A password will be e-mailed to you.

Ada yang udah nonton Ant-man gak? Untuk yang belum nonton ya silahkan nonton dulu ya guys.

Nah… sekarang aku mau bahas tentang karakter besutan Marvel ini. Kita semua yang udah nonton pasti tau kalo si Ant-man ini bisa ngecil dan membesar. Betul-betul kemampuan yang incredible gak. Mungkin gak kemampuan kayak gitu bisa terwujud di kenyataan?

Ya mungkin aja, ilmu pengetahuan terus berkembangkan kok. Nah kalo mungkin, apa aja sih kemungkinan yang terjadi, apa kita bisa berlari seperti biasa? Apa kita bisa ngangkat sesuatu yang lebih besar dari kita? Apa massa kita tetap? yok dibahas……

Disini aku mau bahas dari yang dasar dulu, belum sampe atom, kuantum, dan kawannya. Ada yang masi ingat rumus rho gak? Itu lo yang tentang massa jenis, kita semua pasti pernah belajar rho di fisika. Rho itu ibarat tingkat kepadatan suatu benda, makin besar rho-nya, maka makin padat pula benda tersebut.

Berdasarkan rumus diatas massa jenis itu sebanding dengan massa dan berbanding terbalik dengan volume. Nah kalo kita bicara soal ukuran, kita pasti gak bisa lepas dengan yang namanya volume. Kalo kita mau ngecilin ukuran tubuh kita seperti Ant-man, automaticly volume kita juga ikut ngecilkan.

Gimana dengan massa kita? Bila seseorang punya massa 50 kg di Bumi, berapa massa nya di Bulan? Ya tetap 50 kg, karena massa tetap. Nah, massa itu gak bisa kita ubah-ubah sesuka hati kita. Sedangkan orang gemuk yang ingin kurus aja perlu usaha mati matian biar massanya bekurang. Jadi kita aggap saja massa kita tetap saat mengecil.

WAITT… tunggu dulu, jadi kalau misalnya ada orang yang beratnya 50 kg, dan ia mengecil ke ukuran seperti semut, dan massa nya tetap, apakah kita bisa mengangkat orang tersebut?

Baca juga:  Begini kata fisika tentang kapal hantu

Yap bisa saja, tapi kalian tetap harus mengangkat beban seberat 50 kg, yang bisa dibilang cukup berat (beras 10 kg aja udah berat). Bayangin aja kita ngangkat semut yang beratnya 50 kg. WWOOWWWW…..

Nah tidak hanya sampai disitu, fakta menarik lainnya yaitu massa jenis (rho) orang yang mengecil seperti Ant-man akan bertambah besar. Rata-rata massa jenis (rho) manusia itu berkisar antara 1062-1150 kg/m3. Apabila volume tubuh seseorang mengecil, dan massanya tetap, maka massa jenisnya (rho) akan bertambah karena massa jenis (rho) berbanding terbalik dengan volume. Hmmm kira kira sebesar apa ya pertambahannya? Mari lakukan perhitungan sederhana…

Misalkan ada orang bermassa 50 kg, ia akan mengecil dengan volume 0,65 cm3 (seukuran semut kurang lebih). Nah kita bisa hitung berapa rho-nya.

 

WWOOWW setelah mengecil, orang tadi sekrang mempunyai massa jenis 77.000.000 kg/m3. Apakah itu besar? Terus apa pengaruhnya? Sebagai perbandingan, emas hanya memiliki massa jenis 19.300 kg/m, dan kita tahu bahwa emas itu SANGAT keras, karena kerapatan/kepadatan antar molekulnya tinggi.

Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin rapat pula jarak antar molekulnya (kepadatan semakin tinggi), sehingga membuat benda tersebut semakin keras. Nah apabila orang tersebut mempunyai massa jenis 77.000.000 kg/m3, maka ia merupakan orang TERKERAS di bumi.

 


 

Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community

 

No more articles