Loading Likes...

Halo semua, di artikel ini aku akan membahas mengenai asal usul pembentukan benua. Benua adalah daratan yang luas yang pada bagian tengahnya kering karena tidak mendapat pengaruh angin laut yang basah dan lembab. Benua juga dikelilingi oleh samudera yang luas. Aku mau tanya dulu nih sekarang benua ada berapa sih? Tau nggak nih? Hehe.

Iyapss…sekarang benua di dunia ada 7 teman-teman. Diantaranya benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan benua Australia. Benua Asia merupakan benua yang paling luas sekitar 44.579.000 km^2. Sedangkan benua terkecil yaitu benua Australia dengan luas wilayah sekitar 9.008.500 km^2. Benua Antartika merupakan benua dengan penghuni yang paling sedikit. Hal ini disebabkan karena benua ini memiliki kelembaban dan suhu terendah di bumi. Hampir seluruh bagian dari Antartika ditutupi oleh es.

Kalian tau gak temen-temen bahwa sebenarnya benua-benua di bumi ini dahulu tergabung menjadi satu daratan? Berdasarkan Teori Wagener yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan asal Jerman bahwa sebelum zaman Carbon ±300 juta tahun silam, semua benua yang ada saat ini tergabung menjadi satu daratan yang disebut Benua Pangea.

Lama kemudian benua ini terpecah menjadi dua bagian, yakni Benua Laurasia pada bagian utara dan Benua Gondwana pada bagian selatan. Selanjutnya, Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi Benua Gondwana yang akhirnya membentuk Benua Amerika Utara.

Sedangkan benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua. Sebelah barat bergeser ke arah barat hingga terbentuk Benua Amerika Selatan, bagian timur bergeser ke timur membentuk Benua Afrika, bagian lebih kecil dari bagian timur bergeser ke arah timur laut dan menjadi India. Dan ada bagian yang terpecah menjadi dua, yaitu bagian timur terus bergeser ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat bergerak ke arah selatan.

Untuk lebih jelasnya simak gambar ini yah temen-temen

Nahh itu dia temen-temen sedikit ulasan mengenai proses pembentukan benua. Terima kasih sudah membaca