Biodata Anggota BTS: Profil, Tanggal Lahir + Fakta Menariknya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Berikut rangkuman biodata anggota BTS JIN, SUGA, J-HOPE, RM, Jimin, V, dan Jungkook. Mulai dari nama lengkap hingga fakta-fakta menariknya.

BTS atau Bangtan Boys merupakan salah satu idol group asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada tanggal 13 Juni 2013 dengan single yang berjudul No More Dream.

Idol group ini berada di bawah naungan dari agensi Big Hit Entertaiment. Bangtan Boys memiliki anggota sebanyak 7 orang, yaitu RM, Jungkook, Jin, Suga, V, J-Hope, dan Jimin. Semua member mempunyai keunikan. Di sini kamu akan membaca biodata member BTS lengkap

Grup ini dikenal dengan basis penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Fandomnya diberi julukan ARMY yang memiliki kepanjangan Adorable Representative MC for Youth.

Setiap harinya, jumlah fans dari BTS semakin banyak karena popularitasnya juga semakin dikenal secara luas. Agar bisa menjadi ARMY yang baik, lebih baik buat kamu tahu biodata dari semua member, yuk kenalan dengan BTS.

Biodata RM BTS

Nama Asli           : Kim Nam Joon
TTL            : Ilsan, Korea Selatan, 12 September 1994
Tinggi Badan     : 181 cm
Berat Badan       : 67 kg
Posisi                    : Leader, Rapper
Agama                  : Atheis

Kim Nam Joon atau yang memiliki nama panggung RM ini lebih dulu dikenal dengan sebutan Rap Monster. Namun, kini hanya lebih sering dipanggil dengan nama RM BTS.

Dia merupakan leader sekaligus main rapper dari BTS. Walaupun RM bukan member tertua, namun ia dipercaya untuk mejadi seorang leader di boy group Bangtan Boys ini.

Membert BTS ini merupakan seorang yang pandai menulis lagu sekaligus menjadi seorang produser. Ia merupakan anak laki-laki satu-satunya dalam keluarga dan memiliki seorang adik perempuan yang bernama Kim Geong min.

RM dikenal sebagai salah satu idol yang jenius. Idol ini memiliki IQ 149 dan mendapatkan skor TOEIC dengan skor 900. Ia sangat ahli dan fasih dalam menggunakan bahasa Inggris.

RM saat ini masuk ke dalam jajaran Best Rappers yang ada di Korea bersama dengan rapper terbaik lainnya. Ia adalah leader yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan bisa menjaga kekompakan kelompoknya.

Biodata JUNGKOOK BTS

Biodata JUNGKOOK BTS

Nama Asli          : Jeon Jeong Guk
TTL            : Busan, Korea Selatan, 1 September 1997
Tinggi Badan    : 178 cm
Berat Badan     : 66 kg
Posisi                  : Main Vocalist, Sub Rapper, Lead Dancer, dan Maknae
Agama               : Non Religius

Biodata member BTS selanjutnya adalah Jungkook. Saat dirinya berlum tergabung bersama boy group BTS, Jungkook yang masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3.

Namun, ia gagal saat audisi tersebut. Meski begitu, audisi tersebut menjadi jalan pembuka bagi dirinya, ia ternyata telah diincar oleh beberapa agensi yang berbeda dan salah satuya adalah Big Hit Entertainment

Pda tahun 2011, akhirnya Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment. Di tahun 2012, Big Hit mengirim Jungkook ke Los Angeles untuk belajar menari. Skill dance Jungkook pernah mendapat pujian dari salah satu dancer asal Amerika yang terkenal yaitu Kyle Hanagami.

Setelah menjalani masa trainee di LA, Jungkook resmi debut dengan 6 member yang lainnya dalam boy group Bangtan Boys. Pada saat itu, Jungkook adalah member termuda di Korea karena ia debut saat umurnya di bawah standar untuk debut menjadi seorang idol.

Member BTS yang satu ini mengidolakan G-Dragon Bigbang yang merupakan senior boy group Korea. Ia memiliki hobi menggambar, menari, dan bermain skateboard.

Makanan favorit Jungkook yaitu belut laut, pork soup rice, dan sashimi. Jungkook merupakan maknae yang berbakat sehingga dirinya dijuluki sebagai Golden Maknae.

Fun fact tentang Jungkook, ia adalah member BTS paling jorok dan memiliki kamar yang paling berantakan. Jungkook dinilai oleh member lain, sebagai maknae yang tidak patuh dengan member lain yang lebih tua darinya.

