Dampak Lintasan Arus Laut di Indonesia

Tahukah kalian bahwa fenomena El Nino di California mempunyai hubungan dengan arus laut Di Indonesia ? Mengapa demikian ?

Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua Samudra besar yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dampaknya terjadi lintasan arus laut dari Samudra Pasifik menuju perairan Nusantara yang akhirnya ke Samudra Hindia. Dapat dikatakan bahwa Indonesia sebagai kawasan tropika yang menghubungkan dua samudra besar, sehingga dampaknya berpengaruh jauh dari daerah teritorialnya. Misalnya terjadinya monsun di India hingga fenomena El Nino di California.

Selain itu, lintasan arus laut Indonesia juga berpengaruh pada perubahan pola musim hujan di seluruh Asia. Bagaimana bisa terjadi ?

Hal ini terjadi karena perubahan iklim yang menyebabkan temperatur air laut yang melintasi Indonesia menjadi lebih hangat. Naiknya temperatur air laut inilah yang membawa perubahan pola musim hujan di Asia. Naiknya temperatur air laut menyebabkan lebih banyak penguapan, sehingga intensitas curah hujan menjadi lebih tinggi.

Hubungan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia melalui perairan Indonesia merupakan suatu sirkulasi yang rumit, dipengaruhi oleh variasi iklim dan hubungan antara atmosfir & laut.
Selain adanya angin yang menggerakkan lintasan arus laut, aliran arus laut ditandai dengan adanya dorongan vertikal Yang kuat. Pengaruh angin hanya menimbulkan sedikit pergerakan di permukaan.

Sejak abad ke-20 penelitian mempertahankan bahwa pergerakan angin pasat di Samudra Pasifik semakin melemah. Angin pasat sendiri yang mendorong arus laut dari Samudra Pasifik menuju Samudra Hindia melalui perairan Indonesia. Dapat diprediksi akan terjadi perlambatan sirkulasi termohalin global. Termohalin sendiri yaitu perubahan densitas massa air laut akibat perbedaan suhu dan salinitas air laut.

Selain iklim, arus laut juga berpengaruh pada ekosistem biotik di bawah laut. Tidak heran jika Indonesia memiliki kekayaan laut yang melimpah. Hal ini disebabkan arus laut dari Samudra Pasifik yang membawa arus hangat sehingga terdapat banyak ikan, sebab fitoplankton Yang terbawa oleh arus. Oleh karena itu, upaya konservasi laut penting dilakukan di perairan Indonesia