Loading Likes...

Apakah kamu menyukai binatang?

Bukankah jika binatang tersebut sangat lucu kita ingin memeluk mereka? Bagaimana dengan seekor anak kucing? Atau mungkin kelinci?

Namun bagaimana dengan landak? Apakah kamu mau memeluknya?

 

Pasti tidak

Kemungkinan besar pengetahuan kamu tentang landak berasal dari kartun-kartun di televisi. Di dalam film kartun, biasanya landak akan menembakkan duri mereka ke orang atau hewan yang menganggunya.

Namun, landak dalam serial kartun sangat jauh berbeda dengan landak pada kenyataannya. Dalam kehidupan nyata, landak tidak bisa membidik dan menembakkan duri ke binatang lain ataupun manusia.

 

Meskipun begitu, landak masih tetap berbahaya

Ada lebih dari 24 jenis landak di dunia, mereka semua memiliki mantel yang dilapisi duri tajam yang membantu melindungi mereka dari predator.

Duri tersebut terbuat dari keratin. Mirip dengan bahan yang membentuk cula badak dan kuku manusia.

Meskipun landak tidak bisa menembakkan duri mereka seperti anak panah, namun duri-duri landak mudah dilepas.

Jika pemangsa menyerang landak, sentuhan sedikit pun bisa membuat belasan duri langsung menusuk ke dalam tubuh pemangsa dan lepas dari tubuh landak.

Duri yang dimiliki landak seperti jarum kecil dengan ujung tajam. Desainnya dapat memungkinkan untuk menembus kulit pemangsa. Dan batang ujungnya membuat duri sulit dilepas.

Menyingkirkan duri landak bisa menjadi proses yang sulit dan menyakitkan.

 


Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community


 

Referensi :

https://www.woot.com/blog/post/the-debunker-can-porcupines-shoot-their-quills