33+ Daftar Blog Sains Terbaik di Indonesia [Update Terbaru]

Kita jarang bertemu dengan blog sains di Indonesia.

Kalau ada, biasanya isinya tidak bagus. Kalau bagus, biasanya sudah lama tidak update tulisannya.

Coba saja kamu sebutkan, blog sains Indonesia apa yang sering kamu baca, blog sains mana yang bisa membawakan konten dengan baik…

Kelangkaan blog bertema sains di Indonesia ini pula lah yang menjadi salah satu latar belakang saya dan rekan-rekan membuat Saintif.

Sebenarnya blog bertema sains yang berkualitas di Indonesia ada banyak, hanya saja keberadaannya masih kurang terdengar di lingkungan kita.

Berikut ini saya dan tim mengkompilasikan daftar blog sains terbaik di Indonesia. Total ada sebanyak 33+ blog yang kami temukan (tanda plus (+) menunjukkan kalau daftar ini akan terus dilengkapi). Masih ada banyak sebenarnya, tapi ada beberapa yang belum masuk kriteria kami, pula ada banyak yang masih belum kita temukan.

Blog sains yang kami maksudkan di sini adalah sains dalam artian umum. Jadi tidak pure isi blognya hanya sains. Juga tidak tertutup pada sains dalam lingkup fisika-kimia-biologi. Ya, pokoknya yang ada ilmu pengetahuannya lah.

Silahkan klik berdasarkan topik yang sesuai (kami urutkan berdasarkan abjad):

Astronomi

Dokumentasi Thomas Djamaludin

Di blog ini, Pak Thomas Djamaluddin (Kepala LAPAN) membagikan banyak ilmunya untuk berbagi pencerahan dan inspirasi.

Kamu bisa membaca banyak sekali hal menarik soal astronomi, pemikiran, juga penjelasan yang sarat ilmu. Ini tak lepas dari sosok Pak Thomas Djamaluddin yang memang memiliki latar belakang astronomi yang sangat kuat dan dikenal aktif berbagi ilmu astronomi untuk masyarakat.

Di blog ini Pak Thomas Djamaluddin juga pernah menulis mengenai penjelasan kasus bumi datar-bumi bulat.

Info Astronomy

“Pelajari Langit, Lindungi Bumi” begitulah slogan dari Info Astronomy.

Info Astronomy adalah website sains yang secara khusus membahas mengenai astronomi dan hal yang berkaitan dengan angkasa lainnya.

Tulisan yang disajikan berupa info-info astronomi terkini, pengetahuan dasar astronomi, dan masih banyak lagi lainnya. Tulisannya dikemas secara ringan dan informatif, sehingga mudah untuk diikuti.

Langit Selatan

Langit Selatan merupakan media komunikasi dan edukasi astronomi di Indonesia sekaligus sebagai komunitas astronomi berbasis dunia maya.

Langit selatan didirikan oleh alumni astronomi ITB pada tahun 2006, dan semenjak tahun 2008 telah bergabung dengan asosiasi Global Hands on Universe, sebuah asosiasi internasional dalam hal pengembangan dan pengajaran astronomi bagi guru dan siswa.

Bisa dibilang, Langit Selatan adalah pelopor media astronomi di Indonesia, yang dikelola langsung oleh para ahli dan praktisi di dunia astronomi.

Selain bisa membaca banyak tulisan berkualitas terkait astronomi, di sini kalian juga bisa bertanya dan akan dijawab oleh Tim Pengembara Angkasa.

Kafe Astronomi

Misinya ‘Bringing Astronomy to The People’…

…dan ini diwujudkan dengan tulisan-tulisan astronomi berbobot yang dikemas dengan gaya santai, sesantai ngopi di kafe.

Selain aktif di dunia maya, Kafe Astronomi juga menaungi komunitas Penjelajah Langit, yang banyak melakukan kegiatan pengamatan, edukasi, dan lain-lain. Kalau kamu tertarik dengan kegiatannya, kamu juga bisa bergabung lho.

