Cara Mengusir Lalat Efektif dan Mudah Dibuat

cara mengusir lalat
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara mengusir lalat dapat dilakukan dengan lem perekat ataupun bahan alami berikut ini. Mudah, murah, efektif, dan tidak beracun. Efektif mengusir lalat buah, lalat rumah dan kamar mandi dan sebagainya.

Lalat dianggap hewan yang menyebarkan kuman bakal penyakit, pakai cara mengusir lalat di siang hari supaya terhindar dari kuman tersebut.

Beberapa yang akan kami bahas untuk kamu menggunakan teknik alami dan perangkap lalat. Cara mendapatkan perangkap tersebut cukup mudah, sudah banyak toko kelontong yang menjualnya.

Cara Mengusir Lalat Siang Hari Pakai Perangkap

Perangkap lalat terbuat dari kertas berukuran persegi. Kertas tersebut mulanya terlipat. Untuk menggunakannya, buka kertas dan letakkan bagian perekat di atas.

Perangkap lalat disebut juga sebagai lem lalat, harganya pun sangat ekonomis. Mulai dari Rp 1000 saja kamu sudah bisa membelinya.

cara mengusir lalat

Taruh dua, tiga, atau secukupnya perangkap lem lalat di tempat-tempat strategis. Seperti dapur, warung, meja makan, dan sebagainya.

Dengan begitu lalat yang hinggap pada bagian lem, tidak akan bisa melarikan diri. Setelah dirasa cukup, lipat kembali perangkap lalat pada posisi semula. Buang di tempat sampah dan kamu sudah mendapatkan ruangan bebas lalat.

Dalam penggunaannya, kami menyarankan supaya kamu meletakkan di tempat yang benar-benar pas. Sebab kalau hewan peliharaan menginjaknya, kucing misalnya, maka akan sulit melepaskannya. Nah, berhati-hatilah memakai perangkap lalat lem kertas ini.

Cara Mengusir Lalat Pakai Kipas Angin

Berbeda dengan membunuh lalat yang akan membuat lantai kamu kotor. Mengusir lalat untuk tidak datang kembali lebih efisien. Kamu cukup menyiapkan kipas angin di tempat tertentu. Alasannya mudah saja, lalat akan kesulitan terbang jika keadaan angin berembus cukup kencang.

Baca juga:  10 Merek Laptop Terbaik untuk Bekerja, Game, Kuliah dsb [TERBARU]

Mereka akan mencari tempat di mana makanan tersaji. Tentunya dengan embusan angin yang stabil. Jangan biarkan makanan atau benda yang kamu sayangi dihinggapi lalat; kita tidak tahu lalat tersebut  sebelumnya hinggap di mana. Membawa bakteri apa, dan lainnya.

Mengusir Lalat dengan Bahan Alami

Mengusir lalat di kandang sapi tentu dapat dilakukan secara langsung tanpa bingung membersihkannya. Kamu bisa memakai racun serangga semprot yang khusus untuk mengusir lalat tersebut.

Berbeda lagi jika lalat berada di dalam ruangan. Cara mengusirnya bisa memakai bahan alami seperti daun pandan, bawang putih, bahkan garam!

1. Mengusir Lalat Pakai Daun Pandan

Aroma yang dikeluarkan oleh daun pandan terbukti membuat gerombolan lalat porak poranda. Semua lalat akan berpindah ke tempat lain yang tidak terjangkau aroma tersebut. Kamu bisa menggunakan bahan daun pandan ini untuk melakukannya.

Caranya dengan menggerus atau mengiris kecil beberapa helai daun pandan. Kemudian meletakkan gerusan atau irisan tersebut ke dalam wadah terbuka.

Kemudian letakkan di tempat yang banyak gerombolan lalatnya. Ganti racikan tersebut kalau dirasa lalat kembali menyerang kedamaian dan ketenangan kita.

2. Menggunakan Daun Kemangi

Kalau daun pandan sulit dijumpai di tempat kamu, gunakan daun kemangi. Tentunya cara meracik berbeda, kamu cukup memasukkan daun kemangi ke dalam wadah berisi air putih (bersih).

Letakkan pada tempat strategis sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya. Ganti air dan daun kemangi beberapa hari kalau aroma dan segarnya sudah memudar.

Sebenarnya cara mengusir lalat menggunakan garam dan bawang putih bisa dilakukan. Namun, setelah menggunakan teknik tersebut, kamu harus membersihkan sisa garam atau bangkai lalat yang rontok ke lantai.

Jika pakai garam mesti menaburkan pada tempat tertentu, sedangkan menggunakan bawang putih konsepnya seperti penyemprot serangga.

Baca juga:  10 Situs Translator atau Penerjemah Bahasa Inggris Lengkap Akurat

3. Menggunakan Bunga Lavender

Selain untuk mengusir nyamuk, mempercantik ruangan, menyebarkan aroma wangi. Nyatanya cara mengusir lalat yang bersih tanpa sisa adalah menggunakan bunga lavender.

Bunga jenis ini dapat kamu jumpai di toko bunga sekitar rumah. Kalau tidak ada jangan khawatir, sebab lavender dijual bebas di marketplace online.

Tidak ada salahnya memelihara bunga lavender di pekarangan rumah. Apalagi kalau kamu suka berkebun dan pecinta bunga. Kalau sudah berbunga, pindahkan ke dalam rumah agar nyamuk dan lalat menjauh. Selain itu aroma yang wangi menyeluruh dalam ruangan kamu.

Itulah beberapa cara mengusir lalat efektif yang digunakan sampai sekarang.

Rate this
Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply