7+ Doa Ulang Tahun (TERLENGKAP) dan Ucapan Ulang Tahun Beserta Maknanya

doa ulang tahun

Doa ulang tahun berbunyi: Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’… dan artinya, selengkapnya dijelaskan dalam artikel ini.


Ulang tahun adalah salah satu momen yang penting dalam hidup. Perayaan ulang tahun diadakan setahun sekali bertepatan dengan tanggal kelahiran. Suatu tanggal ketika seseorang dilahirkan di dunia ini.

Ketika sedang merayakan ulang tahun, beberapa orang mengadakan acara pesta maupun syukuran dengan mengundang keluarga, kerabat, dan teman-teman.

Dengan mengundang beberapa orang terkasih, pesta ulang tahun diharapkan memberikan kebaikan kepada yang sedang ulang tahun dengan adanya pembacaan doa khusus ulang tahun

Berikut beberapa doa ulang tahun yang dapat diamalkan beserta yang makna yang terkandung di dalamnya.

Doa Ulang Tahun Memohon Panjang Umur

Umumnya kalimat pertama yang diucapkan kepada yang sedang ulang tahun adalah semoga panjang umur. Berikut bacaan doa untuk memohon panjang umur.

Doa Ulang Tahun Memohon Panjang Umur dan Keberkahan

Permohonan panjang umur di hari ulang tahun memanglah umum sering kita jumpai. Namun, alangkah bagusnya jika ditambahkan dengan permohonan keberkahan dalam umur yang panjang. Berikut doa permohonan panjang umur dan keberkahan.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya:

Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Salah satu harapan seseorang ketika bertambah usianya ialah keselamatan dan kesejahteraan. Selamat dari berbagai mara bahaya dan dilimpahkan kesejahteraan dengan rezeki yang bermanfaat. Berikut doa untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan.

Baca juga:  Doa Keluar dan Masuk Masjid – LENGKAP beserta Keutamaannya
doa ulang tahun

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

Doa Ulang Tahun Memohon Kemuliaan

Momen ulang tahun setiap tahunnya menandakan bahwa seseorang semakin menuju ke usia yang lebih tua dan dewasa. Oleh karena itu, seseorang seringkali memohon kemuliaan dalam hidup mereka seperti keluarga yang harmonis, masa depan yang sukses dan sebagainya. Berikut doa ulang tahun memohon kemuliaan.

doa ulang tahun

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuni waj ‘alnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya:

Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa Memohon Rezeki yang Halal

Bagi yang sedang bekerja maupun sudah membina rumah tangga, sumber rezeki yang halal adalah harapan setiap orang. Dengan demikian, hati akan lebih tentram dalam melaksanakan aktivitas beribadah. Berikut doa ulang tahun memohon rezeki yang halal

doa memohon rizeki halal

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Baca juga:  17 Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar (Paling Romantis dan Menyentuh Hati)

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Anak yang Shaleh dan Shalehah

Bagi para orang tua yang telah memiliki anak dan sedang ulang tahun, doa ulang tahun berikut dapat diamalkan untuk memohon semoga anak tumbuh menjadi anak yang shaleh shalehah, berbakti kepada orang tua. Berikut doa ulang tahun untuk memohon anak yang shaleh/shalehah.

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya:

“Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa.”

Doa Ulang Tahun untuk Keluarga, Kerabat, dan Teman

Seringkali jika kerabat maupun teman sedang merayakan ulang tahun dan kita diundang, maka baiknya berikanlah ucapan yang baik kepadanya. Berikut amalan ulang tahun yang dapat diamalkan untuk keluarga, kerabat, maupun teman yang sedang berulang tahun.

doa ulang tahun

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

“Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Referensi:

  • ajaranislam.com
  • islami.co
  • rumaysho.com
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply