Nomina: Pengertian, Jenis, Frasa, beserta Contohnya

nomina adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Nomina adalah semua kata yang dibendakan. Dalam Bahasa Indonesia, makna dari nomina itu sendiri bisa dilihat dari dua sudut pandang, yakni makna secara semantik, serta makna secara sintaksis.

Sebuah kalimat memerlukan sebuah struktur, biasanya struktur tersebut dibentuk dari subjek+predikat+objek+keterangan. Nah dalam subjek, terdapat salah satu pembentuk bernama kata benda atau nomina.

Nomina adalah kata benda yang dalam kelas kata bahasa Indonesia ditandai dengan tidak digabung dengan kata depan tidak. Jadi bersifat independen. Nomina ini biasanya berfungsi sebagai subjek atau objek dari klausa. 

Pengertian Nomina

Nomina adalah semua kata yang dibendakan. Dalam Bahasa Indonesia, makna dari nomina itu sendiri bisa dilihat dari dua sudut pandang, yakni makna secara semantik, serta makna secara sintaksis.

Secara semantik, nomina merupakan kata yang sebenarnya mengacu pada benda, manusia, nama, atau hal-hal lain yang kemudian dibendakan. Adapun makna nomina dari sudut pandang sintaksis yakni berfungsi sebagai subjek, objek, atau pelengkap yang predikatnya verba.

Nomina atau kata benda biasanya menyatakan kata yang merujuk pada nama seseorang, tempat, atau juga semua benda dan segala yang dibendakan. Nah untuk mengenali nomina berikut ciri-cirinya.

Ciri-ciri nomina 

  • Nomina tidak dapat didahului atau bergabung dengan kata tidak
  • Nomina cenderung menduduki fungsi subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat yang berpredikat verba.
  • Nomina lazimnya dapat diikuti oleh kata sifat atau adjektiva.
  • Dalam kalimat yang predikatnya verba, nomina cenderung menduduki fungsi subjek, objek, atau pelengkap.

Kata benda dalam segi bentuknya dibagi menjadi 2 jenis yaitu nomina dasar dan nomina turunan.

Baca juga:  Rumus Limas : Luas, Volume, dan Contoh Soal + Pembahasan

Nomina dasar ini merupakan nomina yang hanya terdiri atas satu morfem serta dapat dibagi menjadi nomina dasar umum dan juga nomina dasar khusus dan  nomina turunan merupakan nomina yang diturunkan dengan melalui proses afiksasi, perulangan, atau juga pemajemukan. Berikut penjelasanya.

Jenis-jenis Nomina

Kata Benda (Nomina) Dasar

Kata Benda Dasar ini  merupakan kata yang menunjukkan identitas asli atau juga identitas awal dari suatu hal yang bisa/dapat dibendakan.

Kata Benda Dasar ini tidak dapat dijabarkan atau juga dijabarkan ke bentuk yang lebih sederhana. Contoh : laptop, buku, jam, kabel

Kata Benda (Nomina) Turunan

Kata benda turunan ini merupakan kata benda yang terbentuk dari kata benda dasar dengan melalui proses pengimbuhan (afiksasi), pengulangan, atau juga pemajemukan.

Proses terbentuknya kata benda turunan ini dapat terjadi dengan melalui beberapa cara yaitu : Kata Kerja (Verba) + Imbuhan -an atau Kata Kerja (Verba) + Imbuhan- pe

Contoh nomina turunan: kenalan, makanan, minuman, pemain, pekerja

Frasa Nomina

Frasa merupakan salah satu satuan gramatikal yang terdiri atas dua kata atau lebih. Frasa biasanya terdiri atas satu/lebih kata yang dikelompokkan dalam kelas kata yang khas. Dari sinilah frasa dapat terbagi menjadi bermacam-macam jenis, misalnya frasa nomina, verba, adverbia, adjektiva, dll.

Frasa nomina pada dasarnya merupakan dua atau lebih rangkaian kata yang tersusun membentuk suatu frasa yang menyatakan kebendaan (nomina=kata benda).

Frasa nomina sendiri ialah sekumpulan kata yang mengandung setidaknya satu kata benda dan merupakan hasil pengembangan dari nomina (kata benda). Contoh frasa nomina dan penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • Tabir surya: “ Penggunaan tabir surya itu sangat penting untuk melindungi kulit”
  • Sarung tangan “ musim dingin seperti ini sarung tangan sangat membantu memberi kehangatan”
  • Pemain gitar—”Aldo adalah pemain gitar di band tersebut.”
Baca juga:  Fauna Asiatis : Pengertian, Daerah Persebaran, Contoh + Gambar

Untuk memahami lebih lanjut mengenai nomina, Saintif akan memberikan beberapa contohnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, nomina ini dapat digunakan sebagai subjek dan objek dalam sebuah kalimat, berikut ini contohnya.

Contoh nomina

  • Anita memasak nasi
  • Laptop itu sangat bagus
  • Botol itu berisi sirup
  • Pekerja bangunan itu baik 
  • Aku suka membaca Al-quran
  • Buku itu sangat keren

Itu tadi merupakan penjelasan tentang nomina, semoga artikel ini bermanfat!

Referensi 

  • dosenpendidikan.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply