Jenis-Jenis Bunga Aglonema beserta Tips Perawatannya + Gambar

bunga aglonema
Ilustrasi oleh dribbble.com

Bunga Aglonema atau sri rejeki adalah tanaman yang banyak sekali dicari oleh masyarakat Indonesia, mengapa tidak? Tanaman ini  dinilai dapat membuat pemiliknya semakin giat bekerja. Tapi itu hanya sebagian kecil kepercayaan masyarakat.

Faktanya, aglonema atau sri rejeki memang memiliki daun yang eksotik dan indah. Tak ayal tanaman ini menjadi incaran para pecinta tanaman hias. Tanaman ini juga dijuluki sebagai “ratu daun” karena keindahan corak nan eksotis pada daun-daun lebarnya.

Tanaman yang memiliki daun oval yang besar, ramping, dan mengkilap dengan batang pendek ini  tergolong mudah dirawat karena memiliki toleransi yang tinggi terhadap kelembaban dan sinar matahari yang rendah. Sehingga tanaman ini cocok untuk menjadi hiasan ruangan.

Tips Merawat Aglonema

Berikut ini tips merawat aglonema yang harus kamu tau !

  1. Pilih media tanam yang tepat, tanaman jenis aglonema ini membutuhkan komposisi tanah dengan tingkat pH netral atau berkisar 6-7. Untuk campurannya, gunakan kompos daun yang dapat dibuat dari sampah organik dan pasir dengan komposisi 3:1.
  2. Media tanam yang diperlukan aglonema tidak terlalu kering dan basah, sehingga dalam penyiraman  memerlukan perhatian khusus agar tidak terlalu basah/ kering. Penyiraman dapat dilakukan satu kali dalam sehari atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan dari media tanam. 
  1. Waktu pemupukan tanaman ini terbilang cukup lama jaraknya, yaitu 3 bulan sekali. Pastikan pupuk yang diberikan adalah pupuk khusus daun.
  1. Tanaman ini menyukai tempat dengan suhu dingin atau teduh, pastikan dalam peletakan tanaman ini di tempat yang teduh yaa
  1. Dalam merawat daun diperlukan alat khusus seperti sponge basah dan kering. Hal ini dibutuhkan agar keindahan daun aglonema tidak rusak dan kotor.

Cara Merawat Daun Aglaonema

Melapisi daun aglaonema dengan air
  • Basahi spons dengan air bersih.
  • Lap seluruh daun dengan spons tersebut.
  • Aglaonema akan terlihat lebih bersih mengkilat.
Melapisi daun aglaonema dengan susu:
  • Campur air dan susu bubuk.
  • Celupkan spons pada campuran tersebut.
  • Lap seluruh daun dengan spons tersebut.
  • Aglaonema akan tumbuh lebih subur setelah dilapisi dengan susu.
Melapisi daun aglaonema dengan ampas kelapa
  • Oles daun aglaonema lipstik dengan ampas kelapa.
  • Daun tanaman ini akan terlihat mengkilat dan tumbuh subur.

Hal yang harus diperhatikan: sebelum melapisi daun aglaonema dengan susu, aplikasikan fungisida pada daun aglaonema karena sisa susu biasanya mengandung bakteri.

Nah itu tadi cara merawat aglonema, sudah mulai tertarik untuk meminang tanaman ini untuk dijadikan tanaman hias? Tenang, aglonema memiliki banyak sekali jenis. Beberapa ini bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca juga:  Materi Usaha dan Energi: Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Usaha

Jenis-jenis Aglonema

Aglaonema Widuri

bunga aglonema
Gambar 1. Aglonema Widuri

Aglaonema Widuri merupakan jenis aglaonema yang sangat populer. Aglaonema ini memiliki warna daun hijau, kemerahan, dan kekuningan lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah.

Tulang daun bunga aglaonema widuri berwarna merah menyala yang indah. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya. Harga aglaonema widuri berada pada kisaran Rp 75 ribuan.

Aglaonema Bidadari

bunga aglonema
Gambar 2. Aglonema Bidadari

Jenis bunga aglonema bidadari ini termasuk golongan termahal. Kemahalannya terlihat dari kombinasi warnanya yang sangat cantik.

Terdiri dari warna kuning, jingga, pink, dan hijau disertai tangkai penopang berwarna merah muda dan pada ujungnya tumbuh bercak-bercak hijau.

Tidak heran bila julukan ‘bidadari’ menempel pada jenis tanaman hias ini karena daunnya yang cantik layaknya bidadari. Kisaran harga tanaman ini mulai dari Rp. 100 ribuan.

