7+ Manfaat Jeruk Nipis, Kandungan dan Efek Sampingnya [LENGKAP]

manfaat jeruk nipis
ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat Jeruk Nipis adalah (1) Mengatasi penyakit peradangan, (2) Menurunkan risiko kanker, (3) Membantu menurunkan berat badan dan banyak lagi dalam artikel ini.

Tanpa jeruk nipis hidupku hampa. Begitulah kira-kira perumpamaan pentingnya jeruk nipis dalam kelangsungan hidup kita.

Untuk campuran makanan, minuman dan berbagai macam olahan yang tentu saja nikmatnya tiada tara. Tidak hanya menambah kenikmatan makanan, ada banyak manfaat jeruk nipis.

Berikut ulasan mengenai manfaat jeruk nipis, let get start it!

Jeruk Nipis

Jeruk miliki banyak jenis, salah satunya jenis jeruk nipis. Berbeda dengan jeruk biasanya ang dijadikan makanan pencuci mulut.

Jeruk nipis tidak dimakan dengan cara seperti itu. Jeruk ini lebih sering dicampurkan pada makanan agar lebih sedap atau di buat jadi minuman segar ketimbang dimakan lansung.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifo lia ini ternyata punya banyak nama cantik di berbagai tempat di indonesia, seperti kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi.

manfaat jeruk nipis
sumber gambar kumparan.com

Kandungan Jeruk Nipis

Berdasarkan data kemenkes Republik Indonesia, dalam 100 gram jeruk nipis mengandungan berbagai jenis nutrisi, meliputi:

  1. Makronutrien
  2. Energi (energi): 44 kalori
  3. Protein (protein): 0,5 gram
  4. Lemak (lemak): 0,2 gram
  5. Karbohidrat (CHO): 10,0 gram
  6. Serat (serat): 0,4 gram
  7. Abu (ASH): 0,4 gram
  8. Mineral
  9. Kalsium (Ca): 18 miligram
  10. Fosfor  (P): 22 miligram
  11. Besi (Fe): 0,2 miligram
  12. Natrium (Na): 3 miligram
  13. Kalium (K): 108.9 miligram
  14. Tembaga (Cu) : 0.06 miligram
  15. Seng (Zn): 0.1 miligram
  16. Vitamin dan antioksidan
  17. Beta-karoten (Carotenes) : 23mikrogam
  18. Karoten total (Re) : 4 mikrogram
  19. Thiamin (Vit. B1) : 0.01 mikrogram
  20. Riboflavin (Vit. B2) : 0.03 mikrogram
  21. Niasin ( Niacin) : 0.2 mikrogram
  22. Vitamin C  (Vit. C ) : 20 mikrogram

Manfaat Jeruk Nipis

Seperti yang mungkin sudah anda tahu, air merupakan zat yang penting bagi tubuh.

Sekitar 70 % komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain bertugas untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk membuang zat racun yang mengendap di dalam tubuh sekaligus mendukung tersedianya energi untuk beraktivitas.

Jika kamu tidak suku air putih, kamu bisa mencoba menganti kebiasaan tersebut dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalm minuman. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air juruk nipis juga memberikan beberapa manfaat seperti :

1. Meremajakan kulit

Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyatakan bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, kamu sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit.

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya manfaat minum air jeruk nipis dapat memperkuat kolagen dan membantu menghindrasikan serta meremajakan kulit anda.

Sebaiknya, hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis lansung pada kulit anda. Terpapar sinar matahari secara lansung setelah mengoleskan air jeruk nipis dapat menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotadermatitis adalah kondisi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu mengakibatkan kulit terbakar atau mengalami peradangan saat terpapar sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut akan tampak kemerahan,gatal, dan terasa panas.

Baca juga:  15+ Jenis dan Manfaat Pohon Cemara [LENGKAP]

2. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavoid dalam air jeruk nipis dapat meransang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika anda sembelit ,sifat asam dari jeruk nipis dapat meransang pergerakan usus kamu.  Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah.

Selain itu, asupan air dari perasan jeruk nipis ini dapat jugas bisa membantu mengeluarkan feses lebih lancar.

3. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat waktu kamu saat sakit.

Untuk itu, jenis buah jeruk-jerukan sangat direkomendasikan supaya kamu tidak gampang sakit.

4. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang bilang jika minum perasan air jeruk nipis bisa bikin kurus alias mampu menurunkan berat badan. Namun, benarkah hal ini?

Kandungan asam sisrat pada jeruk nipis dapat ningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk nipis juga berperan dalam membakar lemak dalam tubuh.

Namun, harus diingat, kamu tidak mungkin hanya mengandalkan cara ini untuk merunkan berat badan. Cara ini hanya sedikit membantu usaha kamu saat menurunkan berat badan.

Kamu perlu melakukan aktivitas fisik, supaya kalori yang terbakar jadi lebih banyak. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur akan dapat membantu lebih cepat.

5. Menjaga kadar gula darah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dalam kondisi  ini sangat di haruskan menjaga kadar gulanya tetap normal.

Pasalnya, insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.

Nah, jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuhpun dapat lebih terjaga.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung.

Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulas darah. Hal ini membantu mengurangi risiko serangan jantung dan satroke.

Selain itu, penelitian yang sedang berlansung menyelidiki bahwa terdapat senyawa dalm jeruk nipis yang bernama limonin yang mungkin dpat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Menurunkan risiko kanker

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang di bagian tubuh, seperti payudara, paru-paru, dan ginjal.

Jika dibiarkan, sel kanker bisa meyebar ke jaringan lain dan membahayakan jiwa.

Faktanya, manfaat minum jeruk nipis diyakini dapat menurunkan resiko terkena kanker. Ini berkat kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis yang akan membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun.

8. Mengatasi penyakit peradangan

Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthiritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya, dapat dikurangi gejalanya dengan mengonsumsi air jeruk nipis.

Baca juga:  10 Contoh Pembukaan Pidato dan Cara Membuatnya

Vitamin C di dalamnya dapat meredakan gejala peradangan dari berbagai penyakit.

Sebuah peneltian yang dimuat dalam jurnal “Annals Of The Rheumatic Disease“ menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, beresiko menderita arthritis sebanyak tiga kali lebih besar ketimbang orang mendapatkan asupan vitamin C secara optimal.

Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Asam urat merupakan produk sisa dari pecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang kacangan.

9. Mencegah Dehidrasi

Campuran air dan perasan sari jeruk nipis dapat mencegah dehidrasi. Rasa asam dan segar dari minuman ini tentu membuat kamu minum lebih banyak ketimbang minum air putih biasa hambar.

Namun, umumnya minum sari jeruk nipis yang sering kamu pesan di restoran atau rumah makan, mangandungan tambahan gula. Jadi, jangan terlalu banyak minuman jenis ini.

Lebih anda membuat sendiri sehingga takaran gula bisa di kurangi atau ditambah dengan madu.

Cara Membuat Minuman dari Jeruk Nipis

Meski tidak mungkin dimakan lansung, karena rasanya cukup asam. Kamu tetap bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis dengan mencampurkannya pada makanan atau dibuat minuman. Hanya saja cara mengolah jeruk nipis perlu perhatikan.

Sebagian besar orang menggunakan jeruk nipis dengan cara diperas. Namun, ada juga yang dicampur lansung dengan potongan buahnya tipis tipis.

Nah, ketika ingin mencampurkan jeruk nipis ini pada minuman, sebaiknya cuci buah hingga besih. Sisa residu pestisida tekadang masih nempel pada kulit buah. Supaya lebih aman gunakan air perasannya saja.

Setelah membersihkan buahnya dengan benar, perhatikan pula cara memotongnya. Banyak orang yang masih salah memotong jeruk nipis. Jika kamu memiliki alat pemeras sari jeruk, maka kamu bisa memotong jeruk berlawanan dengan arah pucuk buah. Ini memudahkan kamu untuk mendapatkan sari buah lebih banyak.

Namun, bila kamu tidak memiliki alat untuk memeras sari buah jeruk, sebaiknya tidak memotong buah menjadi dua bagian. Caranya, potong mengikuti arah pucuk buah.

Namun, memotongnya hanya bagian sisinya saja, paling tidak menjadi 4 atau 5 irisan. Setelah, anda bisa memeras sari buah menjadi lebih mudah.

Efek Minum Air Jeruk Nipis Kebanyakan

Memicu asam lambung naik

Jeruk nipis mengandung asam sitrat lebih banyak dibandingkan buah jeruk lainnya.

Asam tersebut memang membantu mencegah peradangan pada tubuh dan pembentukan batu ginjal, namun jika kadarnya berlebihan organ percernaan anda bisa terganggu.

Menyebabkan gigi rusak

Kebanyakan orang mengetahiu jika makanan manis adalah musuh bagi gigi.

Namun pada kenyataannya, makanan atau minuman yang asam pun juga memberikan dampak negatif pada kesehatan gigi.

Supaya asam yang menempel di gigi, lidah, dan mulut hilang, sebaiknya minum segelas air putih atau berkumur air beberapa kali setelah minum air jeruk nipis.


Benar-benar si kecil yang menggemaskan bukan?

Nah, bagi kamu yang masih yang doyan makanan apapun dengan campuran jeruk nipis berhait-hati ya~ Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di pembahasan yang lain.

sumber:

  • hellosehat.com