Norma kesusilaan: Pengertian, Tujuan, Sanksi dan Contohnya [LENGKAP]

contoh norma kesusilaan

Contoh norma kesusilaan antara lain jujur dalam perkataan dan perbuatan, menghormati sesama manusia, tidak mengganggu kenyamanan orang lain, mengembalikan hutang atau pinjaman dari orang lain dan pembahasan lengkapnya akan dijelaskan dalam artikel ini.


Norma kesusilaan berasal dari dua kata yakni norma dan kesusilaan, yang secara bahasa dapat diartikan sebagai:

  • Norma
    Norma merupakan suatu tatanan atau pedoman yang diciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang sifatnya memaksa atau manusia wajib tunduk pada peraturan tersebut.
  • Kesusilaan
    Kesusilaan berarti perilaku yang baik yang berkaitan dengan adab dan sopan santun

Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpukan bahwa, norma kesusilaan adalah norma ini berasal dari hati nurani manusia yang dipraktikkan berulang-ulang menjadi suatu kebiasaan.

Dalam hal ini, secara singkat dapat dikatakan bahwa selama seseorang menganut norma ini, orang akan bertindak manusiawi.

norma kesusilaan

Tujuan norma kesusilaan

Seperti pada tujuan dari norma yang mengatur masyarakat sehingga terjadi masyarakat yang kondusif.

Norma kesusilaan juga memiliki tujuan memberikan petunjuk tentang cara bersikap dan bertingkah laku dalam memutuskan hal-hal yang harus dilakukan, dihindari atau ditentang.

Hal ini membuat norma kesusilaan bersifat universal dan dilakukan oleh semua manusia, penyebab terjadinya hal ini juga dipengaruhi filosofi norma kesusilaan yang berasal dari hati nurani manusia.

Namun, tak jarang norma ini dapat terselesaikan dengan jalan minta maaf dan bersikap tidak akan mengulangi kesalahan lagi.

Sanksi melanggar norma kesusilaan

Norma adalah aturan yang ada dalam masyarakat, jika ada yang melanggar peraturan tersebut tentunya akan dikenakan sanksi ataupun hukuman.

Masyarakat yang majemuk terkadang menciptakan pandangan yang berbeda-beda terhadap batas norma kesusilaannya masing-masing.

Jenis sanksi yang dikenakan pada setiap norma berbeda-beda, tergantung dari seberapa berat atau peraturan yang langgar, dan seberapa kuat norma tersebut diberlakukan dalam masyarakat.

Pada kasus pelanggaran norma kesusilaan adapun sanksi yang didapat ketika melanggar norma ini adalah di antaranya rasa bersalah dan penyesalan mendalam bagi pelanggarnya.

Selain penyesalan dan rasa bersalah, tak jarang seorang yang melanggar norma kesusilaan juga mendapatkan sanksi berupa kecaman, sindiran, dan prasangka yang tidak baik dari masyarakat setempat.

Ciri-ciri

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu norma kesusilaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bersumber dari hati nurani manusia
  • Bersifat lokal di suatu masyarakat tertentu
  • Dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi di masyarakat tersebut
  • Sanksi dari norma ini bersifat individu, seperti dikucilkan dari masyarakaat, merasa malu, atau penyesalan secara batiniah.

Contoh norma kesusilaan

Sedangakan contoh dari norma kesusilaan adalah sebagai berikut contoh dari norma kesusilaan yang banyak kita temui masyarakat atau di wilayah Indonesia.

  • Jujur dalam perkataan dan perbuatan
  • Menghormati sesama manusia
  • Membantu orang lain yang membutuhkan
  • Tidak mengganggu kenyamanan orang lain
  • Mengembalikan hutang atau pinjaman dari orang lain
  • Tidak mencuri barang milik orang lain
  • Berpakaian sesuai dengan tempat dan situasi
Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*