Penyebab dan Cara Menghilangkan Karang Gigi

ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghilangkan karang gigi umumnya dengan ke dokter gigi, namun cara berikut dapa mengatasi karang gigi secara alami.

Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi merupakan kewajiban bagi setiap orang. Jika hal satu ini tidak dirawat, maka akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan mulut salah satunya adalah munculnya karang gigi.

Karang gigi, dalam istilah kedokteran disebut sebagai kalkulus gigi, adalah sebuah timbunan sisa-sisa makanan atau plak yang mengeras pada gigi.

Lazimnya, orang membersihkan karang gigi ke dokter gigi. Nah, jika enggan berkunjung ke dokter gigi, yuk simak ulasan berikut untuk mengatasi karang gigi dari rumah.

Penyebab Karang Gigi

Karang gigi muncul akibat sisa-sisa makanan yang tertinggal dan tidak segera dibersihkan. Lama kemudian, sisa makanan tersebut akan menumpuk. Dengan bantuan air liur yang mengandung mineral, tumpukan makanan tersebut akhirnya mengeras dan terbentuklah karang gigi.

Munculnya karang gigi dapat menyebabkan seseorang tidak percaya diri dengan giginya karena gigi terlihat kuning, lengket, dan nafas yang bau.

Pada umumnya, karang gigi muncuk di area bawah gigi mengenai gusi. Hal ini karena sisa makanan mengumpul di daerah ini dan akhirnya menumpuk menjadi plak gigi. Karang gigi yang tidak segera diatasi akan berkembang meluas dan menyebabkan area gusi mengalami iritasi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Terdapat banyak cara alternatif untuk menghilangkan karang gigi. Diantaranya adalah sebagai beirkut.

1. Membersihkan dengan Benang (Flossing)

Menyikat gigi merupakan kegiatan membersihkan gigi. Namun, pada prakteknya sikat gigi tidak cukup mampu untuk menjangkau bagian terdalam terutama di sela-sela gigi. Oleh karena itu, membersihkan karang di sela-sela gigi dapat efektif dilakukan dengan menggunakan benang (dental floss).

Caranya yaitu dengan menggesek benang di sel-sela gigi secara perlahan sebagaimana terlihat pada gambar. Upayakan menghindari gesekan benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras. Karena, hal tersebut dapat melukai gusi hingga menyebabkan gusi berdarah.

2. Rajin Membersihkan Lidah

Lidah merupakan tempat bersarangnya berbagai bakteri di mulut. Jadi, jika tidak ingin bakteri ini bertumpuk di gigi lalu menyebabkan karang gigi, mulai sekarang rajin-rajinlah untuk membersihkan lidah Anda.

Campuran dari air liur dan bakteri membentuk plak diatas permukaan lidah yang tidak bisa langsung dihilangkan dengan air atau obat kumur. Maka dari itulah, cara terbaik untuk menghilangkan plak menempel di permukaan lidah adalah dengan cara rajin menyikat lidah.

Beberapa sikat gigi yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan tekstur penggosok lidah di bagian punggung. Jika tidak, Anda bisa mencoba untuk mendapatkan alat khusus gosok lidah di supermarket terdekat.

Cara membersihkan lidah dengan penggosok cukup mudah. Cobalah menggosok lidah mulai dari pangkal paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Sebaiknya hindari menggosok lidah bolak-balik. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali hingga lidah terasa benar-benar bersih, lalu kemudian bersihkan mulut dengan berkumur.

3. Sikat Gigi dengan Baking Soda

Baking soda sering digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Hal ini lantaran baking soda mampu membantu menghilangkan plak dan memutihkan gigi dengan cepat. Tak hanya itu, baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih karang gigi yang sudah mengeras.

Cara menggunakan baking soda cukup mudah. Ambil satu sendok makan baking soda, lalu tambahkan sedikit garam kemudian aduk rata. Selanjutnya, celupkan sikat gigi yang sudah dibasahi ke dalam campuran baking soda tersebut. Mulailah menyikat gigi selama kurang lebih 2 menit lalu berkumur. Jika dilakukan dengan rutin maka hasilnya akan maksimal.

5. Menggosok Gigi dengan Kulit Jeruk

https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih

Kulit jeruk ternyata sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Di dalam kulit jeruk terkandung senyawa antibakteri yang sangat baik untuk membantu mencegah pembentukan plak pada gigi dan gigi berlubang. Kulit jeruk juga mengandung fosfor dan kalium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi, kulit jeruk juga dapat membantu memutihkan gigi sebab terdapat kandungan senyawa limonene. Senyawa ini melarutkan kotoran yang menempel pada permukaan gigi, sehingga gigi tampak lebih cerah.

Cara membersihkan gigi dengan kulit jeruk sangat mudah. Bersihkan terlebih dahulu kulit jeruk lalu gosokkan langsung pada gigi hingga merata. Setelah digosok merata, jangan langsung berkumur, tapi dibiarkan semalaman hingga pagi hari baru boleh berkumur. Lakukan setia hari menjelang tidur untuk hasil maksimal

6. Daun Sirih

cara menghilangkan karang gigi

Daun sirih memiliki kandungan antibakteri yang tinggi. Oleh karena itu, daun sirih sangat baik digunakan untuk mencegah timbulnya plak pada gigi sehingga dapat membantu mencegah timbulnya karang gigi.

Cukup ambil selembar daun sirih dan tambahkan 1 batang cengkeh. Haluskan sampi setengah halus lalu kunyah.

7. Konsumsi Vitamin C

cara menghilangkan karang gigi

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Hal ini lantaran vitamin C dapat berfungsi sebagai anti bakteri yang mampu mencegah terjadinya infeksi atau peradangan di mulut. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi vitamin C secara rutin mampu membantu mencegah timbulnya karang gigi.

Untuk membersihkan gigi dari karang gigi, cukup campurkan vitamin C dengan pasta gigi untuk membersihkan gigi.

8. Rajin Minum Air Putih

cara menghilangkan karang gigi

Rajin meminum air putih dapat mengurangi karang gigi lho. Kegiatan meminum air putih dapat membantu menjaga ketersediaan air liur dalam mulut.

Air liur berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut. Selain itu air liur juga dapat meluruhkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi. Enzim yang terkandung dalam air liur juga dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.

9. Konsumsi Buah dan Sayuran

Semua orang sudah mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, demikian pula untuk mulut.

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya cukup dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.


Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan karang pada gigi. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait