A password will be e-mailed to you.

    Hmm, tidak terasa sebentar lagi sudah mau masuk sekolah ya. Mungkin bakal ada yang senang bisa bertemu teman lagi, tapi pasti ada juga nih yang sedih masih pengen nambah liburnya.

    Memang ngga sedikit orang yang selepas liburan bakal ngerasa males banget dan sulit beraktivitas secara normal. Nah, kondisi seperti ini menurut pakar kesehatan dan psikologi disebut sebagai Post-Vacation Blues!

     

    Waduh apaan tuh Post-Vacation Blues? Genre musik baru?

    Bukan bukan, ini bukan blues genre musik tapi ini adalah kondisi ketika seseorang merasa malas dan letih untuk melakukan aktivitas normal setelah liburan. Kondisi ini bisa bikin kita malas malasan dan ga konsenterasi saat sekolah ataupun saat bekerja. Yang akibatnya bikin produktivitas menurun. Duhhh jangan sampe ya!

    Sumber: www.kliksangatta.com

    Oleh karena itu berikut beberapa cara untuk mempersiapkan masuk sekolah dan mengatasi Post-Vacation Blues :

     

    1. Nikmati masa liburmu

    Supaya kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari liburan, maka kita harus benar benar menikmati liburan kita. Selama liburan hindari deh buka email atau buka kumpulan tugas atau hal lain yang bisa bikin kamu ga nikmatin liburan. Tapi bukan berarti kalo ada tugas ga dikerjain yaa.

     

    2. Mulai dari hal kecil

    Ketika selesai liburan mulai cicil pekerjaan dari hal yang mudah dan kecil dulu. Sebab, kalau kita langsung mulai dengan yang berat berat bisa bisa kita tambah malas deh.

     

    3. Cari motivasi diri

    Jika kita merasa malas tentu saja kita butuh yang namanya motivasi. Motivasi nya bisa berupa motivasi internal, seperti impian untuk ranking maupun external, yang berupa dukungan orang orang. Karena dengan motivasi kita bisa lebih semangat menyambut masa sekolah.

    Baca juga:  Apakah semua warna yang kita lihat ada dalam spektrum cahaya tampak?

     

    4. Gabisa? Minta bantuan aja!

    Kalau ada kesulitan dalam mengerjakan tugas jangan ragu minta bantuan kepada teman, guru, orang tua, atau siapa pun yang bisa membantu. Karena kalau kita gamau minta bantuan dan tugasnya jadi numpuk waduhh makin males kan ya.

    Ga malas dan takut lagi kan menghadapi tahun ajaran baru? Sekarang waktunya kita kembali semangat!

     

    Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community.


     

    Referensi:

    No more articles