5 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan yang Dapat Kamu Lakukan

cara memperingati hari kemerdekaan
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara memperingati Hari Kemerdekaan yaitu memasang bendera merah putih, mengadakan lomba tujuh belasan, dan lain sebagainya.

Hari kemerdekaan Republik Indonesia atau hari ulang tahun RI adalah hari yang sangat spesial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya spesial, hari ini juga menjadi hari bersejarah karena merupakan puncak kebangkitan bangsa dimana hari itu kita terbebas dari segala macam penjajahan dan ketidakadilan dari bangsa-bangsa lain sehingga setiap tahun tanggal 17 Agustus selalu memperingatinya.

Meskipun, sekarang kita sudah merdeka dan tidak dihadapkan dengan penjajahan lagi masih banyak masalah-masalah negara yang harus diselesaikan.

Kata yang sering terucap adalah walaupun kita sudah merdeka, tapi kita belum benar-benar merdeka karena masih ada PR yang belum selesai seperti masalah kemiskinan, pendidikan yang tidak merata, kesehatan yang mahal dan masih banyak lagi. Terlepas dari itu semua, adapun hal unik dan menarik yang bisa kita lakukan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Semua rakyat bergembira saat merayakan HUT RI, mulai dari melakukan upacara bendera hingga asyik mengikuti perlombaan 17 Agustusan yang meriah. Selalu ada hal unik yang bisa dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan.

Nah, berikut kami beri rekomendasi 5 cara memperingati hari kemerdekaan yang dapat kamu lakukan.

1. Memasang Bendera Merah Putih

 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan

Sebulan penuh dari dari awal bulan agustus, kita memasang bendera merah putih didepan rumah sebagai tanda memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan menghargai jasa perjuangan para pahlawan.

2. Lomba 17 Agustusan

Berbagai macam lomba diadakan untuk memeriahkan acara HUT RI dan lomba-lomba hanya diadakan ketika moment perayaan kemerdekaan saja seperti lomba panjat pinang, makan kerupuk dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Rumus Segitiga Pascal [LENGKAP] Beserta Contoh Soalnya

Selain memperingai hari kemerdekaan, adanya lomba ini dapat menghibur masyarakat tidak hanya anak-anak, para orang tuapun terhibur. Lomba-lomba ini juga bisa membuat hubungan antar warga semakin dekat.

3. Upacara Bendera

 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan

Upara bendera di tanggal 17 agustus itu spesial, karena selain memperingati hari kemerdekaan memiliki beberapa makna seperti mengenang jasa perjuangan para pahlawan, memperkuat rasa persaudaraan, meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

4. Pasang Ornamen Kemerdekaan

pasang ornamen kemerdekaan

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan adalah memasang ornamen khas kemerdekaan. Biasanya ornamen ini menghiasi jalan baik di kota maupun desa, adapun rumah pribadi turut dihiasi dengan pernak-pernik kemerdekaan seperti lampu dan bervariasi bendera.

Hiasan khas kemerdekaan seperti memasang bendera merah putih di pinggir jalan, pengecatan gapura secara gotong royong, menghiasi jalan dengan lukisan dan memasang lampu kerlap-kerlip.

5. Doa bersama

 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan

Doa bersama biasa dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, yang bertujuan sebagai ucapan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Demikian, 5 cara yang dapat dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga Bermanfaat!

About Muhammad Mirza 109 Articles
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*