A password will be e-mailed to you.

    Kamu sedang berada di suatu tempat yang asing ketika tiba-tiba muncul orang-orang yang kamu kenal. Lalu seketika kamu merasa ada yang janggal dari suasana saat itu.

    Mungkinkah kamu sebenarnya sedang bermimpi?

    Lalu kenapa kamu sadar kalau sedang bermimpi? Bagaimana bisa?

    Tenang saja, fenomena sadar dalam mimpi itu cukup umum, kok. Istilahnya adalah lucid dream atau mimpi sadar.

    Lucid dream adalah keadaan di mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi dan ia bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpinya.

    Kenapa seseorang bisa mengalami hal ini? Apakah ada hubungannya dengan pengalaman gaib? Berikut ini adalah jawaban ringkasnya–tidak ada hubungannya dengan hal gaib ya.

    Ketika seseorang mengalami mimpi sadar, aktivitas elektrik pada otak di bagian tertentu mengalami peningkatan. Aktivitas ini sangat mirip dengan aktivitas orang yang sedang sadar atau terbangun dari tidurnya. Namun, hal ini terjadi ketika para peserta memasuki tahap tidur REM.

    Karena itu, mimpi sadar sebenarnya adalah sebuah fenomena medis yang bisa diteliti lebih lanjut.

    Jadi mengalami mimpi sadar bukan berarti kamu sedang mengunjungi dimensi lain atau sedang mengalami kejadian gaib. Mimpi sadar hanyalah kelainan aktivitas otak yang terjadi saat kamu tidur.

    Mimpi terjadi saat kamu memasuki tahap tidur REM atau rapid eye movement. Manusia memang memiliki empat tahapan tidur. Yang pertama yaitu tidur ayam, tahap kedua mulai tertidur, ketiga tidur nyenyak, kemudian tahap terakhir yaitu tidur REM.

    Dalam tahap tidur REM, detak jantung, pernapasan, dan gerakan bola mata yang tadinya melambat menjadi lebih cepat. Namun, ini semua terjadi ketika kamu masih terlelap. Inilah tahapan tidur yang memungkinkan terjadinya mimpi.

    Lucid dream pun terjadi pada tahapan tidur ini.

    Baca juga:  Hibernasi Pada Manusia, Mungkinkah?

    Fenomena ini ditandai dengan kesadaran bahwa kamu memang sedang bermimpi, bukan berada di dunia nyata. Kemudian, tak seperti mimpi pada umumnya, kamu punya kendali terhadap apa yang terjadi dalam mimpi tersebut.

    Misalnya di dalam mimpi sadarmu, kamu melihat ada sebuah rumah di seberang sungai. Kamu tidak tahu apa atau siapa yang ada di dalam rumah tersebut, maka secara sadar kamu menggerakkan diri untuk menyeberangi sungai dan mendekati rumah tersebut, persis seperti di dunia nyata.

    Akan tetapi, kejadian dalam mimpi sadar kamu belum tentu masuk akal. Seperti mimpi lainnya, kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata atau bertemu dengan orang-orang tak terduga.

    Misalnya kamu mimpi berada satu pesawat dengan artis idolamu. Lalu secara sadar, kamu memberanikan diri untuk mengajak artis tersebut untuk terjun ke luar pesawat bersama-sama.

    Atau bagi yang masih jomblo, di dalam lucid dream kamu bisa mencoba menembak wanita idamanmu 😀

    No more articles