5 Contoh Batasan Masalah Penelitian: Fungsi dan Cara Membuatnya

batasan masalah adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Batasan masalah adalah ruang lingkup masalah atau upaya membatasi ruang lingkup masalah yang terlalu luas atau lebar sehingga penelitian itu lebih bisa fokus untuk dilakukan.

Hal ini idlakukan agar pambahasannya tidak terlalu luas kepada aspek-aspek yang jauh dati relevansi sehingga penelitian itu bisa leih fokus untuk dilakukan.

Berdasarkan sekian banyak masalah tersebut dipilihlah satu atau dua masalah yang akan dipermasalahkan, tentu yang akan diteliti (lazim disebut dengan batasan masalah, limitatiori).

Batasan masalah dengan demikian adalah pemilihan satua tau dua masalah dari beberapa masalah yang sudah teridentifikasi.

Fungsi Batasan Masalah

  • Gambaran apa saja yang akan dibahas di dalam percobaan, penelitian, atau pemecahan masalah ini
  • Membantu untuk mengidentifikasi masalah yang nantinya akan dibahas
  • Menghasilkan suatu permasalahan yang akan diselesaikan
  • Membatasi jangkuan proses yang nantinya akan dibahas
  • Memfokuskan terhadap sebuah persoalan

Hal-Hal yang harus Diperhatikan pada Batasan Masalah

  • Apabila kamu akan membuat batasan masalah, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, di antaranya seperti:
  • Batasan masalah sebaiknya sesuai dengan kemampuan si peneliti
  • Menyesuaikan batasan masalah dengan data nyata yang didapatkan dari lapangan
  • Teliti dahulu seluruh batasan masalah yang akan ditentukan
  • Hendaknya mempunyai daya tarik tersendiri untuk si peneliti serta yang akan menikmati hasil dari penelitian tersebut.

Contoh Batasan Masalah Tugas Akhir

Contoh Pertama (Tema: Tata Cara Mengelola Sampah Menjadi Ramah Lingkungan)

  1. Kenali jenis sampah yang nantinya akan diolah.
  2. Memberikan pemahaman dalam membedakan sampah yang bisa didaur ulang serta yang tidak bisa didau ulang.
  3. Edukasi terkait contoh pengolahan sampah yang mampu menjadi barng yang mempunyai nilai kembali.
  4. Pemberian pemahaman dalam mengatasi sampah yang tidak bisa diolah.

Contoh Kedua (Penelitian Simulasi Material)

  1. Batasan masalah berfokus terhadap pemakaian piranti lunak SRIM berbasis metode Monte-Carlo yang digunakan untuk menjalankan simulasi implantasi ion sebagai metode pemberian doping dalam semi-konduktor.
  2. Faktor pengaruh perubahan suhu yang berlangsung di dalam material atau bahan dan jenis kristal tidak turut diperhitungkan.
  3. Jenis material semikonduktor yang dipakai merupakan senyawa kadmium arsenik CdAs dan Galium Aluminium GaA1 dengan ketebalan 1000 A.
  4. Jenis ion penembak seperti boron, elemen silikon, serta fosfor.

Contoh Batasan Masalah dalam Skripsi

Skripsi sebenarnya adalah laporan dari hasil penelitian ataupun pengkajian yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Agar skripsi lebih terarah, berikut adalah contoh dari batasan masalahnya.

Skripsi Akuntansi

  1. Hasil yang didapatkan dari suatu penelitian terkait laporan pada posisi keuangan di sebuah yayasan yakni Yayasan Bunda dapat menggunakan metode penulisan posisi keuangan berupa akrual basis, terutama ketika suatu pengeluaran serta suatu penerimaan yang berlangsung di bagian bendahara serta tata usaha. Lalu sumbangan tersebut dalam penyusunan maupun pembuatan laporan kas kecil serta kas bank, dan juga penyusunan pengeluaran kas, dan penyusunan penerimaan kas pada uang di bank dan uang kas.
  2. Mengerjakan perancangan sebuah sistem laporan terkait posisi dari keuangan ini bisa terbentuk serta disusun dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dan diaplikasikan dengan memakai database SQL Server 2000.
  3. Siklus akuntansi dimulai dari jurnal umum, buku besar, neraca saldo kemudian jurnal penyesuaian serta neraca jalur sampai laporan posisi keuangan di atas.
Baca juga:  Gangguan Depresi Mayor: Penjelasan, Gejala dan Cara Penanganan

