A password will be e-mailed to you.

    Langitnya cerah sekali, ga ada awan, pantesan panas banget siang ini..

    Enak nih minum es jeruk..

    Oke, selagi kita minum segelas es jeruk, coba amati es nya.

    Pernahkan kalian berpikir, apa jadinya jika es batu punya sifat yang lain?

    Memuai merupakan peristiwa dimana suatu material mengalami peningkatan panjang atau volume oleh karena perubahan temperatur. Es sendiri mengalaminya saat temperaturnya diturunkan.

    Fenomena yang paling sering dilihat kita adalah pembekuan air danau, hal ini bukan proses sederhana karena air dibagian permukaan akan membeku secara perlahan kebawah.

    Kita dapat mengambil contoh air danau pada 18°C air permukaannya diserap oleh atmosfer dan barulah mencapai kerapatan maksimum saat air menyentuh 4°C, oleh karena kerapatan air 4°C ini lebih tinggi dibanding yang lebih rendah maka air ini tenggelam lebih dalam dan digantikan air dengan kerapatan lebih rendah.

    Proses pergantian air dari bagian atas ke bagian bawah ini berlangsung terus menerus sampai kemudian temperatur turun mencapai  0°C dimana air akan membentuk kristal es. Pada momen ini, densitasnya menjadi sangat rendah dan molekul air tersebut akan bertahan di bagian atas danau secara permanen.

    Tanpa adanya sifat pemuaian es, manusia tidak akan dapat melakukan ice skating serta adanya peningkatan nilai densitas yang menyebabkan es tenggelam dan terjadi peningkatan ketinggian air di muka bumi!

    Apabila es di kutub tenggelam oleh karena nilai densitasnya lebih tinggi maka permukaan air laut akan naik hingga 66 meter dari ketinggian sekarang, sehingga dapat menutupi sebagian besar daratan, sebagian besar pulau Sumatera sisi timur, Jawa utara pasti sudah tenggelam.

    Dan yang terpenting, kita jadi tidak bisa menikmati dengan enak es jeruk di ujung gelas kita.

    Baca juga:  Bagaimana cara mengidentifikasi jenazah korban kecelakaan pesawat terbang?

     


    Tulisan ini adalah kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community


     

    Referensi

    https://mystupidtheory.com/apa-yang-terjadi-jika-es-tak-memuai/

    No more articles