Biodata V BTS

Biodata V BTS

Nama Asli            : Kim Tae Hyung
TTL             : Daegu, Korea Selatan, 30 Desember 1995
Tinggi Badan      : 178 cm
Berat Badan        : 58 kg
Agama                  : Kristen
Posisi                  : Vocalist

Member selanjutnya memiliki nama panggung V, pindah dari daerah kelahirannya ke Geochang dan tumbuh besar di sana, sebelum akhirnya pindah ke Seoul.

Ia memiliki dua orang adik, satu orang perempuan dan laki-laki. V bersekolah di Korea Arts School. Sebelum debut dengan BTS, V dulu merupakan seorang namja ulzzang.

Diantara member BTS lan, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh, namun juga dianggap sebagai member yang paling misterius. Ia menyukai segala hal yang unik dan mempunyai hobi mendengarkan musik yang tidak didengarkan oleh orang lain. Dia suka mencari lagu bagus yang jarang diketahui oleh orang lain.

V juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki kepribadian 4D. istilah ini merupakan terkenal di kalangan orang Korea, sebagai seorang yang memiliki kepribadian yang tidak terduga.

Kadang ia bisa tiba-tiba berteriak, di lain hal kadang menampilkan ekspresi wajah aneh di depan kamenra, dan bisa menari heboh saat orang lain terdiam.

Ia sering mendapat julukan Blank Tae, karena ekspresi wajahnya yang selalu kosong atau blank. Selain pandai bernyanyi, V memiliki kemampuan dalam berakting. Pada tahun 2016 yang lalu, V turut memerankan sebuah drama korea dengan judul Hwarang: The Beginning, dan berperan sebagai Hansung.

Ia lolos dalam audisi Big Hit Entertainment di Daegu tanpa disangka-sangka. V merupakan salah satu member BTS yang memiliki penggemar wanita paling banyak.

Member BTS yang lain setuju, bahwa member yang mempunyai fans terbanyak adalah Jimin dan V. V sangat menukai anime seperti Jin, makanya mereka akan sangat cocok saat berbincang mengenai anime.

Biodata JIMIN BTS

Biodata JIMIN BTS

Nama Asli              : Park Ji Min
TTL             : Busan, Korea Selatan, 13 Oktober 1995
Tinggi Badan         : 175 cm
Berat Badan          : 61 kg
Posisi                     : Lead Vocalist dan Main Dancer
Agama                     : Non Religius

Park Ji Min atau yang biasa dikenal sebagai Jimin, memiliki beberapa nama panggilan akrab bagi penggemar. Ia sering dipanggil dengan Chim Chim, Dolly, atau Park Jimine.

Jimin merupakan seseorang yang sangat mengidolakan BIGBANG, terutama Taeyang, Jimin sangat menyukai lagu-lagu Taeyang. Ia bersekolah di sekolah seni Busan dan mengambil jurusan Modern Dance. Di sekolah lah, Jimin mulai belajar untuk menari dan menyanyi.

Jimin mengikuti audisi Big Hit Entertainment atas saran dari salah satu guru sekolahnya. Kemudian ia berhasil lolos dan menjadi salah satu dari trainee Big Hit Entertainment bersama dengan member yang lain.

Pada MV lagu debut yaitu No More Dream, Jimin tampak sangat menonjol dan menarik perhatian banyak penggemar. Ia menampilkan otot perutnya dan mendapat sambutan positif dari banyak fans.

Fans senang karena Jimin mulai percaya diri. Ia memang selalu menjaga penampilannya dengan menjaga otot perutnya. Jimin merupakan member yang sangat memperhatikan urusan diet.

Ia tidak suka, apabila ada yang mengatakan berat badannya naik. Sehingga, Jimin adalah member yang paling rajin untuk berlatih setiap hari. Ia memilih untuk menghabiskan waktunya untuk berlatih dibandingkan tidur.

Jimin merupakan member yang perhatian dengan member yang lain. Selain itu, Jimin merupakan seseorang yang penurut. Jimin memiliki hobi menggambar, menari, bela diri dan bermain video game.

Warna favoritnya adalah warna biru muda dan hitam. Ia menyukai angka 3 sebagai angka favoritnya. Uniknya, Jimin memiliki jari yaang paling mungil di antara member BTS lainnya.

