Komitmen Adalah dan Bagaimana Menjaganya dalam Hubungan

ilustrasi oleh dribbble.com

Komitmen adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu. Komitmen menjadi dasar untuk menjalani hubungan yang dewasa. Berikut cara berkomitmen secara lengkap.

Tanda dari keseriusan dalam suatu hubungan bisa dilihat dari cara kedua orang tersebut menjaga komitmen mereka. Karena komitmen bukan hanya sekedar kata-kata, namun harus dibuktikan melalui tindakan.

Secara umum, komitmen adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu. Namun, komitmen masih memiliki makna yang luas.

Komitmen adalah

Menurut KBBI, komitmen adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu. Komitmen menjadi dasar untuk menjalani hubungan yang dewasa.

Artinya kalian sama-sama bertanggung jawab atas hubungan yang kalian jalani. Komitmen yang sehat bisa ditandai dengan hal-hal berikut:

  • Setia. Ada semacam janji tidak tertulis dalam hubungan kalian bahwa kalian hanya boleh mencintai satu sama lain saja. Selain itu, adakalanya hubungan menjadi jenuh. Jika memiliki komitmen yang kuat, maka kalian tetap bisa menjaga hubungan untuk tetap terus bersama.
  • Menjadi diri sendiri. Saling menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Bukan justru malah memaksa merubah pasangan menjadi versi yang kamu inginkan. Namun berubah lah menjadi versi yang lebih baik karena inginan kamu sendiri.
  • Ketika ada masalah, maka fokus pada penyelesaiannya. Pertengkaran suatu hal yang lumrah dalam menjadi hubungan. Namun ketika itu terjadi kalian akan fokus memikirkan solusinya, bukan malah mengedepankan ego masing-masing. Apalagi sampai mengatakan “ingin putus” saat sedang dihadapi masalah sepele. Duh, artinya pasanganmu belum cukup menghargai komitmen kalian.
  • Yakin bahwa dia dalah pasangan yang tepat untuk hubungan jangka panjang. Karena kamu yakin bahwa dia dapat diandalkan, begitupun sebaliknya.
  • Bersyukur. Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Mencari yang terbaik untuk dijadikan pasangan memang suatu yang wajar. Namun perlu diingat bahwa manusia tidak ada yang sempurna, termasuk pasangan kamu. Kalau sudah mempunyai komitmen yang kuat, maka kamu tidak akan fokus pada kekurangan pasangan kamu, justru merasa bersyukur dan beruntung punya orang sepertinya.

Cara Menjaga Komitmen

cara menjaga komitmen

Mempertahankan komitmen tidaklah mudah. Perlu kerjasama antara kedua belah pihak. Lalu bagaimana cara menjaga komitmen tersebut?

Komunikasi

Seringkali kita mendengar bahwa komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan. Kualitas komunikasi dengan pasangan sangat mempengaruhi baik buruknya suatu hubungan.Komunikasi juga tidak hanya melalui verbal, namun juga disampaikan melalui sentuhan hangat.

Kepercayaan

Komitmen akan bertahan lama jika kalian sudah saling percaya dan sama-sama menjaga kepercayaan itu. Karena kepercayaan dapat menciptakan hubungan yang nyaman, aman dan saling terbuka.

Hindari Memikirkan Masa Lalu

Hindari melihat kebelakang karena yang sedang kalian jalani adalah masa sekarang dan masa depan. Memang sulit untuk melupakan kejadian menyakitkan dimasa lampau. Namun bila sudah saling mengikhlaskan, maka hubungan dapat fokus pada situasi saat ini.

Buat Target Dalam Hubungan

Membuat target dengan pasangan agar hubungan kalian jelas arah tujuannya. Buat mimpi-mimpi kecil bersama baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Seperti rencana pergi mendaki gunung bersama pada akhir tahun. Dengan demikian hubungan tidak monoton dan kalian akan termotivasi untuk terus bersama.

Cinta memang dapat menyatukan dua orang untuk menjalin sebuah hubungan. Namun untuk mempertahankannya, dengan cinta saja tidak cukup. Perlu komitmen yang kuat agar hubungan bisa terus berjalan.

Artikel Terkait