Karakteristik Benua Asia (Lengkap) + Ciri-Cirinya

Karakteristik benua asia yaitu sebagai benua paling luas di dunia, populasi terbanyak di dunia, memiliki posisi geografis yang paling tinggi, memiliki banyak gurun pasir dan tempat banyak agama lahir.

Benua adalah wilayah dipermukaan bumi terdiri dari beberapa pulau yang letaknya berdampingan sehingga mengelompok menjadi satu wilayah yang lebih besar.

Saat SD kita telah dikenalkan oleh guru kita, mengenai nama-nama benua dari peta Atlas dunia. Beberapa benua yang terdapat dalam peta Atlas tersebut meliputi benua Asia, benua Eropa, Benua Amerika utara, Benua Amerika Selatan, Benua Australia, Benua Antartika, dan Benua Afrika.

Letak Benua (Wikipedia)

Tidak asing bukan dengan nama Benua diatas?

Nah, disini kita akan membahas satu karakteristik benua yang sangat familiar dan menjadi tempat dimana kita tinggal yaitu Benua Asia.

Karakteristik Benua Asia

Karakteristik benua asia yaitu, Benua Asia adalah benua terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 30 persen dari luas daratan bumi. Benua Asia juga merupakan benua yang memiliki jumlah populasi terbesar didunia sekitar 60 persen dari populasi dunia.

Secara astronomi letak benua Asia berada di antara 11 LS – 80 LU dan 26 BT – 170 BB. Para ahli geografi telah menyatakan bahwa Benua Asia berbatasan langsung dengan Benua Eropa dan Benua Australia serta berada diantara samudra Hindia, Pasifik dan Arktic.

Asal usul nama “Asian” Itu sendiri berasal dari bangsa Yunani yang menggunakannya untuk menunjuk tanah yang terletak di sebelah timur negara mereka. Dipercayai bahwa nama itu berasal dari kata Asyur asu, yang berarti “timur”. Kata Asia ini digunakan dari dulu oleh para penjelajah Barat mencapai Asia Selatan dan Timur di awal zaman modern, mereka memperluas label itu ke seluruh dunia.

Baca juga:  Fungsi Usus Halus (Penjelasan Lengkap + Gambar)

Karakteristik benua asia sangat khas berdasarkan beberapa pertimbangan meliputi geografi, lingkungan, sumber daya dan manusianya menjadikan Benua ini berbeda dengan Benua lainnya

1. Benua paling luas di dunia

Karakteristik benua asia sebagai benua paling luas di dunia

Benua Asia adalah Benua paling luas didunia. Total wilayah Asia dari Wilayah Asia Utara sampai papua, tetapi tidak termasuk pulau New Guinea luasnya sekitar 44.614.000 km persegi. kalau dihitung kira-kira sepertiga luas daratan umi. 

Pulau-pulau tersebut termasuk Taiwan, Jepang dan Indonesia, Sakhalin dan pulau-pulau lain di Asia Rusia, Sri Lanka , Siprus , dan banyak pulau kecil lainnya  bersama-sama membentuk luasan sekitar 3.210.000 km persegi atau 7 persen dari total luas Benua Asia.

Berdasarkan letak geografisnya karakteristik Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah yang telah kita ketahui seperti Asia Utara, Asia Tengah, Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara.

2. Benua dengan populasi terbanyak didunia

Karakteristik benua asia dengan populasi yang tinggi

Selain mempunyai daratan yang sangat luas, Benua Asian juga merupakan benua terpadat didunia dengan populasi penduduknya sekitar 4,436 Milyar, kalau dihitung sekitar 60 persen dari total populasi dunia.

Akan tetapi, populasi di Asia cenderung tidak merata disebabkan karena faktor iklim. Ada konsentrasi populasi di Asia barat serta konsentrasi besar di anak benua India dan bagian timur Cina. Sedangkan, wilayah yang luas di Asia Tengah dan Utara dengan iklimnya yang produktivitas pertanian kecil bisa dibilang masih sedikit penduduknya.

3. Benua yang paling tinggi didunia

Gunung Everest

Benua Asia merupakan Benua paling tinggi di dunia karena memiliki kontur wilayah yang tidak rata dikelilingi oleh pegunungan seperti Tibet dan Himalaya.

Benua Asia memiliki Puncak tertinggi di dunia yang terdapat pada pegunungan Himalaya dengan puncak Everest. Gunung Everest memiliki puncak dengan ketinggian 29.035 kaki (8.850 meter) diatas permukaan laut.

4. Benua yang memiliki dataran tertinggi di dunia

Dataran Tinggi Tibet

Benua Asia memiliki dataran tinggi paling tinggi didunia yang terletak di Dataran tinggi Tibet, Mongolia. Dikenal sebagai “Rooftop of the World,” dataran tinggi ini meliputi area sekitar setengah ukuran Amerika Serikat yang berdekatan dan rata-rata lebih dari 5.000 meter (16.400 kaki) di atas permukaan laut. 

Baca juga:  Begini kata fisika tentang kapal hantu

Selain itu, Benua Asia terdapat dataran tinggi lainnya seperti Dataran tinggi Delau, dataran tinggi Assam di India dan masih banyak lagi.

5. Benua yang memiliki titik terendah di daratan

letak Laut Mati

Titik terendah di daratan adalah permukaan Laut Mati di Yordania yang diukur pada pertengahan 2010 sekitar 1.410 kaki (430 meter) di bawah permukaan laut.

6. Terdapat banyak gurun pasir

Gurun Gobi (Tribun News)

Karakteristik Benua Asia memiliki banyak sekali gurun pasir. Contohnya seperti gurun Gobi yang berada di wilayah Mongolia dan China, luasnya sekitar 1,3 juta km persegi.

Selain Gurun Gobi, ada beberapa Gurun lainnya seperti Gurun pasar Arabia, Gurun pasir Turkistan,  Gurun Thar, Gurun Taklamakan, Gurun Ordos dan masih banyak lagi.

7. Asia tempat lahirnya agama besar

agama Budha di China

Asia adalah tempat kelahiran semua agama besar dunia seperti Islam, Budha, Hindu, Yahudi dan banyak agama kecil. Dari beberapa agama diatas, hanya Kristen yang berkembang di luar Asia. 

Agama Buddha memiliki dampak yang lebih besar di luar tempat kelahirannya di India, pengaruh agama ini lazim terdapat dalam aspek kepercayaan di Cina, Korea Selatan, Jepang, negara-negara Asia Tenggara, dan Sri Lanka. Agama Islam telah menyebar dari Arab ke timur ke Asia Selatan dan Tenggara. Sedangkan Agama Hindu penyebarannya terbatas hanya di wilayah India.

8. Memiliki penduduk yang ber-ras Mongoloid

Karakteristik benua asia dari segi ras
Ras Mongoloid

Pengelompokan suatu penduduk mengenai ciri fisiknya disebut ras. Ciri khas Ras benua Asia terdapat Ras Mongoloid yang tidak ada di Benua lainnya. Ras Mongoloid tidak berkulit hitam maupun berkulit putih, Ras ini berkulit sedang dan mempunyai rambut berwarna hitam.

Untuk orang Asia Timur seperti Jepang dan China dicirikan bertubuh pendek, kulit putih oriental dan berambut hitam. Sedangkan orang Asia Tenggara biasanya memiliki tinggi sedang, berkulit sawo matang dan berambut hitam.


Referensi:

National Geographic Encyclopedia – Asia

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Muhammad Mirza 13 Articles
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*