A password will be e-mailed to you.

    Pernah ngga sih pas lagi enak nge-browsing tiba-tiba muncul perintah buat masukin kode-kode tertentu? Kode yang biasanya terdiri dari huruf-huruf dengan bentuk tidak jelas, atau memilih gambar yang tidak jelas, dan lain sebagainya.

    Apa itu sebenarnya?

     

    CAPTCHA

    Captcha atau Completely Automated Public test to tell Computers and Humans Apart. Captcha digunakan untuk mengidentifikasi apakah yang ingin menggunakan aplikasi atau form adalah manusia atau bukan.

    Semacam sistem keamanan yang dibuat dengan konsep challenge-respons

    Menguji respon dengan bentuk rangkaian huruf atau angka yang harus dimasukan untuk melanjutkan proses yang ingin kita lakukan.

    Captcha ini pertama kali dikembangkan oleh Alan Turing 1950-an. Hal ini diakibatkan banyaknya sistem bot yang ingin melakukan sistem pengisian folmulir online, dengan mudah tanpa harus mengisinya satu per satu folmulir tersebut. Otomatis hasil survey tersebut tidak valid  karena bukan manusia yang mengisinya. Alan Turing mulai mengembangkan sistem Captcha yang memungkinkan program bot tidak bisa lagi memasukkan data tak valid.

     

    Tapi kan kita udah jelas bukan bot, kok tetep aja disuruh masukin?

    Jadi begini, program bot seringkali disalah gunakan untuk melakukan kecurangan seperti menaikan peringkat halaman web, jumlah like yang tiggi, manipulasi undian online

    Sehingga dalam pengembangannya sistem captcha ini digunakan dalam banyak bidang seperti

    • Survey online
    • Keamanan e-commerce
    • Kolom komentar dan registrasi

    Dan dari adanya program ini menghasilkan dampak yang cukup efektif untuk menanggulangi program bot untuk mengakses suatu sistem.

     

    Tapi kok bentuknya aneh-aneh?

    Bentuknya cxIEWIEHda atau Kjda BD

    Jadi dulu masih ada bot yang mampu menembussistem ini, jadi sistemnya juga tambah diperumit. Bahkan ada yang sampe kerumitannya susah buat dipahamin manusa XD

    Kadang kode captcha ini memang susah terbaca dan dipahami oleh manusia, untuk sistem yang menggunakan tulisan sering menggunakan frasa tulisan yang jarang kita gunakan.

    Baca juga:  Asal muasal terbentuknya benua

    Karena captcha ini digunakan untuk mengetahui apakah yang menggunakan nya adalah manusia dan bukan program komputer capca sengaja dibuat agar hanya manusia lah yang dapat membacanya dengan baik.

    Program komputer pasti akan sulit membacanya. Kalau kita bisa mengisinya dengan tepat dapat dipastikan yang mengisinya adalah manusia.

     

    Tapi kalau ngga masuk-masuk gimana ya?

    Semangat dan pastinya kamu wajib coba-coba terus haha 😀

     


    Tulisan ini adalah kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community.


     

    Referensi:

    No more articles