3 Contoh Saran dalam Makalah yang Baik dan Benar (Lengkap)

contoh saran dalam makalah

Contoh saran dalam makalah adalah anjuran untuk melakukan pengantian pendekatan terhadap metode penelitian yang digunakan, pengembangan terhadap variasi dan alat yang digunakan, dan lain sebagainya yang dijelaskan dalam artikel ini.


Kalian pasti pernah mendapatkan tugas untuk membuat makalah ketika di sekolah. Dalam penyusunannya, makalah dibagi menjadi beberapa bab dan sub bab.

Pada pendahuluan dan isi makalah biasanya dapat dengan mudah disusun karena menggunakan referensi yang sudah ada. Namun, pada bab terakhir biasanya muncul kebingungan untuk mengisi penutup yang berupa kesimpulan dan saran.

Untuk itu lah akan dibahas secara lengkap mengenai tata cara menulis saran pada makalah beserta contohnya.

Pengertian Saran

“Saran adalah sebuah kalimat yang bertujuan untuk memberikan solusi mengenai permasalahan yang ada pada makalah.”

Saran termasuk sub bab dalam bagian penutup sebuah makalah.

Biasanya sub bab saran disertai dengan kesimpulan yang merangkum apa saja bagian isi dari makalah serta menjawab tujuan dari makalah.

contoh saran dalam makalah
ilustrasi oleh Dribbble

Tips Membuat Saran

Tentu saja dalam membuat saran tidaklah dengan sesuka hati, tetapi harus memperhatikan beberapa hal. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat saran ialah :

1. Jumlah Kata

Biasanya, saran yang baik dalam sebuah makalah memiliki jumlah kata yang tidak terlalu banyak. Hal ini diharapkan agar pembaca makalah tidak merasa bosan ketika membaca saran.

Selain itu, saran yang singkat juga mengimbangi isi dari sub bab kesimpulan. Pada umumnya, saran terdiri tidak lebih dari 200 kata.

2. Menggunakan Kata Harapan

Pada dasarnya, saran bertujuan untuk memperbaiki makalah yang telah disusun. Oleh karena itu, dalam sub bab saran haruslah mengandung kata-kata harapan seperti “oleh karena itu”, “alangkah baiknya”, “penulis berharap”, dan beberapa kata lainnya yang memiliki maksud yang sama.

3. Memberikan Solusi

Selain dengan mengharapkan makalah tersebut menjadi lebih baik, saran juga harus mengandung solusi agar nantinya pembaca lebih mudah dalam memperbaiki makalah tersebut.

Baca juga:  Persamaan Kuadrat (LENGKAP) : Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Solusi tersebut dapat berupa cara mengatasi kekurangan yang ada dalam makalah yang belum dapat dilakukan oleh penulis sehingga pembaca mengetahui dengan jelas apa yang kurang dari makalah tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya.

contoh saran dalam makalah

Contoh Saran dalam Makalah

Contoh 1

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan data diatas bisa disimpulkan beberapa hal seperti berikut :

  • Pola pikir guru dapat berubah-ubah, dimana sesuai paradigma pendidikan yang terbaru seperti : anak harus menguasai kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak sebuah pengalaman belajar pada siswa dan pola guru sentris kepada siswa dalam proses belajar mengajar disekolah. Untuk itu pembelajaran bisa dilakukan lebih kontekstual.
  • Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual diperlukan guru yang profesional. Dengan begitu akan timbul alat peraga yang baik dan efektif.
  • Alat peraga berperan dalam membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, kreatif, dinamis dan aktif sehingga sangat penting.
  • Anak anak diharapkan dapat menentukan tindakan dan menerapkan informasi belajar yang proporsional dan rasional melalui alat peraga tersebut.

2. Saran

Terkait dengan hal tersebut, saya menyarankan beberapa hal untuk diperhatikan seperti berikut ini :

  • Menciptakan alat peraga sederhana agar pembelajaran dapat dilakukan dengan luas sehingga tercipta guru guru yang profesional.
  • Untuk pengembangan dan pengadaan media pendidikan (alat peraga) maka dapat mengimplementasikan eksistensi manajemen dan Gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kkritik dan saran dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Contoh 2

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian penentuan permitivitas relatif dan permeabilitas relatif bahan ferromagnetik menggunakan metode Nicolson Ross Weir yaitu:

  1. Hasil terbaik dari penelitian yang didapatkan adalah pada campuran sampel BaFe9(MnCoTi)3O19 dengan komposisi Fe3Si 10% dengan nilai yang diperoleh dari perhitungan pada sampel Fe3Si yang dicampurkan pada bahan pada komposisi 10% memiliki nilai real =-4,96 sampai 14,28 dan nilai imajiner ε”= -9,4 sampai 8,03 serta  yang diperoleh dari perhitungan pada sampel Fe3Si yang dicampurkan pada bahan dengan komposisi 10%. Pada komposisi 10% puncak pertama =48,67 dan = -41,49; puncak kedua =31,89 dan = -28,17.
  2. Nilai permeabilitas yang bernilai negatif menunjukkan bahwa sampel memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan metamaterial.
Baca juga:  Contoh Teks Eksplanasi (LENGKAP): Tsunami, Banjir, Sosial, dan Budaya

5.2    Saran

Studi lanjut mengenai penentuan permitivitas dan permeabilitas relatif bahan ferromagnetik menggunakan metode NRW diharapkan untuk menggunakan koreksi pada nilai permitivitas dan permeabilitas relatif serta menggunakan sampel uji VNA dengan bahan murni untuk mendapatkan nilai yang lebih akurat.

Contoh 3

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Rekonsiliasi dari makalah media islami merupakan suatu tindakan menciptakan proses penyusunan kembali tatanan masyarakat yang terpecah-pecah akibat dari pemberitaan media. Hal ini dirasa sangat penting untuk memelihara kesatuan dan persatuan terlebih negara Indonesia bukan negara yang menerapkan hukum agama namun menerapkan pancasila dan UU dasar sebagai landasan fundamental.

Upaya implemntasi yang dilakukan dalam rekonsiliasi media islami adalah mensinergikan upaya peningkatan wacana dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memprotek radikalime agama khususnya memalui media dengan melakukan pendekatan hukum baik agama islam atau kenegaraan yang didatangkan langsung oleh para ahlinya, dengan cara seperti itulah pemahaman kepada generasi muda lebih mengenda dan akan membentuk sikap kritis yang baik tanpa serata merta menelan mentah-mentah media massa yang berkembang.

Saran

Saran yang bisa penulis berikan :

Perlu adanya metode penilitian lebih lanjut akan upaya peningkatan dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memaksimalakan potensi genarasi dalam membentengi  dirinya dari radikalisme agama yang berkembang.


Demikian pembahasan mengenai contoh saran dalam makalah, semoga bermanfaat.

About Sukma Aditya 91 Articles
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*