[toggler title=”Quote” ]Harapan saya KafeAstronomi.com mampu berkontribusi dalam perkembangan ilmu astronomi di indonesia khususnya astronomi amatir dan mampu memberikan banyak manfaat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

~Eko Hadi G – Kafe Astronomi[/toggler]

Xplore Astro

Xplore astro menyajikan info-info astronomi yang menarik, sarat ilmu, dikemas dengan media visual yang menarik, dan mudah dipahami. Sehingga muncul pengetahuan astronomi yang baik kepada masyarakat.

Visi Xplore Astro adalah menjadi media astronomi yang edukatif, menarik, dan tepercaya di Indonesia. Maka dari itu, tiap tulisan di Xplore Astro sarat dengan ilmu dan penjelasan yang lengkap, dengan disertai referensi-referensi yang kredibel. Itulah yang menjadi nilai lebih Xplore Astro dibanding blog sains/astronomi lainnya.

Aviasi

Arip Susanto

Ini blog penerbangan yang isinya lengkap banget, punyanya Pak Arip Susanto. Mulai dari dasar teori penerbangan, dan semuanya.

Bisa dibilang, semua topik penerbangan yang kamu butuhkan ada di sini. Kunjungi saja blognya untuk melihat lebih banyak.

Gerry Airways

‘Serving you my truth in aviation’

Reputasi Om Gerry di dunia penerbangan tak perlu diragukan lagi. Beliau dikenal sebagai salah satu aviation consultant terbaik di Indonesia, yang pendapatnya sering dijadikan bahan rujukan media dalam dan luar negeri.

Di blog ini, Om Gerry membahas banyak hal soal aviasi secara detil dan jelas. Memberikan penjelasan mengenai aviasi yang benar. Sebut saja salah satunya ketika kemarin sempat heboh mengenai kasus go-around, larangan membawa perangkat elektronik, kasus kecelakaan pesawat, dll, maka Om Gerry memberikan penjelasannya dengan analisis sangat detail dan jelas.

Saya menikmati pembahasan di blog Gerry Airways ini, karena rasanya dengan mengikuti analisisnya saya jadi ikut mikir–walaupun saya tidak punya latar belakang aviasi.

Saya sendiri pertama kenal dengan Om Gerry ketika beliau dengan sukarela memberi banyak saran dan masukan saat saya dan tim Swing sedang menggarap Round 2 dari Airbus Fly Your Ideas Competition.

Ilmu Terbang

Blog ilmu terbang berisi bergam hal mengenai dunia penerbangan, mulai dari teori penerbangan, isu-isu khas penerbangan, dan banyak lagi lainnya.

Sajian yang diberikan di sini khas penerbangan banget, jadi untuk orang yang sama sekali tidak punya latar belakang penerbangan bisa dibilang akan cukup kesulitan mengikuti. Tapi kalau sudah terbiasa, dijamin, betah berlama-lama di blog ini.

Walaupun blog ini masih aktif, update tiap tulisannya cukup lama.

Farmasi

Moko Apt

Pada awalnya, blog ini hanya berisi abstrak karya tulis yang pernah dibuat oleh Pak Sarmoko tempo dulu. Kian lama kian berkembang, blog ini kemudian memuat banyak  tulisan fresh dan menghadirkan topik kesehatan/farmasi terutama obat-obat yang sering dipakai di masyarakat, review jurnal, biologi, dan masih banyak lagi konten menarik lainnya.

Di blog ini juga terdapat banyak link dan sumber-sumber pengetahuan yang bisa kamu akses.

Untuk kamu yang punya ketertarikan lebih di bidang farmasi (dan segala hal yang berkaitan dengannya), kunjungi blog ini untuk menambah ilmu dan pengetahuanmu.

Fisika

Galileo to Einstein

Kalau kalian suka menyelesaiakan permasalahan fisika, blog ini sangat cocok buat kamu. Karena secara berkala Pak Ade akan menulis soal-soal fisika yang beragam: dari yang sederhana, hanya butuh sedikit perhitungan, sampai soal yang membutuhkan analisis cukup dalam.

Selain berisi kumpulan soal, blog sains ini juga menyajikan materi fisika secara lengkap: ada versi e-book dan juga video penjelasan yang diberikan oleh Pak Ade…. dan semuanya dapat diakses secara gratis.

Yohanes Surya

Ini bukan blog fisika sebenarnya, tapi website dari Prof Yohanes Surya, yang terkenal sebagai pendidik fisika Indonesia dengan TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) dan metode GASING (Gampang Asyik Menyenenangkan)-nya.

Website ini sudah lama tidak update, tapi  kamu masih bisa menikmati banyak konten menarik soal fisika dan sains umum di bagian Penulis dan Tanya Yohanes Surya.

Mampir aja, saya jamin kamu bakal betah dengan pembawaan fisika secara ringan khas Prof Yo.

Geologi

Dongeng Geologi Rovicky

Dongeng Geologi Adalah blog populer yang digagas oleh Rovicky Dwi Putrohari untuk kemajuan Indonesia dalam hal geosain, dan penanganan bencanan.

Blog ini isinya sangat sarat akan ilmu geologi, dan cocok untuk kamu jadikan salah satu bahan referensi belajar.

Inovasi dan Teknologi

Penggagas

Penggagas adalah media pertama di Indonesia yang menyebarkan semangat inovasi dan menyajikan info teknologi serta inspirasi terkini dari seluruh belahan dunia.

Info yang disajikan banyak berupa produk inovatif terbaru, juga analisis terhadap teknologi saat ini.

Kunjungi saja website nya untuk mendapatkan inspirasi teknologi terbaru.

Sefsed

Sefsed  menyajikan informasi berita seputar teknologi, penemuan, dan inovasi terbaru dari seluruh dunia.

Gaya penulisan sefsed yang sederhana, ringkas, dan sangat menarik akan membuatmu betah mencari inspirasi di sini.

IT/Komputer

Codepolitan

Codepolitan adalah media edukasi dan informasi seputar pemrograman.

Materi belajar disajikan secara interaktif dan terstruktur. Kamu harus menyelesaikan materi dengan tuntas sebelum bisa lanjut ke materi selanjutnya. Situs ini sangat cocok buat kamu yang tertarik dengan dunia IT dan ingin menjadi programmer profesional.

Dunia Ilkom

Dunia Ilkom menyajikan konten tutorial untuk kamu yang sedang belajar web programming. Tutorial yang disajikan tersusun rapi dan sangat terstruktur, sehingga mudah diikuti dan dipraktekkan. Saya sendiri belajar beberapa bagian pemrograman dari sini.

Selain konten tutorial, di Dunia Ilkom juga ada konten-konten ringan yang berkaitan dengan dunia pemrograman, tips, dan lain sebagainya,

Padepokan Budi Rahardjo

Sebenarnya ini bukan blog yang secara khusus membahas IT. Ini adalah blog pribadi dari Pak Budi Rahardjo ITB, yang isinya banyak berupa keseharian dan pandangan Pak Budi. Tapi tentu saja, namanya juga orang yang IT banget, keseharian dan pandangan Pak Budi Rahardjo tidak lepas dari yang namanya IT.

Petani Kode

Ini bukan blog sains, tapi ada banyak hal soal programming yang bisa kamu pelajari di sini. Mulai dari pemrograman dasar, web, dan lainnya, kamu bisa belajar di sini.

Pembawaan di blog ini santai, begitu pula dengan meme yang ada di halaman facebooknya, cocok banget buat pare geek kode.

Kesehatan

Lini Sehat

Lini Sehat hadir sebagai portal informasi sains tentang kesehatan yang menjadi jawaban akan berbagai pertanyaan tentang gaya hidup sehat yang komprehensif dan holistik.

Konten linisehat didasarkan pada evidence based terkini sehingga dapat menjadi rujukan gaya hidup sehat yang terpercaya dan dituangkan dalam gaya bahasa yang fun, youth dan fresh.

Kimia

Bisa Kimia

Bisakimia merupakan blog kimia terintegrasi yang isinya beragam. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan, materi pelajaran, dan konten menarik tentang kimia lainnya.

Selain menyajikan konten, Bisakimia juga menyediakan beberapa layanan lain. Kunjungi saja situsnya untuk tau lebih jauh.

Blog Urip Guru Kimia

Blog ini dikelola oleh Pak Urip, guru Kimia di Kalteng. Isi dari blog ini mainly berupa pembahasan mengenai materi kimia di sekolah, lengkap mulai dari perkenalan kimia sampai kimia lanjutan.

Ada banyak juga pembahasan soal OSN (Olimpiade Sains Nasional), jadi sangat cocok buat kalian yang memang sedang memperdalam ilmu kimia teoritis kalian.

Blognya ada dua versi, ada yang di wordpress dan ada yang di blogger

Matematika

Bermatematika

Blog yang fully mathematic, tapi asik. Dikelola oleh Pak Henda Gunawan, guru besar matematika ITB. Walaupun secara khusus membahas matematika, tapi topiknya sangat bervariasi. Ditulis dengan gaya populer dan tidak terlau rumit.

Di sini juga ada seri tulisan yang terdapat di buku karya Pak Hendra. Ada Menuju Tak Hingga dan Gara-Gara Hantu Lingkaran.

Buat yang suka matematika pasti betah berlama-lama disini.

[toggler title=”Quote” ]Saya berharap pada suatu saat nanti ada matematikawan terkemuka di dunia yang berasal dari Indonesia

Aria Turns

“Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya…??”

Blog ini ditulis oleh Bang Nursatria, alumnus Matematika UGM dan sekarang merupakan seorang guru SMA. Blog ini membahas hal-hal menarik dari sisi matematik yang up to date, ada bacaan ringan dan ada pula bacaan berat yang matematik banget.

Contohnya saja, ada tulisan yang membahas potensi terkabulnya doa secara matematik, kemungkinan adanya mukjizat, cara menggandakan uang (bahasan mengenai kasus Dimas Kanjeng).

Kunjungi saja blognya untuk lebih jelasnya.

Di blognya juga ada rekomendasi blog-blog matematik yang lain. Tapi tidak kita masukkan ke daftar ini karena kebanyakan sudah tidak aktif.

[toggler title=”Quote” ]Harapan sebagai saya math blogger: Matematika semakin membumi di Indonesia. Semakin banyak orang yang paham bahwa matematika lebih dari sekedar berhitung melainkan suatu seni, seni berpikir untuk memecahkan masalah

~Nursatria Adikrisna[/toggler]

Psikologi

Blog Inspirasi Praktis

Sebenarnya ini bukan blog yang secara khusus membahas psikologi. Tapi lebih dari itu, tulisan-tulisan yang tersaji di blog ini erat kaitannya dengan psikologi praktis yang bisa langsung kamu praktekkan.

Pak Deden menulis dengan passion, ini akan terasa ketika kamu membaca tulisannya. Tulisan yang menarik, mengalir, dan disertai dengan referensi kuat di baliknya.

Kalau kamu sedang butuh inspirasi atau solusi atas pertanyaanmu, mampir saja ke blog ini.

Psikologi Mania

Blog psikoma.com ini di didirikan pada tahun 2014 oleh sekelompok orang yang menyukai psikologi. Mereka mempunyai visi memberikan informasi seluas-luasnya berkaitan dengan Psikologi untuk masyarakat yang ada di Indonesia.

Blog ini banyak membahas permasalahan sehari-hari dari sisi psikologi. Di sini kamu juga bisa konsultasi untuk mendapatkan secercah pencerahan untuk masalah yang sedang kamu hadapi.

Sains Umum

Anak Bertanya Pakar Menjawab

Blog Anak Bertanya diperuntukkan bagi anak-anak usia ~10-12 tahun yang ingin tahu tentang berbagai hal: alam semesta, makhluk hidup, lingkungan sekitar, kehidupan di kota dan desa, perilaku manusia, dan lain sebagainya, yang akan menjadi bekal penting kelak, ketika anak-anak menapak dewasa dan berkiprah di era persaingan global yang semakin ketat.

Walaupun pada dasarnya dibuat untuk anak-anak, tidak ada salahnya kalau kamu juga mengikuti tulisan di blog ini. Karena diperuntukkan untuk anak-anak, pembahasan yang diberikan ringan dan jelas.

Saya juga sering mengikuti blog ini, karena topik-topik pertanyaannya yang menarik, begitu juga jawaban dari para pakar yang sangat baik

[toggler title=”Quote” ]Saya mendambakan masa depan Indonesia yang maju dan beradab, bangsa Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan.

Karena itu, anak-anak sejak dini perlu diperkenalkan dengan berbagai profesi dan dunia keilmuan

Bersains

Blog Bersains dibuat khusus untuk mendiseminasikan artikel-artikel sains dalam arti luas (termasuk matematika, sains sosial dan sains rekayasa), yang ditulis oleh para pakar atau akademisi.

Blog ini dikelola oleh Pak Hendra Gunawan, guru besar FMIPA ITB, bersama koleganya.

Dengan latar belakang dunia ilmiah yang kuat, artikel yang ada di Bersains juga memiliki kadar ilmiah yang kuat (referensi yang terpercaya, dll). Tulisannya pun panjang-panjang dan penjelasannya tuntas.

Namun demikian, tulisan-tulisan ini dikemas dengan gaya bahasa popular, sehingga tetap menarik dan dapat dipahami—walau tetap butuh fokus ekstra.

Blog Zenius

Blog ini dikelola oleh Zenius Education. Isinya banyak membahas banyak topik disekitar kita dari sisi ilmiah, mulai dari kesehatan, sejarah, juga pastinya tips-tips belajar kece ala Zenius.

Pembahasan di tiap tulisannya detail (banget), tapi tetep ringan dan mudah di pahami.

Konten berkualitas tinggi dari Zenius tentunya tak lepas dari peran para tutor keren yang udah menulisnya. Sebut saja bang Sabda PS, Wisnu, Glenn, dan semuanya.

Satu hal lagi yang penting, tulisan yang disajikan di blog Zenius ini up to date. Jadi, ketika lagi ramai soal vaksin, blog Zenius ngasih penjelasan mengenai vaksin yang bener, ketika lagi ramai soal hutang pemerintah, blog Zenius bahas soal itu. Keren pokoknya.

Langsung cek aja, dijamin betah di sana.

BumiDatar.id

Bumidatar.id adalah blog yang isinya meluruskan miskonsepsi dari hoax flat earth atau bumi datar.

Di blog ini, setiap detil klaim flat earth dibahas dengan tuntas untuk menunjukkan fakta sains yang sebenarnya.

Selain itu, setiap poin bahasan dirangkum dalam bentuk gambar ringkas yang mudah kamu pahami dan semuanya dapat kamu unduh secara gratis.

Dasapta Erwin

Di blog ini Pak Dasapta Erwin menyampaikan banyak pandangannya terhadap sains, terutama dalam topik dunia ilmiah. Pak Erwin banyak menyuarakan mengenai open science, sebuah upaya untuk mendiseminasikan dan mengkolaborasikan penelitian ilmiah secara terbuka untuk semua kalangan. Menarik sekali untuk menyimak dan meresapi filosofinya, kamu juga bisa ikut berpartisipasi di sini.

Adapun kalau kamu tertarik untuk menulis ilmiah, kamu juga dapat melihat preview buku ‘Menulis Ilmiah Itu Menyenangkan‘ (karya Pak Erwin dan istrinya, Cut Novianti, seorang dokter yang sedang menyelesaikan pendidikan doktornya di bidang obesitas anak di University of Sydney). Buku yang sangat menarik dan bakal memotivasi kamu untuk semangat menulis ilmiah… saya sudah punya bukunya lho.

[toggler title=”Quote” ]”Every point on earth has a piece of originality“, karena itu bangsa Indonesia harus bangga dan percaya diri dengan ilmu yg dikembangkan dari tanah airnya sendiri.

~Dasapta Erwin Irawan[/toggler]

Indosains

Indosains digagas di akhir 2014, setelah Pemilu Presiden menunjukkan bukti tak terbantahkan bagaimana mudahnya orang menelan mentah-mentah hoax yang ditebar di media massa.

Generasi muda tidak boleh terus terbebat oleh kanker sosial ini, dan obat terbaik bagi wabah ini adalah sains. Karena itu Indosains dibuat.

Mongabay

Mongabay adalah situs web tentang ilmu lingkungan yang populer dan berita konservasi yang dimulai pada tahun 1999 oleh Rhett A. Butler.

Mongabay.co.id diluncurkan dan beroperasi sejak April 2012 untuk meningkatkan minat terhadap alam dan kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan di Indonesia. Mongabay.co.id memiliki fokus khusus pada hutan, tetapi juga menyediakan berita, analisis, dan informasi lain yang berhubungan dengan lingkungan.

My Stupid Theory

Blog ini ditulis oleh Bang Mahfuzh Huda a.k.a Mahfuzh tnt, yang sekarang sedang menimba ilmu di Okayama University, Jepang.

Walaupun nama blognya ‘My Stupid Theory’, jangan salah arti kalau blog ini isinya ngaco. Lebih dari itu, stupid di sini artinya Si Bodoh yang Waktu dan Pikirannya Habis Digerogoti oleh Rasa Ingin Tahu, seperti tagline nya.

Blog ini isinya banyak sekali. Pada dasarnya lebih banyak membahas kimia, tapi tak sekedar itu. Ada pembahasan menarik seperti Harry Potter, Flash, dan juga bumi datar vs bumi bulat—yang juga membuat blog menjadi makin terkenal.

Selain itu, kehidupan bang Mahfuzh di Jepang juga banyak diabadikan di blog ini. Keren pokoknya.

Saking kerennya, blog ini pula yang menjadi salah satu rujukan dan inspirasi buat tim Saintif

[toggler title=”Quote” ]Harapannya blog ini bisa menwarnai perkembangan sains di Indonesia, membawa perubahan persepsi bahwasannya sains itu nggak hanya serius-serius aja tetapi juga menarik, seru dan penuh tantangan

~Mahfuzh Huda[/toggler]

Majalah 1000 Guru

Blog ini berisi artikel yang di terbitkan pada majalah 1000 guru. Topik yang dibahas dalam blog ini memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi, Kesehatan, Sosial-Budaya, Pendidikan) yang di terbitkan setiap bulan.

Tulisan yang ada di blog ini ditulis para guru terbaik yang sedang berkarya baik di dalam maupun luar negeri. Simak saja tim redakturnya, yang terdiri dari alumnus universitas top dunia: Indonesia, Jepang, Spanyol, Australia, dll. Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa berkontribusi dengan menulis di blog dan majalah ini lho.

Selain tersedia dalam bentuk tulisan blog, kontennya juga disajikan dalam bentuk majalah bulanan… dan kabar baiknya, ini bisa diunduh secara gratis.

Kamu pasti bakal banyak ilmu baru dari sana, seperti slogannya “Berbagi pengetahuan dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua”

National Gheographic

Siapa yang tak kenal National Geographic?

Isi yang disajikan tak perlu diragukan lagi, blog ini menyajikan konten ilmiah terbaik seputar isu-isu terkini yang di muat dalam majalah National Gheografic Indonesia (NGI)

Keunggulan utama blog ini dibanding blog sains lainnya tentunya tak lepas dari foto-foto memukau khas Natgeo yang selalu tersaji di setiap tulisan.

Untuk mendapatkan konten yang lebih baik lagi, kamu bisa juga berlangganan majalah cetaknya.

Perspektif

We believe that education is for everyone. Only through education, people can once become fully beings; fully able, fully emancipated, and fully empowered ~Perspektif

Perspektif menyuguhkan ilmu pengetahuan dan narasi argumentatif yang mencakup berbagai macam bidang keilmuan dan ranah diskursus yang variatif antara lain fisika, teknlologi, filsafat, kritik sosial, psikologi, kesalahan logika dan masih banyak lagi.

Selain di blog, sebenarnya Perspektif lebih aktif di Line. Kunjungi saja blog dan akun official Line nya, supaya kamu bisa menikmati konten-konten menariknya.

SainsPop

SainsPop adalah situs yang berisi konten-konten tentang sains dan teknologi berbahasa Indonesia. Kontennya berupa berita sains populer maupun sains dasar dengan gaya bahasa yang telah disederhanakan.

Nilai lebih SainsPop adalah adanya sumber-sumber primer yang dapat dipertanggungjawabkan di setiap tulisan, sehingga akurasinya terjamin. Selain itu, kontributor-kontributornya pun dipilih dari para peneliti, ahli, dan figur yang menggeluti bidang sains.

Infografis yang disajikan pun keren banget, merangkum semua pembahasan dalam gambar yang padat isi.

Sainsme

Blog ini menjawab pertanyaan-pertanyaan sains di sekitar kita. Mulai dari pertanyaan sepele sampai pertanyaan yang rumit, di sini ada jawabannya.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait fenomena sains, kamu juga dapat mengirimkan pertanyaan ke sini lho… pertanyaanmu kemudian akan dijawab oleh para geek—tim sainsme.

Berdasarkan pengamatan yang saya, blog sains yang ini isinya benar-benar bagus. Penjelasan yang diberikan langsung to the point sehingga penanya dapat terpuaskan dengan jawaban yang diberikan. Interaksi dengan pembaca pun bagus.

Hanya saja kekurangan dari blog ini, ia sudah tidak banyak aktif lagi. Postingan terakhir ditulis pada 10 Mei 2016.

Sains Menjawab

Sainsmenjawab.com membahas pertanyaan-pertanyaan sains yang tertaut dengan grup facebook Anda Bertanya Sains Menjawab. Blog ini memberikan pembahasan sains secara mendetail disertai referensi kuat dalam tiap bahasannya.

Warung Sains dan Teknologi

Warstek (Warung Sains dan Teknologi) merupakan media sains populer yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri.

Warstek berupaya untuk menjadi media yang terpercaya sebagai jembatan antara kehidupan laboratorium dengan kehidupan masyarakat sehari-hari… dan ini benar-benar tercermin dari konten yang disajikannya.

Kalau menurut saya sendiri, tulisan di warstek terbilang kuat banget sisi ilmiahnya (agak berat), tapi tetap dikemas secara popular dan mudah dipahami.

Tulisan yang agak berat ini kemudian diimbangi dengan konten-konten ringan dan jenaka di media sosialnya: ada jokes, meme, dll.

Saintif

Hehehe.

Sebenarnya Saintif belum pantas masuk di daftar blog sains terbaik di Indonesia ini. Tapi bagaimana pun juga, ini adalah sebuah harapan 🙂

Kami akan berkomitmen untuk menyajikan konten sains terbaik untuk pembaca semua, agar kekeringan sains di Indonesia segera berakhir.

Untuk itu, bantu kami menyebarkan tulisan daftar blog sains Indonesia ini ya!

Kalau kamu tau blog sains keren lainnya, beri tahu kami lewat komentar ya, agar daftar ini makin lengkap.

Kita juga lagi nyusun daftar channel YouTube, fanpage Facebook, dll di Indonesia yang bertema sains. Nantikan saja ya