Tips dan Cara Mudah Belajar Matematika [Cepat Paham + Menyenangkan]

matematika
Ilustrasi oleh dribbble.com

Matematika adalah ilmu yang erat kaitannya dengan angka dan logika, karena ilmu ini mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Bagi sebagian siswa mata pelajaran ini menjadi momok yang menakutkan sebab ia susah untuk dipahami.

Apakah susah belajar matematika?

Hai kawan, sebenarnya nggak susah kok belajar soal matematika. Menjadi susah karena kita sudah terlanjur takut dan pusing duluan dengan deretan rumusnya.

Nah, biar kamu tambah semangat belajar semangatnya, nih mimin kasih tips yah!

Cara Mudah Belajar Matematika

Tentunya, pertama kali yang harus dibangun adalah mindset bahwa matematika itu mudah. Karena tidak ada yang sulit jika kita berusaha kawan!

Selain mindset, kamu juga perlu mengusir rasa malas ketika hendak belajar.

Nah, berikut cara mudah belajar yang bisa kamu terapin di mana saja.

1. Cari tempat yang nyaman

Pertama, ketika sedang memulai belajar, carilah tempat yang nyaman. Kondisi tempat yang baik tentunya akan membuat kita nyaman dalam belajar. Jika sudah nyaman, maka kita akan bisa lebih fokus terhadap suatu materi.

2. Pelajari rumus mudah matematika

Umumnya soal matematika diselesaikan dengan runtut. Meski demikian, ada juga lho rumus praktis yang membuat kamu cepat menyelesaikan soal. Jadi, dengan bantuan rumus praktis, ga ada males lagi deh ngerjain soal.

3. Belajar bareng teman

Jika belajar sendiri terasa bosan, cobalah ajak temanmu untuk belajar bareng. Cara ini tidak sedikit berhasil, asalkan kamu dan teman kamu fokus belajar yah!

Selain bikin nggak bosan, belajar bareng temen bisa lebih asyik karena kamu bisa berdiskusi jika ada kesulitan dalam soal.

Baca juga:  Rumus Peluang dan Contoh-contoh Soalnya [LENGKAP]

Tips Belajar Matematika

Selain menerapkan cara-cara di atas, berikut ada tips buat kamu yang sedang belajar.

1. Ketahui apa yang kamu pelajari

Dalam matematika, terdapat beragam materi dan rumus yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu harus tahu dulu, dalam belajar, apa yang sedang kamu pelajari.

Misalnya, jika kamu sedang belajar luas permukaan bangun ruang, maka jangan menyelesaikan soal menggunakan rumus volume. Gitu deh!

2. Pahami konsep matematika

Ilmu matematika itu lebih mengajarkan logika dan proses penyelesaian masalah atau problem solving. Jadi, poin dari belajar matematika bukanlah di perhitungannya kawan.

Misalnya, ketika kamu sedang belajar irisan himpunan A dan B. Pahami bahwa irisan itu adalah bagian dari himpunan A dan B yang sama. Tetapi, belum tentu nilai dari himpunan A sama dengan himpunan B.

3. Jangan takut salah

Ketika baru belajar dan kita banyak salah, jangan langsung menyerah ya!

Terkadang ini yang membuat kita down ketika diejek nilai matematikanya jelek. Padahal, kalau bisa diperbaiki dengan belajar, pasti bisa lebih baik.

Kamu bisa belajar kembali dengan buku-buku latihan soal, mencari panduan materi lainnya yang bisa menambah skill kamu di matematika.

Nah, tentunya guru dan orang tua juga harus mendampingi anak dalam belajar dan memberi pemahaman yang baik tentang belajar matematika.

4. Buat catatan ringkas

Catatan ringkas membantu kita memahami konsep dalam waktu singkat. Nah, jadi kamu bisa deh paham konsep dan menyelesaikan persoalan dengan cepat jika punya catatan ringkas.

5. Jangan takut bertanya

Jika kamu sedang bingung dengan soal, maka jangan takut untuk bertanya. Dengan bantuan teman, guru atau orang tua, kamu bisa mendapatkan pemahaman lebih mengenai soal yang sedang kamu kerjakan.

Baca juga:  Sejarah Kerajaan Kerdiri dan Peninggalannya [Penjelasan LENGKAP]

6. Sering latihan soal matematika

Practice perfect makes perfect!

Sesulit apapun soal yang sedang kamu pecahkan bisa dikerjakan jika kamu sering latihan soal. Dengan sering latihan, maka kamu akan terbiasa dengan pola soal sehingga lebih mudah dan cepat menyelesaikannya.


Terimakasih telah membaca artikel Saintif. Semoga bermanfaat ya!

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply