A password will be e-mailed to you.

Ternyata blower pengering tangan di toilet rumah sakit menyebarkan lebih banyak kuman daripada tisu kertas sekali pakai, begitu kata para peneliti.

Ditulis dalam Journal of Hospital Infection, mereka berpendapat bahwa panduan resmi tentang cara mencegah kontaminasi bakteri di bangunan rumah sakit perlu diperkuat.

Pada saat ini, panduan Departemen Kesehatan resmi mengatakan pengering udara dapat ditempatkan di toilet di area umum rumah sakit tetapi tidak di area klinis, bukan karena risiko untuk kontaminasi silang tetapi karena mereka berisik.

Mark Wilcox, Profesor Mikrobiologi Medis di Universitas Leeds yang mengawasi studi internasional, mengatakan bahwa tim perlu fokus pada risiko infeksi oleh bakteri sebagai bukti baru..

Studi baru melihat penyebaran bakteri di lingkungan dunia nyata, di dua toilet di masing-masing dari tiga rumah sakit, yang berada di Inggris, Prancis dan Italia, masing-masing toilet memiliki dispenser tisu kertas dan blower pengering, tetapi hanya satu saja yang digunakan pada hari tertentu.

Profesor Wilcox berkata: “Masalahnya dimulai karena beberapa orang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Ketika orang menggunakan blower pengering, mikroba diledakkan dan menyebar di sekitar ruang toilet. Akibatnya, pengering menciptakan aerosol yang mengotori ruang toilet , termasuk pengering itu sendiri dan berpotensi tenggelam, di lantai dan permukaan lainnya, tergantung pada desain pengering dan di mana itu diletakkan. Jika orang menyentuh permukaan tersebut, mereka berisiko terkontaminasi oleh bakteri atau virus.”

Gambar terkait

Blower pengering mengandalkan teknologi tanpa sentuhan untuk memulai pengeringan tangan. Namun, tisu kertas menyerap air dan mikroba di tangan dan jika dibuang dengan benar, maka potensi kontaminasi silang lebih kecil.

Penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Universitas Leeds dan Leeds Teaching Hospitals Trust, adalah yang terbesar untuk menyelidiki apakah cara orang mengeringkan tangan mereka berdampak pada penyebaran bakteri.

Penelitian ini mengikuti studi berbasis laboratorium sebelumnya yang dipimpin oleh tim yang sama, yang menemukan bahwa alat blower pengering tangan jauh lebih buruk daripada tisu kertas atau pengering tangan udara hangat tradisional ketika menyebarkan kuman.

Rumah sakit yang digunakan dalam penelitian ini adalah Leeds General Infirmary di Yorkshire, rumah sakit Saint Antoine (Bantuan Publique-Hôpitaux de Paris) di Perancis, dan Rumah Sakit Udine di Italia. Pada setiap hari, lebih dari 12 minggu, tingkat kontaminasi bakteri di toilet diukur, membuat perbandingan ketika tisu kertas atau blower pengering digunakan. Sampel diambil dari lantai, udara dan permukaan di masing-masing toilet.

Bakteri target utama adalah:

• Staphylococcus aureus : bertanggung jawab untuk berbagai kondisi dari infeksi kulit dan luka ringan hingga septicemia yang mengancam jiwa.
    • Enterococci: bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang sulit diobati, termasuk pada pasien immunocompromised.
    • Enterobacteria: termasuk Escherichia coli . Bakteri ini menyebabkan berbagai macam infeksi, termasuk gastroenteritis, pneumonia dan septikemia.

Di tiga rumah sakit, jumlah bakteri secara signifikan lebih tinggi di toilet pada hari-hari yang menggunakan blower pengering tangan.

Di Leeds dan Paris, setidaknya lima kali lebih banyak bakteri ditemukan dari lantai ketika blower digunakan, dibandingkan dengan tisu kertas.

Di Leeds, Staphylococcus aureus (termasuk MRSA) ditemukan tiga kali lebih sering dan dalam jumlah yang lebih tinggi pada permukaan blower dibandingkan dengan dispenser tisu kertas. Secara signifikan lebih banyak bakteri resisten enterococci dan multidrug yang ditemukan baik dari lantai atau debu toilet ketika blower pengering tangan digunakan daripada tisu kertas.

Di Italia, para peneliti menemukan secara signifikan lebih sedikit bakteri pada permukaan dispenser tisu kertas dibandingkan dengan blower pengering, meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan di lantai.

Profesor Wilcox mengatakan: “Kami menemukan beberapa contoh kontaminasi bakteri yang lebih besar pada permukaan, termasuk oleh bakteri tahan tinja dan antibiotik, ketika blower digunakan. Pilihan metode pengeringan tangan mempengaruhi bagaimana kemungkinan mikroba dapat menyebar, dan mungkin risiko infeksi. “

Frédéric Barbut, Profesor Mikrobiologi di Saint Antoine (Assistance Publique-Hôpitaux de Paris), mengatakan: “Kontaminasi lingkungan yang lebih tinggi diamati ketika menggunakan blower pengering dibandingkan dengan tisu kertas, itu meningkatkan risiko kontaminasi silang.”

“Hasil ini mengkonfirmasi temuan berbasis laboratorium sebelumnya dan mendukung pedoman Prancis baru-baru ini mengenai kebersihan tangan, yang enggan menggunakan blower pengering di bangsal klinis,” tambahnya.

Penelitian untuk memeriksa tingkat kontaminasi lingkungan oleh bakteri patogen potensial, termasuk bakteri resisten antibiotik, di kamar kecil rumah sakit menurut metode pengeringan tangan ini diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection pada 7 September.

Sumber :  University of Leeds