20+ Jenis Anjing yang Lucu dan Cocok di Pelihara + Gambar

jenis anjing lucu
Ilustrasi oleh dribbble.com

Jenis anjing lucu antara lain Golden Retriever, Bichon Frise, Papillon, Samoyed, Shiba Inu, Shar Pei, Siberian Husky, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Mempunyai hewan peliharaan mungkin sudah menjadi beberapa orang, apalagi kalau hewan peliharaan lucu dan menggemaskan pasti makin betah ya di rumah.

Ehm tapi ngomong-ngomong nggak semua hewan loh bisa kamu jadikan peliharaan. Salah satu hewan peliharaan favorite keluarga yaitu anjing.

Anjing terkena dengan penurut dan setia, tak heran anjing banyak disukai semua kalangan, bahkan tak jarang pemilik anjing sudah menganggap anjing seperti anak sendiri.

Dirawat, grooming, disayang dan dilatih. Nah berikut saintif ber 20 rekomendasi anjing peliharaan yang lucu dan menggemaskan!

Siberian Husky

Sekilas, anjing dari ras sedang ini anjing mirip serigala. Bulunya tebal dan ia mampu melolong. Namun penampilan sangarnya justru tidak terbukti. Anjing ini tidak ganas, bahkan bisa sangat bersahabat, walaupun terhadap orang asing.

Dulu anjing ini difungsikan untuk menarik kereta salju. Selain kuat dan larinya cepat, mereka memang tahan cuaca dingin. Mereka juga cerdas, lembut dan aktif.

Siberian Husky jantan memiliki berat antara 20-27 kg, sedangkan yang betina antara 16-23 kg. Mereka bisa berwarna hitam, putih, belang-belang, coklat kemerahan, perak dan warna tembaga. Harapan hidup anjing ini antara 12-15 tahunan.

Dalmatian

Jenis anjing dalmatian ini juga sangat populer karena warnanya yang khas. Mereka memiliki warna dasar putih dan bintik-bintik hitam. Nama Dalmatian sendiri terinspirasi dari asal anjing, yakni Provinsi Dalmatia (Kroasia). Anjing jantan berukuran 15-23 kg dan yang betina antara 16-24 kg.

Anjing cenderung kurang dari segi kecerdasan. Kadang-kadang Dalmatian juga agresif dan temperamental. Namun pada dasarnya mereka begitu ramah, sensitif dan energik.

Sehingga banyak yang tertarik memeliharanya. Mereka bisa menjadi penjaga, pemburu dan retriever andal. Masa hidupnya sendiri antara 10-13 tahun.

Maltese (Malta)

Jenis anjing lucu berikutnya termasuk ke dalam ‘toy breed‘. Dengan kata lain, anjing ini begitu mungil seperti boneka dan lebih cocok dijadikan pendamping.

Matanya bulat lebar, bulunya lembut seperti sutra, bulunya tidak mudah rontok dan sifat menggemaskan.

Anjing istimewa ini berasal dari Mediterania Tengah (Malta). Anjing jantan dan betina sama-sama berbobot antara 3-4 kg. Mereka begitu lucu, aktif, lincah, suka dimanja dan responsif. Rata-rata anjing ini berusia 12-15 tahun.

Akita Inu/ Akita Ken

Anjing khas Jepang ini memiliki ukuran yang besar. Anjing jantan bisa berukuran 45-59 kg, sedangkan yang betina antara 32-45 kg. Mereka berwarna merah kecoklatan, coklat kekuningan, loreng dan putih. Anjing ini hidup selama 10-15 tahun.

Mereka berbeda dengan American Akita. Mereka berbadan besar dan kekar. Dulu jenis anjing ini selalu dipekerjakan sebagai penarik kereta barang. Mereka kuat, agresif, cerdas, bersahabat sekaligus setia menjaga majikannya.

Shar Pei

Mirip seperti pug, anjing juga memiliki tekstur keriput di sekujur badannya. Namanya, Sharpei, diambil dari Bahasa Tiongkok ‘Sha Pi’ yang bermakna ‘kulit pasir’. Kerutan anjing ini tampak jelas ketika bayi dan puppy. Namun semakin dewasa, kerutannya berkurang.

Sharpei jantan berukuran 25-30 kg, sedangkan yang betina berbobot 18-25 kg. Mereka hadir dengan warna coklat kekuningan, kuning kecoklatan, krem, warna pasir dan hitam.

Anjing berusia rata-rata 9-11 tahun ini termasuk pemalas, namun ia bisa menjaga keluarganya dengan baik.

 Pug

Begitu melihat wajah anjing yang mengerut, anda pasti sudah bisa menebak kalau dia termasuk jenis pug. Anjing asal Tiongkok memiliki tubuh sedang, berotot, moncongnya pendek, ekornya melingkar dan telinganya unik.

Umumnya anjing ini berwarna coklat muda kekuningan dan hitam. Namun ada juga yang aprikot dan silver. Tinggi pug jantan 30 cm dan betina 25 cm.

Dulu, kalangan kerajaan suka merawat anjing ini. Para artis pun ikut memeliharanya. Anjing pug dinilai memiliki kepribadian istimewa, sebab ia seperti memahami mood pemiliknya sehingga cenderung pengertian.

Baca juga:  Mahasiswa Adalah: Pengertian, Peran Beserta Fungsi + Jenisnya [LENGKAP]

Mereka juga tidak agresif, intuitif, pendiam, cerdas, dan senang bermain. Anjing pug memiliki masa hidup selama 12-15 tahun.

Great Dane

Ingat Scooby Doo, ingat juga anjing Great Dane. Anjing asal Jerman ini masih termasuk ras penjaga. Sehingga mereka bisa menunjukkan sifat ganas dan agresif. Namun peternak anjing bisa memberikan pelatihan, sehingga Great Dane juga bisa punya perilaku sopan, penyayang, ramah dan lembut.

Ukurannya besar. Bobot anjing jantan sekitar 54-90 kg dan yang betina antara 45-59 kg. Harapan hidupnya antara 8-10 tahun. Warnanya cokelat kekuningan, hitam, biru, loreng dan harlequin.

Selain berukuran jumbo, anjing ini juga memiliki otak yang cerdas. Mereka patuh pada pemiliknya dan memiliki rasa percaya yang tinggi.

Shiba Inu

Anjing menawan ini berasal dari ras primitif Jepang. Mereka begitu populer di negeri sakura. Ukurannya sedang.

Shiba Inu jantan berukuran 8-11 kg dan yang betina antara 6,8-9 kg. Warnanya bulunya ada yang coklat muda, coklat kemerahan, hitam dan abu-abu. Usianya antara 12-15 tahun.

Anjing ini memiliki reputasi sebagai pemburu hewan kecil di kawasan lembah gunung. Mereka juga sudah menjadi salah-satu peliharaan favorit. Namun anjing ini tidak mudah percaya dan akrab dengan orang asing. Mereka begitu siaga, tajam, setia sekaligus percaya diri.

Dachshund

Nama anjing ini, Dachshund, berasal dari Bahasa Jerman. Kata ‘Dachs’ berarti berang-berang dan ‘hund’ berarti anjing. Dulu ia memang sering dimanfaatkan untuk berburu berang-berang. Anjing ini akan mengendus, memburu dan menangkapnya sampai ke lubang tanah.

Anjing ini memiliki badan yang panjang, namun kakinya begitu pendek. Ia begitu lincah, berani dan cerdas. Bobot standar nya antara 7,3-15 kg. Mereka hidup antara 12-16 tahun. Anjing bisa berwarna hitam, ciru, krem, kuning kecoklatan atau coklat kemerahan.

Pekingese/ pekin/ peking

Tak hanya Shih Tzu, anjing ini juga menjadi ras tertua dari Tiongkok. Banyak yang meyakini kalau anjing Peking itu merupakan lambang Buddha. Moncongnya pendek, daun telinganya menjuntai dan matanya lebar. Bobot anjing dewasa sekitar 3,2-6,4 kg.

Anjing ini memiliki aneka warna. Ada yang krem, coklat kekuningan dan cokelat kemerahan. Masa hidupnya selama 12-15 tahun. Mereka begitu pengasih, pandai dan punya pendirian. Namun mereka juga dinilai sebagai anjing yang agresif dan keras kepala.

Samoyed

jenis anjing lucu

Jenis anjing lucu berikutnya adalah salah-satu ras anjing termurni ini memiliki ekspresi seperti tersenyum, sehingga ia dinilai selalu ramah pada siapa pun. Bulunya yang putih atau sedikit krem tampak begitu tebal. Wajahnya juga mirip serigala, namun dengan versi yang lebih cute.

Anjing jantan berukuran 20-30 kg, sedangkan yang betina 48-53 kg. Estimasi harapan hidupnya antara 12-13 kg. Mereka begitu lincah, bersahabat, suka bermain dan siga. Mereka juga keras kepala.

Pomeranian

Anjing pom ini merupakan ras asal Jerman. Tubuhnya sangat imut. Bobotnya saja antara 1,5-3,5 kg, dengan tinggi kisaran 20-28 cm. Tetapi bulu mereka begitu tebal dan panjang.

Wajahnya mungkin mengingatkan anda pada rubah, namun dengan tengkorak yang pendek. Kepalanya bulat, telinganya mungil dan tegak serta matanya gelap. Mereka berwarna krem, jingga, cokelat, merah dan hitam. Sifatnya protektif, lincah dan taat. Anjing ini diperkirakan hidup selama 14 sampai 16 tahun.

Papillon

jenis anjing lucu

Ras anjing berukuran mungil ini berasal dari Jepang dan Prancis. Mereka diperkirakan sudah eksis sejak abad ke-16. Namun baru pada tahun 70-an, anjing ini menjadi trend atau ikon fashion di Jepang. Tak heran kalau mereka pun selalu menjadi bintang dalam setiap acara fashion.

Meski kecil, namun bulunya begitu panjang, sehingga ia tampak seperti memiliki jenggot. Demikian juga dengan bulu di area ekor dan daun telinga. Anjing jantannya berukuran 3,6-4,5 kg, sedangkan yang betina antara 3,2-4,1 kg. Mereka bertahan selama 13-15 tahun.

Anjing ini begitu langka, sehingga dipatok dengan harga mahal. Ada pun sifatnya begitu pandai, energik, kuat, bersahabat dan siaga.

Baca juga:  pH : Pengertian, Jenis, dan Contoh Bahan dengan pH Berbeda

Kuvasz

Ras anjing kuno ini berasal dari Hungaria. Mereka memiliki bulu berwarna putih yang tebal seperti domba.

Teksturnya ada yang lurus, ada juga bergelombang. Sejarah mencatat, kalau anjing ini kerap dijadikan sebagai penjaga kerajaan dan ternak. Namun kini mereka sudah menjadi anjing piaraan rumahan.

Hidungnya hitam, pigmen kulitnya gelap dan matanya mata almond. Bobot tubuh Kuvasz jantan sekitar 45-52 kg, sedangkan yang jantan 35-54 kg. Anjing ini senang menyendiri, independen, setia, cerdik dan sabar. Harapan hidup mereka selama 10-12 tahunan.

Bichon Frisé

jenis anjing lucu

Ras anjing kecil ini memiliki bulu putih yang halus dan termasuk jenis anjing yang lucu. Beratnya antara 3-5 kg. Mereka berasal dari Pulau Malta, Spanyol. Jenis anjing ini terbagi menjadi empat ras. Ada Bichon Bolognese, Bichon Maltese, Bichon Havanais dan Bichon Tenerife.

Mereka lembut, sensitif, pengasih, senang bermain dan ceria. Tetapi anjing ini begitu rewel. Bichon Frise bisa hidup selama 12-15 tahun.

Basset Hound

jenis anjing lucu

Jenis anjing ini pasti mengesankan dan mudah dikenali. Raut mukanya selalu tampak sedih. Kaki pendeknya juga begitu khas. Mereka datang dari Perancis dan masih menjadi keturunan dari ras Saint Hubert Hound.

Anjing ini memiliki aneka warna. Ada yang putih dan coklat, hitam dan cokelat, merah dan putih, hitam dan putih, serta tricolor. Anjing jantan berbobot antara 23-29 kg, sedangkan yang betina antara 20-27 kg.

Anjing yang ekspresi wajahnya mengenaskan ini dikenal baik, lembut, bersahabat, berbakti, pengasih dan ulet.

Golden Retriever

Anjing Golden terkenal dengan karakteristiknya yang jinak dan sangat patuh. Anjing ini merupakan salah satu anjing paling bersahabat dan suka bermain dengan majikannya.

Bulu emasnya yang tebal dapat mempesona banyak pecinta anjing. Selain itu golden retrivier juga merupakan anjing yang ramah.

 Malamute Alaska

jenis anjing lucu

Sama seperti Siberian Husky, anjing ini pun mirip seperti serigala. Mereka berukuran besar dan berbulu tebal. Variasi warnanya ada yang putih, hitam dan merah abu-abu. Dulu anjing ini sering dimanfaatkan untuk menjadi anjing pertunjukan dan menarik kereta salju.

Tampangnya saja yang mirip serigala, karakternya tetap sebagai anjing sejati. Ia bersahabat, penyayang dan berbakti. Anjing jantan berukuran 36-43 kg, sedangkan yang betina 32-38 kg. Harapan hidupnya selama 10-12 tahun.

 English Mastiff

jenis anjing lucu

Jenis ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang menyukai anjing-anjing besar. Bobot tubuh anjing jantan antara 73-100 kg, sedangkan yang betinanya 54-77 kg. Kepalanya juga besar dan mereka tampak mengenakan topeng hitam. Warna bulunya coklat kekuningan, aprikot atau loreng.

Perawakannya memang raksasa, tetapi pada dasarnya anjing ini begitu murah hati. Mereka tenang, sabar dan berani. Tetapi anjing ini memiliki stigma sebagai anjing paling bodoh. Usianya diperkirakan antara 10-12 tahun.

Cocker Spaniel

Ras anjing ini berasal dari Spanyol, namun Inggris yang mengembangkannya. Mereka memiliki tubuh mungil hingga sedang. Bulunya lebat sampai ke kaki dan telinganya begitu panjang.

Anjing cukup dikenal di kalangan pecinta maupun pembiak anjing, sebab mereka bisa menjadi piaraan yang ramah dan lembut. Namun mereka bisa jadi begitu penuntut.

Cihuahua

Jenis anjing lucu Chihuahua yang memang merupakan ras anjing paling kecil. Bedanya, chihuahua punya bentuk wajah dan postur tubuh yang unik. Tak heran jika chihuahua sering jadi primadona di kontes kecantikan anjing.

Bulunya pendek dan beberapa bahkan hampir botak. Tapi, karena mungil, kamu pasti tak akan bisa menolak menggendongnya. Dan ya, memang chihuahua ini banyak dijadikan peliharaan juga karena mudah digendong ke mana saja. Tapi, kesehatannya harus diperhatikan betul karena chihuahua ini rentan terkena epilepsi dan kejang-kejang.

Itu tadi rekomendasi jenis anjing yang lucu dan menggemaskan ala saintif, kamu tertarik pelihara yang mana? 

Referensi : thegorbalsla.com

Be the first to comment

Leave a Reply