Doa Nabi Yunus : Bacaan Arab, Latin, Terjemahan dan Manfaatnya

bacaan doa nabi yunus
ilustrasi oleh dribbble.com

Doa Nabi Yunus adalah salah satu bacaan doa yang sangat mujarab dikabulkan sama seperti doa sapu jagad dan doa lainnya.

Saat menghadapi cobaan kita dianjurkan berdoa dan berserah diri untuk meminta pertolongan Allah SWT.

Nabi Yunus adalah salah satu rasul utusan Allah yang namanya termuat dalam Al-Quran. Kisah Nabi Yunus yang sangat populer adalah saat  beliau dimakan ikan paus dan tinggal didalam perutnya. Saat menghadapi kesulitan ini Nabi Yunus berserah diri dan berdoa kepada Allah SWT untuk menguatkannya.

Adapun keutamaan dan manfaat membaca doa Nabi Yunus apabila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan lengkap mengenai doa Nabi Yunus, bacaan arabnya dan manfaatnya.

Doa Nabi Yunus

kapal nabi yunus

Doa Nabi Yunus juga memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa saat mengamalkannya tiap hari. Nabi Yunus memanjatkan doa ini saat tengah menghadapi kesulitan yaitu tertelan dalam perut ikan paus.

Beliau merenungi kesalahannya saat berada didalam perut paus karena telah meninggalkan kaumnya. Allah SWT memberi teguran kepada Nabi Yunus atas kekhilafannya agar merasakan hidup didalam perut paus yang gelap gulita.

Bacaan Doa Nabi Yunus

Nabi Yunus merenungi kesalahannya karena mengingkari perintah Allah SWT dengan meninggalkan kaumnya yang tidak mau beriman.

Beliau sadar saat berada didalam perut ikan paus dan menyesal atas perbuatanya karena meninggalkan kaumnya.

Bacaan Doa:

doa nabi yunus

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.”

Artinya:

 “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Baca juga:  Teknik Hidroponik : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Langkah nya untuk Pemula

Keutamaan dan Manfaat Doa Nabi Yunus

Mengamalkan doa Nabi Yunus secara rutin akan membawa manfaat dalam kehidupan kita. Adapun beberapa manfaat doa Nabi Yunus diantaranya:

1. Memperoleh Ampunan Allah

Doa nabi Yunus berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah dibuat dan berharap memperoleh ampunan Allah SWT.

2. Memuja dan Memuji Allah

Sudah selayaknya kita sebagai seorang manusia harus memuja dan memuji keagungan Allah SWT. Pujian ini adalah sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah.

Allah selalu menyukai makhluknya yang berdoa kepadaNya. Doa apapun, baik doa Nabi Yunus, doa sapu jagat dan doa-doa lainya. Doa menjadi sarana memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah.

3. Dikabulkan hajatnya

Keutamaan doa nabi Yunus selanjutnya adalah Allah akan mengabulkan hajat atau permintaannya. Seperti halnya saat nabi Yunus meminta kepada Allah agar dikeluarkan dari perut ikan paus.

Dan akhirnya, Allah mengabulkan doa Nabi Yunus. Oleh sebab itu doa ini digunakan saat seseorang ingin meminta hajat kepada Allah.

4. Diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan

Saat mendapatkan musibah atau ujian dalam hidup, Doa Nabi Yunus bisa diamalkan agar Allah senantiasa memberi kekuatan untuk mengatasi cobaan yang diberikan dalam hidup.

5. Dikeluarkan dari kesulitan

Doa nabi yunus akan membuat kita semakin kuat dalam menghadapi cobaan hidup.

Allah SWT tidak akan menguji umatNya diluar batas kemampuannya, oleh karena itu saat kita pasrah akan keadaan dan berharap dikeluarkan dari kondisi sulit dalam hidup mengamalkan doa ini bisa dijadikan solusi agar segera diberi jalan keluar dari kesulitan.

Demikian penjelasan mengenai Doa Nabi Yunus lengkap beserta keutamaan dan manfaatnya. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply