Lembaga antariksa NASA berhasil mendaratkan robot baru di planet Mars.

Pada 26 November 2018, NASA berhasil melakukan misi untuk mendaratkan robot ke planet Mars. Robot tesebut diberi nama InSight, yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu wawasan.

Usai mendarat di Mars, robot bernama InSight itu akan melakukan penelitian bagian dalam planet Merah tersebut.

Pendaratan berlangsung dramatis di mana para kru di mission control di California tampak cemas selama beberapa menit ketika robot itu berusaha mencapai permukaan Mars. Mereka akhirnya bersorak gembira ketika InSight dipastikan mendarat dengan selamat.

Robot InSight mendarat di dataran datar bernama Elysium Planitia yang berdekatan dengan garis ekuator Mars. InSight telah mengirimkan foto pertama yang dijepretnya dari Mars. Foto-foto lain dengan kualitas lebih baik bakal secara rutin diabadikan oleh sang robot di hari-hari mendatang.

Foto pertama yang dikirimkan InSight. Foto: Reuters

Dilansir dari BBC, seperti halnya pendaratan di misi-misi sebelumnya, upaya InSight masuk ke Mars selama sekitar 7 menit berlangsung menegangkan. Hanya 40% misi NASA ke Mars berujung kesuksesan. Robot itu pun mengirimkan update nasibnya secara terus menerus ke Bumi.

Ia memasuki atmosfer Mars dengan kecepatan lebih tinggi dari peluru. Untuk mendarat dengan mulus, InSight mengandalkan kombinasi perisai panas, parasut dan roket untuk memperlambat lajunya.

 

Nah, tapi robotnya bakal ngapain aja sih?

InSight akan menjadi robot pertama yang akan meneliti interior Mars, di mana para ilmuwan ingin tahu bagaimana konstruksi planet tersebut dari bagian inti sampai permukaan.

Gambar terkait

“Insight akan mempelajari interior Mars dan akan memberitahu kita ilmu yang bernilai di saat kita mempersiapkan untuk mengirim astronot ke Bulan dan Mars,” sebut Jim Bridenstine, administrator NASA.

Baca juga:  Benarkah alumunium foil dapat meningkatkan kecepatan Wi-Fi?

“Pencapaian ini memperlihatkan kecerdikan Amerika dan mitra internasional kita dan dedikasi serta kegigihan dari tim kami,” tandasnya.

 

Referensi

No more articles