Loading Likes...

Kita semua tahu bahwa ikan adalah hewan air yang salah satu cara untuk mendapatkannya dengan memancing.

Mungkin diantara kamu ada yang hobi memancing atau ada pula yang tidak suka karena bosan menunggu umpan yang tak kunjung dimakan ikan, ditambah lagi ditemani teriknya matahari.

Namun tahukah kamu ada cara yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan banyak ikan saat memancing di hari yang panas?

Berikut cara dan penjelasannya.

Cukup lemparkan umpanmu sangat dalam hingga mendekati dasar laut,sungai,danau atau habitat ikan lainnya. Hal ini dikarenakan didalam air tempat tinggal ikan mengandung gas atau merupakan tempat kelarutan gas yaitu oksigen, kelarutan dalam hal ini merupakan banyaknya zat yang dapat larut secara maksimum dalam suatu pelarut dalam kondisi tertentu.

Jadi bila batas kelarutan tercapai, maka zat yang dilarutan itu dalam batas kesetimbangan. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi system kesetimbangan yaitu suhu,apabila suhu dinaikan maka reaksi akan bergeser kearah proses endoterm (menangkap energy).

Namun kelarutan gas seperti oksigen dalam air bersifat eksotermik (melepaskan energy/reaksi diruas kanan menghasikan energi dalam hal ini kalor) dengan reaksi : Gas + air à air + kalor. Sehingga untuk kesetimbangan ini saat suhu dinaikan kesetimbangan akan bergeser kekiri yaitu proses endoterm (menangkap energy) sehingga kelarutan gas akan semakin berkurang dan sebaliknya jika suhu diturunkan kelarutan gas akan semakin bertambah.

Oleh karena itu jika kita melemparkan umpan semakin dalam,sehinga semakin jauh dari paparan sinar matahari, otomatis suhu airpun lebih dingin. Dan semakin dingin atau rendahnya suhu air kelarutan gas dalam hal ini gas oksigen semakin banyak.

Kita semua tahu ikan menggunakan insang untuk bernafas menghirup oksigen di air, jadi semakin tinggi kadar oksigen dalam air semakin banyak pula ikan yang berada di air tersebut untuk bernafas dan peluang untuk mendapatkan ikanpun semakin besar. Dan sedikit tambahan, penjelasan ini jugalah yang menjawab pertanyaan mengapa saat memanaskan air dalam beker terdapat gelembung udara/oksigen yang terbentuk disisi kaca, dan mengapa air berkarbonasi atau biasa disebut air soda terasa lebih enak saat dingin.

 


Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa bergabung di Saintif dengan bergabung di Saintif Community


 

Referensi :

  • Chang,Raymond.2005.kimia dasar:konsep-konsep inti jilid 1.Jakarta:erlangga
  • Sukardjo,Pr.1997.Kimia Fisika.Yogyakarta : Rineka Cipta.
  • Atkins,PW.1999.Kimia fisika jilid III.Jakarta :Erlangga