15 Jenis Kelinci Mengemaskan yang Cocok untuk Dipelihara

jenis kelinci
Ilustrasi oleh dribbble.com

Jenis kelinci mengemaskan berikut ini cocok untuk dipelihara dirumah. Kelinci adalah mamalia yang memiliki 4 kaki dengan bulu tebal di seluruh tubuhnya.

Binatang yang imut ini merupakan salah satu binatang peliharaan paling populer di dunia.

Jenis-Jenis Kelinci yang Cocok Dipelihara

Ada banyak sekali jenis kelinci yang dapat kamu pelihara di rumah dan beberapa jenis tersebut merupakan jenis yang paling populer untuk dipelihara. Apa saja ya jenis-jenis tersebut?

1. Kelinci Anggora

kelinci yang cocok dipelihara
Sumber: blueberry-lefilm.com

Kelinci anggora berasal dari Turki dan biasnaya bulu kelinci dimanfaatkan untuk pembuatan wol. Jenis kelinci anggora memiliki bulu yang tebal dan lembut dan bulunya bewarna putih, cokelat, abu-abu dan hitam.

2. Kelinci Rex

kelinci rex

Kelinci ini berasal dari Argentina dan memiliki bobot yang ringan, hanya sekitar 1-3 kg saja. Ada beberapa macam jenis kelinci rex mulai dari white rex, black rex, dan dalmation rex.

3. Kelinci Himalaya

kelinci mengemaskan
Sumber: rabbitbreeder.us

Kelinci ini cukup unik karena memiliki warna dasar putih dan warna lain pada bagian ekor, hidung, telinga, dan kaki dengan mata yang bewarna merah.

Kelinci ini sangat sulit dikawinkan dan hanya dapat melahirkan 2-6 ekor bayi sekali, membuatnya menjadi salah satu binatang peliharaan paling mahal di pasaran.

4. Kelinci Dutch

jenis-jenis kelinci

Kelinci ini berasal dari Belanda dengan bulunya yang pendek dan warnanya bervariasi. Di indonesia maupun luar negeri kelinci ini sangat banyak peminatnya, sehingga banyak orang yang senang untuk membudidayakan kelinci ini.

Baca juga:  10 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

5. Kelinci Lop

Kelinci lop adalah kelinci yang memiliki bentuk telinga tegak yang menggantung dari bagian atas kepala hingga pipi mirip dengan telinga anjing. Bulu kelinci lop cukup unik karena bewarna putih dan terdapat titik hitam.

6. Kelinci Satin

Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat dan sering digunakan sebagai kelinci peliharaan.

Kelinci satin betina memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada satin jantan, berat kelinci betina mencapai 3,8-5 kg. Kelinci ini memiliki sifat yang jinak dan penurut, sehingga cocok untuk dipelihara.

7. Kelinci Lion

Sumber: lionheadrabbitcare.com

Kelinci lion adalah keturunan dari jenis kelinci anggora Inggris. Bulu yang lebat pada bagian leher kelinci ini tampak seperti bulu singa, sehingga kelinci ini dinamakan Lion.

8. Kelinci Polish

Sumber: petguide.com

Kelinci polish adalah jenis kelinci paling tua karena ditemukan di Belanda pada tahun 1884. Ciri khas yang unik dari kelinci ini adalah telinganya yang pendek bulat runcing, matanya yang bewarna merah dan bulunya yang halus. Kelinci ini bisa hidup sampai 7 tahun jika dipelihara dengan baik.

9. Kelinci Dwarf

Sumber: animalwised.com

Kelinci dwarf merupakan kelinci yang memiliki tubuh berikuran kecil. Ciri khas dari kelinci ini adalah telinganya yang kecil dan lehernya yang pendek.

10. Kelinci Tan

Sumber: petguide.com

Kelinci Tan pertama kali ditemukan di alam liar dan merupakan kelinci penakut. Kelinci ini memiliki warna yang indah, yaitu perpaduan warna hitam dan coklat. Harganya yang murah membuat banyak orang senang untuk memelihara kelinci ini.

11. Kelinci Holland Hop

Sumber: petguide.com

Kelinci mini dengan berat 1 kg ini berasal dari Belanda dan termasuk kelinci yang sensitif. Mereka tidak suka dipegang, berada di kandang terlalu lama, atau digendong terlalu erat.

Baca juga:  Administrasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Cirinya [LENGKAP]

12. Kelinci Mini Satin

Sumber: rabbitbreeder.us

Ras ini mulai populer pada tahun 1956 dan merupakan kelinci Satin yang berukuran kecil. kelinci ini sangat cocok dipelihara bagi kamu yang tinggal di apartemen atau rumah tanpa halaman.

13. Kelinci Lion Head

Sumber: medium.com

Ras kelinci ini merupakan hasil perkawinan dari kelinci Swiss Fox dan Netherland Dwarf. Kelinci ini sangat aktif dan jinak, sehingga cocok dipelihara dan menjadi teman bermain anak.

14. Kelinci Mini Lop

Sumber: shpock.com

Kelinci ini sering dibudidayakan sebagai hewan peliharaan atau hewan pertunjukkan. Kelinci Mini Lop sangat ramah terhadap kelinci atau hewan lainnya dan menyukai anak-anak yang tidak terlalu aktif.

15. Kelinci Jersey Wooly

Kelinci ini memiliki bulu yang sangat tebal seperti sebuah mantel. Kepribadiaannya yang ramah dan kalem membuatnya cocok dijadikan hewan peliharaan.

Referensi:

  • 99.co

Be the first to comment

Leave a Reply