Jenis Warna (Lengkap): Pengertian, Campuran Warna, dan Contohnya

jenis warna

Jenis warna ada tiga, yaitu: warna primer, warna sekunder, dan warna campuran atau warna tersier. Penjelasan lengkapnya disampaikan dalam artikel ini.

Banyak sekali jenis warna dalam kehidupan ini. Kita mengenal warna biru sebagaimana mengenal warna kuning. Lihat, di sana ada warna jingga! Dan sekarang kita sedang mengenakan kaus dengan warna putih. Tunggu, putih? Apakah putih juga bisa disebut sebagai warna?

Hitam dan putih ada yang menyebutnya warna, namun sebutan yang lebih tepat adalah gelap dan terang. Gelap untuk hitam, dan terang untuk putih.

Untuk mengetahui definisi atau pengertian warna secara lebih rinci, simak informasi berikut.

Warna Adalah

Warna adalah sebuah kesan, pigmen, atau spektrum tertentu yang tertangkap oleh mata dari cahaya terhadap benda yang dikenai cahaya tersebut.

Nah, saat ditanya sebenarnya warna itu apa? Mungkin sebagian dari kita akan menjawab dengan biru, merah, atau kuning.

Memang tidak salah, namun kurang tepat. Biru, merah, dan kuning memang salah satu jenis dari warna. Tetapi bukan pengertian dari warna itu sendiri.

Jadi, sesuai penjelasan di atas, bahwa warna dapat dilihat atau dicitrakan ke mata asalkan ada cahaya. Kalau tidak ada, maka warna apapun hanya menjadi hitam (gelap).

jenis warna

3 Jenis Warna Utama

Secara umum warna dibagi menjadi 3 jenis yang utama, berikut akan kami bahas beserta penjelasannya.

Jenis Pertama: Warna Primer

Warna primer disebut juga sebagai warna dasar atau warna pokok. Disebut demikian, karena dari jenis warna primer dapat melahirkan warna-warna baru yang akan masuk dalam kategori warna sekunder dan tertier.

Ada 3 jenis utama warna untuk primer: merah, biru, dan kuning.

Jenis Kedua: Warna Sekunder

Warna sekunder disebut juga sebagai warna turunan karena menghasilkan ragam warna baru yang berasal dari percampuran dua warna primer.

Misalnya campuran warna merah dan biru akan menjadi warna ungu, warna merah dan kuning akan menghasilkan warna jingga (orange), dan warna biru dengan kuning menghasilkan warna hijau.

Jenis Ketiga: Warna Campuran (Tersier)

Warna tertier (tersier) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran dua jenis warna yang sudah disebutkan diatas (primer dan sekunder).

Oleh sebab itu, warna tersier lebih bervariasi karena kombinasi dua warna tersebut. Misalnya warna pencampuran antara warna hijau dengan biru menjadi warna hijau kebiruan.

Kombinasi Warna dari Jenis Utama

Seperti yang telah disebutkan di atas, ragam warna utama meliputi warna primer, sekunder, dan tersier.

jenis warna

Kombinasi dari ketiga jenis warna utama tersebut meliputi:

  • Warna jingga: Kombinasi antara warna merah dengan kuning
  • Warna hijau: Kombinasi antara warna biru dengan kuning
  • Warna ungu: Kombinasi warna merah dengan biru
  • Warna cokelat: Kombinasi dari bermacam-macam warna

Contoh Warna dan Interpretasinya Secara Psikologis

Warna bukan hanya pigmen tertentu yang tertangkap oleh mata namun ternyata juga dapat menginterpretasikan psikologis manusia.

Secara psikologis, warna dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian seseorang. Selain itu dapat menunjukkan kesan terhadap sesuatu yang menentukan suka atau tidaknya seseorang terhadap suatu hal.

Oleh sebab itu dapat dilakukan analisis terhadap sifat dan kepribadian seseorang berdasarkan warna yang disukainya. Berikut arti warna berdasarkan jenis-jenisnya serta keterkaitannya terhadap sifat dan kepribadian manusia

Warna merah

Warna merah seringkali diidentikkan sebagai simbol keberanian, kekuatan, dan semangat yang berkobar-kobar sehingga seseorang yang menyukai warna merah cenderung memiliki aura yang kuat dan selalu bergairah terhadap sesuatu.

Warna kuning

Warna kuning merupakan simbol keceriaan dan kebahagiaan sehingga orang yang menyukai warna ini cenderung optimis dan memiliki aura positif.

Warna biru

Ketenangan adalah salah satu ciri-ciri dari penyuka warna biru. Warna ini seringkali dikaitkan dengan pribadi introvert dan melankolis.

Warna orange (jingga)

Jingga adalah simbol kehangatan karena merupakan perpaduan antara dua warna yang sama-sama hangat yaitu merah dan kuning. Jika warna favorit Anda adalah jingga maka Anda cenderung memiliki pribadi yang hangat dan mudah bergaul.

Demikianlah penjelasan terkait  warna; pengertian, jenis, campuran, sampai contoh warna yang dianggap dapat mempengaruhi psikologis. Dari semua warna tersebut, apakah Anda memiliki jenis warna favorit.

About Yoga Saputra 51 Articles
Tertarik dengan dunia pendidikan. Hobi menulis.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*