A password will be e-mailed to you.

    Semakin canggihnya teknologi kamera smartphone kini turut mendorong kemajuan aplikasi selfie pada smartphone. Aplikasi selfie kini tidak hanya dapat mempercantik hasil foto, namun dapat juga digunakan untuk mendeteksi gejala awal kanker pankreas. BiliScreen merupakan aplikasi selfie untuk mendeteksi tanda-tanda awal kanker pankreas. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mendeteksi penyakit lain seperti penyakit kuning dan hepatitis. Peneliti di University of Washington mengembangkan aplikasi BiliSreen untuk menganalisis kadar bilirubin melalui bagian putih mata (sclera) seseorang mengunakan algoritma. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa aplikasi tersebut mampu mendeteksi 90% dari 70 orang orang yang terkena kanker pankreas.

    pankreas

    Kanker pankreas pada stadium awal sulit dideteksi karena tidak menimbulkan rasa sakit. Gejala yang timbul hanyalah penyakit kuning tanpa menimbulkan rasa sakit, menurunnya berat badan dan kelelahan. Rasa sakit baru keluar ketika sel-sel kanker telah menyebar ke saraf-saraf pankreas dan jaringan kanker telah berukuran besar. Rasa sakit tersebut biasanya muncul pada area dinding perut di atas pusar (epigastrium) dan seringkali menjalar hingga ke punggung. Rasa sakit tersebut biasanya akan jauh lebih terasa setiap habis makan, pada malam hari dan ketika penderita berbaring telentang.

    Menurut American Cancer Society, peluang kesembuhan penderita kanker pankreas hanya mencapai 8% karena kanker tersebut biasanya baru terdeteksi pada stadium lanjut. Peluang kesembuhan tersebut paling kecil jika dibandingkan peluang kesembuhan dari seluruh jenis kanker lain. Lebih dari 30.000 jiwa hilang karena mengidap kanker pankreas setiap tahunnya. Pengembangan aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan peluang kesembuhan penderita kanker pankreas dengan mendeteksi penyakit tersebut lebih dini.

    Saat ini pemakaian aplikasi BiliScreen masih menggunakan 3-D printed viewer yang mirip seperti the Google Cardboard VR dan sepasang kacamata kertas untuk mengkalibrasi warna. Pengembangan aplikasi BiliScreen masih terus dikembangkan agar kedepannya aplikasi ini dapat digunakan tanpa menggunakan akresoris tambahan. Diskusi mengenai aplikasi ini akan dilaksanakan di Ubicomp 2017, yaitu konferensi mengenai komputasi besar yang diadakan oleh the Association for Computer Machinery.

    BiliScreen : Aplikasi Selfie untuk Deteksi Kanker Pankreas

    Sumber:

    • USA today : https://www.usatoday.com/
    • National Pancreatic Cancer Foundation: https://npcf.us
    • Pancreatic Cancer Action Network: https://www.pancan.org
    Baca juga:  Dari mana air yang biasa kita minum berasal?

    Artikel ini adalah republikasi dari artikel LabSatu News

    No more articles