6 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah [TERBARU]

membuka situs yang diblokir
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan aplikasi berikut: (1) menggunakan VPN, (2) menggunakan jaringan SSH, (3) menggunakan web proxy dan selengkapnya dalam artikel ini.

Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, pihak pemerintah mulai memberlakukan beberapa aturan bagi warganya dalam mengakses internet. Hal ini menyebabkan beberapa situs tertentu tidak bisa diakses karena diblokir oleh pemerintah.

Namun, sekarang Anda tidak perlu banyak khawatir lagi mengenai hal ini. Jika Anda tetap ingin mengakses situs yang sedang kamu butuhkan, tapi diblokir pemerintah.

Berikut adalah ulasan mengenai cara membuka situs yang diblokir dengan mudah.

1. Aplikasi VPN

Cara membuka situr terblokir yang paling umum digunakan yaitu VPN (Virtual Private Network). Hal ini karena metode menggunakan aplikasi lebih praktis dan mudah dilakukan.

Anda bisa langsung mengunduh aplikasi VPN di Android maupun PC. Beberapa aplikasi VPN gratis yang bisa Anda gunakan diantaranya yaitu Turbo VPN, Touch VPN, 1.1.1.1 Cloudfalre, dan SamsungMas. Selain itu, terdapat juga aplikasi VPN berbayar yaitu Nord VPN, ExpressVPN, CyberGhost.

2. Menggunakan Jaringan SSH

Selain menggunakan VPN, pilihan alternatif yang sering digunakan untuk membuka situs terblokir adalah SSH (Secure Shell). SSH ini berfungsi sebagai jaringan yang dapat melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Anda bisa menggunakan SSH di Android maupun PC.

VPN dan SSH hampir bisa dibilang mirip. Bedanya, jika Anda menggunakan SSH maka Anda membutuhkan pihak ketiga, yaitu adanya proses SSH Tunneling.

Berikut cara mudah untuk menggunakan SSH baik di Android maupun PC.

  • Buka situs FastSSH dan pilih server Indonesia (fastssh.com/page/secure-shell-servers/continent/asia/indonesia ).
  • Ketuk pada kalimat ‘Create SSH Account Indonesia’ dan buat akun dengan memasukkan username beserta password. Kemudian ketuk ‘Create Account’.
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan username SSH, password SSH, dan host IP address yang bisa kamu catat dan akan digunakan pada langkah berikutnya.
  • Setelah itu, kamu tinggal download dan install aplikasi KPNTunnel Revolution.
  • Kemudian, buka aplikasi KPNTunnel Revolution, dan lanjutkan ke menu ‘Settings’. Lalu, aktifkan ‘SSH Tunnel’.
  • Geser ke bawah dan pada bagian Host/IP isi seperti pada format yang sebelumnya sudah kamu catat. Isi bagian username dan password seperti yang kamu daftarkan pada situs fastssh.com 
  • Aktifkan Auto Reconnect dan isi URL Pinger dengan ‘www.bing.com’.
  • Terakhir, aktifkan Custom DNS dan kamu dapat menggunakan settingan default pada aplikasi. Lalu kembali ke halaman utama dan ketuk ‘Start’ untuk memulai menggunakan SSH.
Baca juga:  Cara Cepat Melihat Password Wi-Fi Bebagai Jenis Jaringan

3. Menggunakan Web Proxy

Jika Anda tidak ingin repot mengunduh aplikasi terlebih dahulu, maka Anda bisa memamnfaatkan web proxy berikut untuk membuka situs terblokir.

Cara membuka situs diblokir dengan web proxy ini terbilang paling mudah. Terlebih, bisa dilakukan dari Android maupun PC. Ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi browser pada smartphone Android-mu, kemudian menuju situs ProxySite (proxysite.com ).
  • Pada kolom yang tersedia, silahkan pilih server, masukkan alamat situs diblokir, dan ketik ‘GO’.
  • Selanjutnya, kamu akan dialihkan untuk browsing menggunakan web proxy. Kunjungi web yang diblokir tersebut seperti biasa saat browsing menggunakan Google Chrome maupun Mozilla Firefox

4. Memakai Situs Proxy

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan ketika tidak bisa mengunjungi situs diblokir adalah dengan menggunakan layanan situs proxy. Langkah ini cukup mudah karena Anda hanya perlu membuka search engine lalu mengunjungi situs yang bernama CroxyProxy.

Berikut langkah menggunakan situs Proxy:

  • Buka situs CroxyProxy (www.croxyproxy.com)
  • Geser ke bawah hingga menemukan kotak untuk memasukkan link
  • Tulis link yang ingin Anda kunjungi
  • Klik Go
  • Tunggu hingga situs link terbuka
  • Jika Anda ingin membuka navigasi link ke situs lain, Anda bisa menggunakan address bar pada bagian atas web proxy ini.

5. Browser Opera

Hanya dengan browser Opera, Anda bisa membuka situs terblokir. Hal ini lantaran browser ini sudah dilengkapi dengan VPN yang bisa Anda langsung gunakan tanpa mengunduh VPN terlebih dahulu.

Meski demikian, Opera juga telah mengeluarkan aplikasi bernama Opera VPN di Android untuk semakin memudahkan penggunya dalam membuka berbagai situs, termasuk situs yang terblokir.

6. Memakai Add-on di Chrome dan Firefox

Jika Anda tidak ingin mengunduh atau membeli VPN di komputer atau di laptop. Maka Anda bisa menambahkan add-on atau extension VPN di search engine Chrome atau Mozilla Firefox.

Baca juga:  10+ Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya [LENGKAP]

Berikut langkah menggunakan add-on visa Google Chrome:

  • Kunjungi laman Chrome Web Store dan buka extension Browsec VPN – Free and Unlimited VPN (chrome.google.com/webstore/detail/browsec-vpn-free-and-unli/omghfjlpggmjjaagoclmmobgdodcjboh?hl=en ).
  • Kemudian ketuk ‘Add to Chrome’ untuk mulai memasang.
  • Selanjutnya, bakal muncul pop up untuk pemasangan extension Browsec VPN. Untuk melanjutkan, tinggal klik ‘Add extension’.
  • Apabila sudah, silahkan akses Browsec VPN dengan klik ikon yang berada di kanan atas. Pilih server terlebih dahulu dan geser toggle untuk mulai mengaktifkan.

Berikut langkah menggunakan add-on visa Mozilla Firefox:

  • Kunjungi laman Firefox Add-on dan pilih AnonymoX (addons.mozilla.org/id/firefox/addon/anonymox/ ) dan pilih ‘Add to Firefox’.
  • Nantinya, akan muncul ‘pop up’ untuk konfirmasi pemasangan add-on. Di sini kamu tinggal klik Add untuk melanjutkan proses.
  • Setelah selesai terpasang, kamu bisa akses AnonymoX pada ikon di bagian kanan atas. Lalu, silahkan pilih server dan geser toggle untuk mulai mengaktifkan fitur VPN.

Semoga bermanfaat ya!

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material