Aglaonema Moonlight

Gambar 3. Aglonema Moonlight

Jenis aglaonema yang satu ini adalah yang terbaik di Indonesia. Bentuk daunnya bulat besar membentuk layaknya mangkuk. Warnanya pun sangat cantik dan memberikan kesan kecerahan di rumah kamu.

Tulang daun dari aglaonema moonlight berwarna merah dan sangat nyata bila dilihat dari dekat. Biasanya, jenis ini dihargai mulai dari Rp100 ribuan untuk ukuran yang sedang.

Aglaonema Pride of Sumatra

bunga aglonema
Gambar 4. Aglonema Red Sumatra

Jenis aglaonema ini ditemukan di Sumatera dan menjadi tanaman hias mahal sejak 1993.

Daunnya memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Pada daunnya terdapat bercak kekuningan yang indah. Tanaman berukuran kecil saja bisa dibanderol mulai dari Rp 50 ribu.

Aglonema Anyamanee

bunga aglonema
Gambar 5. Aglonema Anyamanee

Varietas ini termasuk dalam aglonema mahal yang merupakan hasil pengembangan oleh pembudidayaan tanaman hias asal Thailand di tahun 2019.

Keindahannya terletak pada daun yang lebar serta terdiri dari tiga warna yaitu, merah, hijau dan putih. Jenis ini sangat eksklusif dan jumlahnya terbatas.

Harga jual tanaman indukannya mencapai puluhan juta rupiah sedangkan harga bibitnya sekitar Rp300 ribuan.

Aglaonema Lipstik/Siam Aurora

bunga aglonema
Gambar 6. Aglonema Lipstik Siam Aurora

Aglaonema lipstik siam aurora memiliki warna merah atau merah muda para pinggirnya, layaknya lipstik.

Aglaonema lipstik siam aurora memiliki harga yang lebih terjangkau, yaitu kisaran Rp25.000-Rp250.000.

Baca juga:  1 rim berapa lembar? Ini pembahasannya

Aglonema Claudia

Gambar 7. Aglonema Claudia

Berbeda dengan aglonema sebelumnya, tipe ini punya warna hijau pucat dan tulang daun merah muda.

Namun, semua daunnya akan tumbuh dengan teratur. Aglaonema ini juga cukup mudah dirawat dengan penyiraman dan pemupukan secara rutin.

Aglonema Claudia ini berasal dari Thailand dan biasanya diletakkan dekat dengan jendela rumah. Harganya ada di kisaran Rp.135 ribuan untuk ukuran sedang.

Aglaonema Cinta

Gambar 8. Aglonema Cinta

Jenis aglaonema ini dinamakan cinta karena bentuknya yang menyerupai hati. Tak jarang, orang menjadikan tanaman ini sebagai bentuk kasih sayang. Aglaonema cinta memiliki warna daun dengan perpaduan warna merah muda, kuning, dan hijau, serta sedikit oren. Aglaonema cinta memiliki harga pada kisaran Rp 150 ribuan.

Aglaonema Harlequin

Gambar 9. Aglonema Harleyqueen

Jenis aglaonema ini akan menyesuaikan warna daunnya sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima.

Semakin banyak terkena cahaya matahari, maka warna dari daun aglaonema ini akan berubah menjadi kuning cerah yang sedap untuk dipandang.

Warnanya bisa terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan orange. Harga aglaonema juga cukup bersaing, berkisar pada Rp 150 ribu sampai jutaan rupiah.

Aglaonema modestum

Gambar 10. Aglonema Modestum

Jenis aglaonema ini termasuk dalam tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas udara.

Bunga aglonema modestum memiliki daun berwarna hijau keputihan yang berasal dari batang utamanya.

Tidak sulit mendapatkan jenis tanaman ini. Harga Aglaonema modestum berada pada kisaran Rp 35 ribuan.

Aglaonema nitidum

Gambar 11. Aglonema Nitidium

Jenis aglaonema ini memiliki warna daun hijau gelap dan cukup mampu tumbuh di ruangan yang minim akan cahaya.

Tak seperti aglaonema lainnya, aglaonema nitidum tidak memiliki bercak atau motif pada daunnya.

Jenis aglaonema satu ini juga termasuk jenis yang sangat terjangkau. Aglaonema nitidum dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan.

Bunga aglonema Red Ruby

bunga aglonema
Gambar 12. Aglonema Red Ruby

Tanaman hias yang satu ini punya umur panjang karena bisa hidup bertahun-tahun. Kamu hanya butuh merawatnya dengan baik dan menjaga kesegaran daunnya. Tanaman ini juga banyak dicari karena kecantikan daunnya.

Daunnya berwarna perpaduan merah dan hijau layaknya sebuah gradasi yang indah. Banderol tanaman hias ini bisa mencapai Rp 90 ribuan dan mungkin bisa lebih mahal lagi.

Referensi

  • 99.co