Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung dengan Efektif

cara menghilangkan jerawat di punggung
ilustrasi oleh dribbble.vcom

Cara menghilangkan jerawat di punggung terbilang cukup sederhana serta terdapat berbagai macam bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat punggung.

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, melainkan bisa tumbuh diarea tubuh lain salah satunya di punggung. Jerawat punggung kadang tidak disadari karena tidak mudah terlihat. Namun seperti jerawat pada umumnya, jerawat punggung bisa terasa sakit.

Meskipun tidak menular, kondisi ini cukup mengganggu terlebih lagi ketika kita hendak keluar ke tempat yang mengharuskan kita membuka baju. Hal ini terkadang membuat kita tidak percaya diri.

Namun tidak usah khawatir, kali ini kita akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat punggung.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jerawat punggung dapat diatasi dengan beberapa bahan alamiah. Berikut beberapa tips cara menghilangkan jerawat punggung.

Cuka Apel

cara menghilangkan jerawat di punggung

Cuka apel dikenal baik sebagai perawatan kulit, termasuk menghilangkan masalah jerawat. Karena cuka apel mengandung antiinflamasi dan anti bakteri yang dapat menghambat peradangan dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan satu gelas air. Lalu usapkan pada punggung yang berjerawat. Tunggu 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Madu

cara menghilangkan jerawat di punggung 2

Madu mengandung antibiotik alami yang biasa digunakan untuk pengobatan luar. Caranya yaitu oleskan madu alami langsung pada daerah yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kamu juga bisa mencmapurkan madu dengan setengah sendok teh bubuk kayu. Campuran tersebut kemudian dioleskan pada punggung yang berjerawat. Setelah 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga:  Estetika Adalah: Pengertian menurut ahli, fungsi dan contohnya

Lidah Buaya

cara menghilangkan jerawat di punggung aloe

Lidah buaya juga terkenal sebagai pelembab alami sehingga cocok untuk kulit sensitif yang mengalami peradangan dan bersifat antioksidan. Gel alami yang terkandung dalam lidah buaya juga bisa membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu di punggung.

Caranya yaitu dengan mengambil ekstrak gel lidah buaya lalu oleskan pada jerawat punggung. Kamu juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan setengah sendok teh madu alami dan sedikit bubuk kunyit.

Teh Hijau

teh 3

Teh hijau sudah terkenal akan kemampuannya untuk membasmi jerawat karena teh hijau mengandung  senyawa katekin yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Kamu juga bisa mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat dengan teh hijau ini.

Caranya yaitu dengan mencampurkan seperempat teh hijau dengan air hangat. Lalu celupkan bola kapas ke dalam larutan dan oleskan pada area berjerawat. Diamkan selama 10 menit kemudian bilang dengan air dingin.

Tea Tree Oil

cara menghilangkan jerawat punggung tree oil

Tea tree oil adalah minyak dari pohon teh yang biasa digunakan sebagai minyak esensial. Mengandung antiseptik dan dan antiinflamasi alami yang dapat membantu mengobati jerawat. Caranya cukup oleskan saja tea tree oil pada jerawat. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Lemon

Cara menghilangkan jerawat di punggung lemon

Lemon mengandung banyak asam L-askorbat yang dapat membantu menyingkirkan jerawat. Buah ini juga dikenal mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara menggunakannya yaitu dengan membelah buah lemon menjadi dua bagian. Kemudian gosok langsung pada daerah berjerawat. Tunggu 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Sabun Khusus Jerawat

sabun

Gunakan sabun yang mengandung asam salisilat atau benoil peroksida. Karena kedua bahan tersebut ampuh dalam mengontrol minyak berlebih sehingga dapat mengurangi pertumbuhan jerawat punggung. Gunakan dosis yang rendah.

Baca juga:  Visi - Misi: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Obat Jerawat

jerawat

Kamu bisa menemukan berbagai jenis obat jerawat di apotik tanpa perlu resep dokter. Contohnya seperti benzoil peroksida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat . Antibiotik oral untuk jerawat yang cukup parah. Hingga obat minum yang mengandung isotretinoin.

Ada juga obat jerawat yang berbentuk salep atau krim. Bila merasa kesuitan mengoleskannya dipunggung, mintalah bantuan orang lain namun tetap memperhatikan higenitas.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung. Semoga bermanfaat!

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.