Selama ini kita sering mengasosiasikan dunia musik sebagai dunia yang penuh hura-hura, glamour, dan pesta.

Namun siapa sangka, di balik kesan musik yang demikian itu, ternyata ada banyak musisi yang merupakan seorang peneliti, berpendidikan, dan bahkan sampai bergelar doktor.

Jadi selain cemerlang dalam musik, kehidupan akademis mereka pun tak kalah nge-rock.

Berikut ini adalah enam musisi yang memiliki gelar doktor, dan salah satunya merupakan doktor fisika dari Indonesia

Brian May – Queen

Gambar terkait

Gitaris dari grup rock terbesar sepanjang masa ini (Queen) ternyata memiliki gelar doktor dalam bidang Astrofisika.

Ia ini mendapatkan gelar doktoralnya dari Imperial College London pada 2007. Yang menarik adalah, ternyata May lebih dahulu eksis sebagai akademia sebelum menjadi bintang rok.

Tak tanggung-tanggung, tesis PhD Brian May membahas berbagai kecepatan dari debu luar angkasa.

Ia memulai kehidupan akademisnya pada 1970 saat Queen belum tenar. Namun, kehidupan akademisnya ditinggalkan saat Queen memperoleh ketenaran internasional pada 1974.

Dexter Holland – The Offspring

Hasil gambar untuk Dexter Holland phd

Vokalis dan ikon grup punk The Offspring, Dexter Holland, mendapat gelar doktoral di bidang biologi molekular dari University of Southern California.

Riset doktoralnya berfokus terkait virus HIV.

Kisahnya serupa dengan Brian May dari Queen di atas, Holland sempat mengalami kendala dalam menyelesaikan studi doktoralnya karena ia harus mengatur waktu untuk berkarir di The Offspring yang sedang naik daun di dunia musik.

Greg Gaffin – Bad Religion

Hasil gambar untuk Greg Graffin phd

Penyanyi grup band selanjutnya yang mempunyai gelar doktor adalah Greg Gaffin dari Bad Religion.

Gaffin mendapat gelar doktoral di bidang zoology dari Cornell University.

Ia membuat disertasi yang bertajuk Evolution, Monism, Atheism, and the Naturalist World-View: Perspectives from Evolutionary Biology.

Sterling Morrison – Velvet Underground

Hasil gambar untuk Sterling Morrison phd

Nama Sterling Morrison memang tidak setenar Lou Reed. Namun, ia memiliki posisi sentral yang penting dalam menjalankan band legendaris Velvet Underground pada 1964.