Biodata J-HOPE BTS

Fakta Menarik J-Hope ‘Main Dancer’ dan ‘Rap Line’ BTS

Nama Asli         : Jung Ho Seok
TTL           : Gwangju, Korea Selatan, 18 Februari 1994
Tinggi Badan    : 177 cm
Berat Badan      : 65 kg
Posisi                   : Leader Rapper dan Main Dancer
Agama                 : Non Religius

Sebelum bergabung dengan BTS, J-Hope tergabung dalam sebuah grup street dance yang bernama NEURON. Bersama grup street dance NEURON ini, J-Hope sering mengikuti berbagai ajang kompetisi dan kejuaraan tari. Di BTS, J-Hope termasuk ke dalam line dancer bersama dengan Jungkook dan Jimin.

Member BTS yang satu ini dianggap sebagai member yang selalu membawa perasaan bahagia kepada member yang lain. Ia dianggap sebagai ibu dari pada member. V pernah mengatakan bahwa J-Hope seperti doraemon, karena ia selalu berhasil dalam menemukan solusi dari setiap masalah.

Ia merupakan member BTS yang dikenal paling cerewet dibandingkan dengan member yang  lain. J-Hope menyukai warna hijau dan angka favoritnya adalah angka 7.

J-Hope merupakan penyayang binatang, terutama anjing. Ia memiliki nama sebelum debut, yaitu Smile Hoya. Ia adlaah seseorang yang suka melakukan aegyo. J-Hope adalah member yang paling bersih dan paling rapi.

Biodata SUGA BTS

Nama Asli          : Min Yoon Gi
TTL            : Daegu, Korea Selatan, 9 Maret 1993
Tinggi Badan    : 176 cm
Berat Badan      : 59 kg
Posisi                  : Lead Rapper
Agama                : Atheis

Min Yoon Gi atau lebih dikenal sebagai Suga memiliki satu orang kakak laki-laki dalam keluarga. Suga merupakan lulusan Apujeong High School. Sekolah SMA Suga merupakan sekolah khusus untuk pria.

Sebelum dirinya debut dengan BTS, ia adalah seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerahnya, Daegu dengan nama julukan Gloss. Pada tahun 2010, ia bergabung dengan Big Hit Entertainment setelah berhasil meraih gelai runner up pada audisi terbuka yang digelar oleh Big Hit Entertainment.

Pada tanggal 16 Agustus 2016, Suga BTS mengelarkan mixtape bertajuk Agust D dan langsung meluncurkan 2 music video atau MV sekaligus untuk lagu Agust D dan lagu Give it to Me. Dua dari MV tersebut berhasil ditontong oleh lebih dari satu juta kali di Youtube dengan kurun waktu 12 jam saja. Pada saat tampil solo, ia tidak menggunakan nama Suga untuk nama panggung, tetapi Agust D.

JIN BTS

Nama Asli         : Kim Seok Jin
TTL            : Gwacheon, Korea Selatan, 4 Desember 1992
Tinggi Badan   : 179 cm
Berat Badan    : 60 kg
Posisi                : Vocalist dan Visual
Agama              : Non religius

Member BTS yang satu ini merupakan member tertua dalam group BTS. Jin memiliki hobi memasak. Sebelum resmi debut dengan BTS, Jin menjalani masa training selama tiga tahun. Saat menjadi seorang trainee, member yang menjadi teman pertamanya pada saat itu adalah V. mereka berdua memiliki banyak kesamaan dan hobi yang sama. Salah satu hal yang disukai yaitu sama-sama menyukai anime. Hal tersbut membuat mereka berdua semakin akrab.

Kemampuan memasak yang dinilai lebih baik dibandingkan member lainnya, membuat Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS. Karema memiliki hobi memasak, ia juga menyukai banyak makanan. Jin menyukai warna pink karena merupakan warna yang cerah dan juga ceria. Angka favorit dari Jin adalah angka 4.

Jin BTS memiliki postur tubuh yang bagus dan wajah yang rupawan. Oleh karena itu, ia ditunjuk sebagai visual dari BTS. Jin memiliki kebiasaan aneh yaitu selalu mengedipkan mata kirinya saat ia merasa lapar.

BTS memang bukan merupak boy group yang berasal dari agensi yang paling besar di Korea, namun mereka mampu membuktikan banyak hal pada banyak orang dan bisa membuat agensinya semakin maju. Hingga sekarang, BTS semakin terkenal di seluruh belahan dunia. Perjuangan dari nol memang patut dihargai. Sampai saat ini pencapaian mereka sungguh luar biasa hebatnya.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait