Loading Likes...

Siapa nih yang kalau buka instagram sukanya liat-liat foto makanan?

Dan abis itu tiba-tiba ngerasa laper XD

Ternyata hal tersebut wajar kok.

Kenyataannya, hanya dengan melihat  foto makanan enak di Instagram dapat membuat kamu lapar

Axel Steiger dkk di Max Planck Institute of Psychiatry menyelidiki proses molekuler untuk mengontrol konsumsi makanan. Penelitian tersebut memeriksa reaksi fisiologis spesifik dari subjek makanan atau benda yang tidak dapat dimakan. Kemudian melihat konsentrasi berbagai hormon dalam darah seperti grehlin, leptin dan insulin, yang berperan dalam pengaturan konsumsi makanan.

Dari penelitian tersebut menghasilakan, terjadinya peningkatan konsentrasi grehlin dalam darah meningkat secara khusus sebagai respons terhadap stimulasi visual dengan gambar makanan.

 

Sebenarnya apa sih hormon ghrelin itu?

Ghrelin merupakan peptida neutoenterik yang bertindak sebagai pembawa sinyal lapar. Ghrelin berfungsi meningkatkan sekresi growth hormone, masukan makanan, dan penambahan berat badan.

Ghrelin dapat diproduksi oleh hipotamus, dan di luar otak seperti lambung, pankreas, ginjal, usus halus, dan bagian tubuh yang lain.

Sekresi dari ghrelin ini meningkat pada kondisi keseimbangan energi negatif, seperti terjadi saat kelaparan.

Kondisi menurunnya hormon ini pada saat kondisi energi positif, saat kenyang atau selesai makan. Dan berfungsi sebagai pengatur utama, kontrol ghrelin adalah perilaku makan dan proses fisik yang terlibat dalam metabolisme makanan.

Karena mekanisme tersebut ghrelin dapat dimanfaatkan untuk

1. Menurunkan berat badan

Dengan mengembangkan obat yang menurunkan kadar ghrelin atau memblok aksinya

2. Menaikan berat badan

Obat yang digunakan menstimulasi nafsu makan pada orang yang kehilangan berat badan akibat kanker, gagal jantung atau ganguan makan.

Kadang media periklanan (makanan) juga memanfaatkan stimulasi hormon ghrelin untuk membantu meningkatkan penjualan dan minat masyarakat untuk mengonsumsi produk mereka.

 

Satu lagi, bagi kamu yang mau diet atau puasa

“Hindari melihat gambar makanan yang menggugah selera karena itu akan membuat kamu lapar”

Bisa-bisa nanti diet atau puasanya malah ngga jadi 😀

 

Referensi

http://library.usu.ac.id/download/fk/fisiologi-nuraiza2.pdf
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1038/oby.2011.385
http://www.ask-jansen.com/hormon-ghrelin-pembangkit-nafsu-makan/

 


 

Tulisan ini adalah karya kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung bersama Saintif Community