, Castella Blueberry, dan Castella Apple. Harganya sekitar 59 – 69 ribu rupiah.

18. Queen Apple

oleh oleh khas malang

Queen Apple miliki seorang chef terkenal yaitu Farah Quinn. Dia membuka toko kue bernama Queen Apple. Ada dua jenis kue yang ditawarkan yaitu bolu dan strudel.

Varian rasanya juga variatif untuk bolu ada Cinnamon, Cheese, Chocolate, Vanilla, Mango, Durian, Kurma, Jack Fruit, Milk, Vla, Almond, Raisins serta Pineapple.

19. Puthu Lanang Celaket

oleh oleh khas malang

Oleh-oleh ini bisa kalian temukan di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT.03, Samaan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Jam buka mulai pukul 17.45 – 21.30 WIB. Sesuai dengan namanya, warung makanan tertua legendaris ini menyajikan menu utama berupa kue putu.

20. Jenang Apel

oleh oleh khas malang

Olahan Apel sangatlah variatif, selain dibuat menjadi sari buah dan keripik. Apel bisa dibuat menjadi jenang atau dodol.

Nah, rasa jenang apel tidak perlu diragukan lagi tentu saja manis, tekstur lembut dan lezat.

21. Onde-Onde Depot HTS

oleh oleh khas malang

Selain kue puthu, ada satu lagi jajanan pasar tradisional yang melegenda di Malang, yaitu Onde-Onde Depot Han Tjwan Sing (HTS) Lawang.

Ada 3 varian rasa, yaitu kacang hijau, kacang merah dan kelapa.

22. Carang Mas

oleh oleh khas malang

Carang Mas adalah jajanan tradisional yang berbentuk kue kering terbuat dari ubi jalar dan gula jawa.

Kalau dari bentuknya jajanan ini mirip mie yang digulung-gulung berbentuk bulat dan dimasak dengan cara digoreng.

23. Cokelat Tempe

oleh oleh khas malang

Oleh-oleh khas Malang yang terakhir adalah cokelat tempe. Cokelat tempe adalah kombinasi manisnya cokelat dan gurihnya tempe.

Ada beberapa varian Cokelat Tempe, antara lain milk, coklat, pedas, apel dan stroberi. Di Malang, label cokelat tempe ini bernama de’Konco dan harga cukup terjangkau yaitu 8 – 11 ribu rupiah.

Demikian, penjelasan mengenai daftar lengkap oleh-oleh khas Malang. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply