Arti Kata ‘Aneh’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘aneh’ memiliki arti sebagai berikut:

  • aneh: /anéh/ a tidak spt yg biasa kita lihat (dengar dsb); ajaib; ganjil. Contoh: memang aneh kalau ada kambing berkepala dua;
  • aneh-aneh: adv macam-macam;
  • beraneh-aneh: /ber·a·neh-a·neh/ v berbuat yg aneh-aneh. Contoh: kecenderungan beraneh-aneh itu bukanlah tidak ada sebabnya;
  • menganehkan: /meng·a·neh·kan/ v memandang atau menganggap aneh. Contoh: orang menganehkan sikapnya;
  • keanehan: /ke·a·neh·an/ n hal (keadaan, sifat, sesuatu) yg aneh. Contoh: dl pertualangan di tengah-tengah masyarakat suku terasing itu dijumpainya berbagai keanehan

Penjelasan Arti ‘Aneh’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “aneh” menggambarkan sesuatu yang tidak seperti yang biasa kita lihat, dengar, atau alami sehari-hari. Misalnya, jika kita melihat kambing berkepala dua, kita akan merasa heran karena ini tidak lazim atau tidak umum terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita menyebutnya aneh karena hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita anggap normal atau standar.

Ketika kita menggunakan ungkapan “aneh-aneh”, kita biasanya berbicara tentang berbagai hal yang tidak biasa atau tak terduga.

Contohnya, jika seseorang memiliki hobi yang sangat unik atau tidak umum, kita mungkin mengatakan bahwa orang tersebut suka melakukan hal-hal aneh-aneh.

Ada juga istilah “beraneh-aneh”, yang berarti melakukan perbuatan yang tergolong aneh.

Misalnya, jika seseorang mendadak berperilaku sangat berbeda atau melakukan sesuatu yang tidak biasa, orang lain mungkin berkomentar bahwa dia mulai beraneh-aneh.

“Menganehkan” adalah tindakan ketika seseorang memandang atau menganggap sesuatu itu aneh.

Kata ini sering digunakan ketika seseorang menanggapi dengan perasaan heran atau sulit menerima sikap atau tindakan orang lain yang dianggap tidak lazim.

Terakhir, “keanehan” adalah kata benda yang merujuk pada hal, keadaan, atau sifat yang aneh.

Keanehan bisa berupa situasi, objek, atau peristiwa yang keluar dari apa yang kita anggap normal. Misalnya, saat berpetualang di tengah-tengah suku yang terisolasi dari dunia luar, seorang penjelajah mungkin akan menemukan berbagai keanehan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Secara umum, kata “aneh” dan turunannya menangkap gagasan tentang sesuatu yang tidak konvensional, tidak standar, dan yang menimbulkan rasa keheranan atau kekaguman karena keluar dari yang biasa kita kenal atau pahami.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/aneh