Doa Nabi Yusuf: Bacaan Arab, Latin, Terjemahan dan Manfaatnya

doa nabi yusuf
ilustrasi oleh dribbble.com

Doa nabi Yusuf berbunyi “Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.” dan selengkapnya dalam artikel ini.

Nabi Yusuf merupakan salah satu Nabi dan Rasulullah yang diutus oleh Allah SWT untuk mengajak manusia menyembah Allah.

Dilahirkan dari seorang Nabi dan Rasulullah, Nabi Yusuf merupakan anak ke 7 dari 12 bersaudara putra Nabi Yaqub, putra Nabis Ishaq. Nabi Yusuf adalah anak sulung dari Rahil dan mempunyai adik kandung bernama Bunyamin.

Berdasarkan kisah-kisah kenabian yang terdapat di Al-Qur’an, Nabi Yusuf merupaan seorang Nabi yang masyhur akan wajahnya yang tampan dan rupawan. Ketampanan Nabi Yusuf menyebar hingga ke pelosok negeri.

Pada ulasan berikut, akan dibahas lanjut mengenai doa Nabi Yusuf beserta makna dan manfaatnya.

Doa Nabi Yusuf

Ada kalanya ketika menjalani tugas sebagai Nabi dan Rasulullah, Nabi Yusuf mengalami beberapa cobaan. Dalam menjalankan tugasnya, Nabi Yusuf mengajarkan beberapa amalan doa. Berikut beberapa bacaan doa Nabi Yusuf yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bacaan Doa Nabi Yusuf

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

“Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.”

Artinya :

“Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

2. Bacaan Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin

doa nabi yusuf

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Baca juga:  Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah (LENGKAP): Arab, Latin, Artinya

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.”

Artinya :

“Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

3. Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai

doa nabi yusuf

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Manfaat Doa Nabi Yusuf

doa nabi yusuf

Sebagaimana doa pada umumnya, berikut beberapa manafaat khusus dari amalan doa Nabi Yusuf yang baik untuk diamalkan.

1. Terhindar dari Musibah

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa, karena Allah sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa dengan memohon-mohon. Baik ketika mengalami musibah maupun dalam keadaan suka cita.

Nabi Yusuf mengajarkan kita dalam salah satu amalan doanya untuk mengingat Allah di kala mengalami musibah lalu berdoa memohon pertolongan-Nya.

Selain itu, kita juga bisa mengamalkan do’a Nabi Yusuf jika mengalami situasi yang tidak baik. Hal ini dilakukan Nabi Yusuf ketika mendapatkan godaan dari seorang wanita. Beliau memohon untuk dijauhkan dari kemaksiatan dan perbuatan dosa serta terhindar dari buruknya hawa nafsu.

2. Diberikan Kekuatan Menghadapi Ujian

Setiap orang yang beriman akan diberikan ujian oleh Allah SWT. Ujian ini digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Seorang hamba diberikan ujian yang sesuai dengan batas kemampuannya.

Nabi Yusuf mengalami banyak ujian bahkan saat masih kecil. Diantaranya adalah dibuang oleh para saudaranya dan mendapat fitnah keji hingga mendekam di penjara.

Dengan berikhtiar berdoa supaya diberikan kekuatan menghadapi ujian, maka dengan izin Allah, kita bisa melewati ujian yang diberikan-Nya.

Baca juga:  Rukun Wudhu, Mulai Niat, Membasuh Muka, Hingga Tertib

3. Diberikan Kekuatan Melawan Hawa Nafsu

Nabi Yusuf pernah mengalami godaan wanita cantik. Sebagai manusia, Nabi Yusuf berusaha melawan hawa nafsu dan godaan setan dalam rayuan melakukan dosa dan maksiat.

Oleh sebab itulah, Nabi Yusuf kemudian berdoa kepada Allah untuk dihindarkan dari perbuatan dosa. Akhirnya, dengan melafadzkan do’a, Nabi Yusuf dapat memerangi hawa nafsu nya dalam menghadapi godaan duniawi.

4. Memancarkan Aura Wajah Bercahaya

Nabi Yusuf sangat dikenal memiliki paras yang sangat rupawan. Tidak heran hal ini bahkan membuat para wanita pada zaman dahulu tidak berkedip ketika melihat Nabi Yusuf.

Dengan mengamalkan doa ketika bercermin, sebagaimana di contohkan oleh Nabi Yusuf, merupakan permohonan untuk diberkahi wajah yang bercahaya. Hal ini membantu terpancarnya pesona dan aura yang kita miliki sehingga kita semakin bertambah syukur atas wajah karunia-Nya.

5. Membantu Mendekatkan Hubungan Suami Istri

Dalam hubungan suami istri, Nabi Yusuf dikisahkan akhirnya menikahi Zulaikha yang dahulunya menggoda Nabi Yusuf. Namun berkat hidayah Allah, Zulaikha kemudian bertaubat kembali ke jalan yang benar. Semakin Zulaikha mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, maka kemudian Zulaikha akhirnya disatukan kembali dengan Nabi Yusuf.

Melalui kisah ini, maka pasangan suami istri dapat mengamalkan doa Nabi agar dicintai. Dengan ini pasangan suami istri dapat menjaga keutuhan cinta yang didasari dengan iman dan takwa.


Demikian ulasan mengenai doa Nabi Yusuf dan beberapa manfaat mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply