3 Penyebab Gangguan Telkom beserta Cara Mengatasinya [LENGKAP]

Gangguan Telkom
Ilustrasi oleh dribbble.com

Gangguan pada telkom yang sering kamu temui seperti di atas, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal.

Faktor internalnya biasanya kalian lupa membayar tagihan bulanan atau kabel pada router tidak tercolok dengan benar.

Nah untuk faktor eksternalnya biasanya pada telkom ada pemeliharaan jaringan sehingga jaringan diputus untuk beberapa waktu. Berikut penjelasanya!

Penyebab Gangguan Telkom

1. Lupa membayar tagihan bulanan 

Terlanjur ngomel dan merestart router berkali-kali tapi internet belum dapat menyambung, itu bisa jadi dikarenakan kamu lupa belum membayar tagihan bulanan ya teman. 

Telkom sendiri memberikan tenggat waktu hingga tanggal 15 setiap bulan nya untuk bulan pertama dan tanggal 20 di setiap bulanya untuk bulan berikutnya.

Meskipun biasanya penyedia layanan sudah memberikan tenggat waktu untuk melunasi tagihan, tapi kalau sudah melewati batas waktu yang ditentukan maka internet kamu deh yang jadi taruhannya.

Maka dari itu kamu harus rajin-rajin cek aplikasi my IndiHome buat tahu update tagihan bulanan.

2. Kabel tidak terpasang dengan baik/ modem rusak

Ini masalah yang nampak sepele namun jika terjadi bisa-bisa kamu tidak bisa internetan seharian. Sebelum menggunakan wifi pastikan kabel pada router sudah tercolok dengan benar ya teman

Selalu cek kabel fiber optik dan pastikan kabel tidak rusak. Jika kabel rusak kalian dapat menghubungi indihome dan petugas area akan membantumu. 

3. Pemeliharaan Jaringan oleh pusat

Pemeliharaan jaringan ini merupakan upaya Telkom untuk memberikan kualitas internet yang terbaik, kamu pasti menginginkan internet yang cepat kan, apalagi kamu sudah membayar jasa yang mereka berikan.

Nah namun ketika pemeliharaan jaringan, kalian harus sabar ya, karena biasanya internetnya akan lambat atau bahkan mati. 

kasus -kasus seperti diatas mungkin ada beberapa yang bisa diselesaikan sendiri, namun untuk beberapa kasus seperti modem rusak kita harus menghubungi pihak telkom untuk mendapatkan layanan perbaikan. Berikut ini cara mengatasi gangguan pada telkom.

Baca juga:  Kumpulan Contoh Soal Psikotes beserta Pembahasannya [TERBARU]

Cara mengatasi gangguan pada telkom

1. Restart Modem

Restart modem merupakan cara yang sangat umum jika internet mulai lambat dan jaringan putus. Matikan modem, tunggu sampai kurang lebih 5 menit sebelum menyalakan ulang.

Setelah itu, kamu coba hubungkan lagi perangkat HP, laptop, atau lainnya yang kamu gunakan ke jaringan internet IndiHome.

Meskipun terdengar sepele, tapi kenyataannya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut lho.

2. Bayar Tunggakan

Ketika modem sudah di restart namun internetnya tetap belum menyambung, coba cek tagihan kamu di aplikasi my indihome atau beberapa layanan penyedia jasa bayar telkom.

Pastikan tagihan internet kamu sudah dibayar ya untuk bisa menikmati akses internet. 

3. Lapor gangguan ke pusat 

Cara mengatasi internet bermasalah yang berikutnya yaitu dengan melaporkan keluhan gangguan ke pusat bantuan IndiHome.

Kamu bisa melaporkannya mulai dari lewat akun media sosial resmi terkait, hingga lewat nomor telepon khusus pengaduan.

Dengan melaporkan gangguan yang kamu rasakan petugas telkom akan menganalisis penyebab gangguan, dan jika gangguan disebabkan oleh kerusakan modem maka pihak telkom akan memberikan penawaran pemeliharaan modem oleh teknisi ke tempat kamu.

4. Panggil Teknisi

Nah ini merupakan cara terakhir untuk memperbaiki gangguan internet, biasanya cara ini dapat dilakukan setelah melaporkan kerusakan ke pihak telkom. Cara ini sebenarnya merupakan salah satu yang paling ampuh dan efektif karena permasalahan ditangani langsung oleh ahlinya.

Sayangnya, kamu harus agak bersabar karena terkadang teknisi nggak langsung datang dan memperbaiki permasalahan pada perangkat IndiHome kamu.

Nah untuk mendapatkan pelayanan ini kalian harus lapor ke pihak telkom. Berikut ini cara melapor Telkom agar internet cepat di perbaiki.

Cara melapor gangguan internet Telkom

Hubungi Nomor Pengaduan Telkom 147

Telkom sudah menyediakan layanan call center yang siap kamu hubungi setiap saat, nah cara ini merupakan cara jitu ketika iternetmu mengalami gangguan. Caranya gampang sangat gampang!

  • Ketik 147 pada dial telepon kamu
  • Tunggu beberapa saat hingga ada pilihan layanan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa inggris
  • Lalu kamu akan diberi pilihan layanan, pilih layanan aduan dan kamu akan dihubungkan ke customer service.
  • Siapkan dan informasikan nomor internet kamu ke call center
  • Call center akan menangani masalah internet mu

Sangat mudah kan teman? 

Gunakan Aplikasi MyIndihome

Selain menggunakan cara telepon, telkom sendiri sudah memberikan layanan interaktif pada aplikasinya yaitu MyIndihome. Selain berisikan fitur-fitur dan informasi layanan internet serta telepon, di dalam aplikasi ini terdapat menu pengaduan.

Baca juga:  15+ Kerajinan Unik dari Stik Es Krim beserta Tutorialnya

Caranya sangat mudah, pastikan kamu sudah mendownload apps nya, lalu login dengan nomor internet dan identitas yang terdaftar. Setelah itu pilih layanan yang kau butuhkan, lalu kamu akan mendapatkan bantuan melalui pesan oleh petugas telkom

Akses website telkom resmi

Serupa dengan aplikasi, di sini ada beberapa fitur bantuan yang bisa kamu gunakan.

Misalnya, fitur membuat pengaduan, chat dengan fitur indita (fitur untuk menanyakan layanan IndiHome), menu mengarahkan ke email, dan nomor pengaduan telkom.

Langkahnya juga tak sulit, kamu cukup mengingat email atau atau nomor telepon yang didaftarkan sebelum melakukan pengaduan.

Melalui Direct Message di Twitter

Sosial media yang satu ini dapat kamu gunakan untuk melaporkan pengaduan gangguan internet, pasalnya kamu akan mendapat respon yang cepat dari admin twitter telkom yang dapat kamu akses melalui https://twitter.com/IndiHome / @indihome

Akan lebih bijak jika kamu menggunakan Direct message untuk mengadukan keluhan kamu agar data dirimu tidak dilihat oleh banyak orang.  Setelah mengirim pesan, tunggu beberapa saat hingga admin dari akun twitter membalas pesan DM-mu.

Kirim email ke Telkom

Kirim pesan pengaduan dan bantuan ke email: [email protected]. Pastikan, pesan yang disampaikan jelas. Agar pokok aduan dapat tersampaikan dengan efektif jangan lupa untuk melengkapi data diri pada email tersebut, seperti nomor telepon dan nomor internet. 

Langsung Datang ke Plasa Telkom

Selain menggunakan nomor pengaduan di atas, cara cepat dan jitu untuk mengadukan gangguan yang dialami adalah dengan mendatangi langsung Plasa Telkom terdekat.

Cara ini terbilang cepat dan ampuh karena kamu akan langsung melaporkan kendala dan segera ditindak lanjuti oleh petugas.

Plasa telkom sendiri sudah tersebar di berbagai daerah, tinggal cari plasa terdekat dan langsung datangi untuk melakukan pengaduan atau cek ketersediaan plasa telkom di internet sebelum kamu mendatangi plasa telkom secara langsung. 

Nah itu tadi beberapa tips untuk mengatasi gangguan internet telkom yang dapat kamu lakukan ketika internetmu bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi 

  • 99.co
  • indihome.co.id