Skripsi Akuntansi (Yayasan Cinta Anak Yatim)

  1. Penelitian untuk skripsi akuntansi dikerjakan di Yayasan Cinta Anak Yatim daerah Kelurahan Cigombong, Kecamatan Wates Jaya, Jawa Barat.
  2. Yayasan Cinta Anak Yatim merupakan suatu yayasan yang sudah mengasuh puluhan anak yatim sejak usia dini kemudian dibesarkan sampai lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).
  3. Metode penelitian yang dipakai pada skripsi ini yaitu dengan menggunakan metode accurual basic/ akrual basis guna mengetahui posisi keuangan yang dilihat dari arus keluar masuk.
  4. Data yang didapatkan diambil dari tata usaha dan juga bendahara Yayasan Cinta Anak Yatim. Bendahara serta tata usaha selama ini menyimpan keuangan dalam dua kas yaitu kas kecil dan kas bank.
  5. Penyusunan serta pengolahan laporan keuangan Yayasan Cinta Anak Yatim dikerjakan dengan memakai program Micrososft Visual Basic 6.0 lalu dikelola lebih lanjut dengan  menggunakan database dari SQL Server 2000. Sedangkan untuk penyajian hasil perhitungan serta analisa memakai Microsoft Excel 2013.
  6. Penelitian diambil memaakai data tahun 2016 sejak dari bulan Januari sampai Desember 2016.

Skripsi Sistem Informasi

  1. Tersedia citra uji dengan file dengan format (.bmp).
  2. Di dalam data citra itu telah berbentuk hasil dari scan yang didapatkan lewat tulisan tangan dari anak PAUD yang berusia 5-6 tahun (TK-B).
  3. Untuk penulisan huruf hijaiyah memakai spidol bewarna hitam serta kertas bewarna putih.
  4. Input yang dipakai huruf tunggal tidak berbentuk kaligrafi maupun huruf sambung.
  5. Huruf yang dipakai mulai dari huruf alif hingga huruf ya  tanpa memakai tanda harokat.
  6. Menggunakan ukuran piksel 100 x 100 px
  7. Memakai cara Principal Components Analysis agar dapat mengklasifikasikan suatu data training.
  8. Memakai metode Euclidean Distance agar dapat mengetahui nilai training dan juga testing.
  9. Akan menampilkan program seperti sebuah pengenalan nama dari sebuah karakter.

Contoh Batasan Masalah dalam Karya Ilmiah

Pembuatan batasan maslaah mencakup waktu penelitian, variabel penelitian, lokasi serta jenis/tema yang akan diteliti. Berikut adalah contoh batasan masalah dalam karya ilmiah, antara lain.

  1. Makalah karya ilmiah satu ini membahas terkait masalah yang terjadi oleh petani Indonesia di mana terdapat masalah hama tumbuhan pengganggu atau OTP yang menjadikan padi rusak. Oleh sebab itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sifat hama pengganggu.
  2. Hama penganggu pada tanaman padi yang akan diteliti dalam karya ilmiah dibatasi dengan wereng coklat.
  3. Penelitian dikerjakan sejak pada musim tanam padi sampai panen.
  4. Penelitian menggunakan tiga metode tindakan dalam mengatasi gangguan hama pengganggu wereng coklat seperti pemberian insektisida, peptisida nabati, serta perangkap lampu.
  5. Metode perhitungan digunakan guna menentukan apakah keberadaan wereng coklat cukup mengganggu atau tidak di dalam penelitian ini dan dibatasi dengan pemakaian metode perhitungan Ambang Ekonomi atau AE.
Baca juga:  Pajak Adalah: Fungsi dan Jenisnya [LENGKAP]

Contoh Batasan Masalah dalam Makalah

Batasan masalah dalam makalah bisa dibedakan berdasarkan jenis makalah tersebut apakah makalah formal atau non formal. Berikut adalah contoh dari batasan masalah dalam makalah.

Contoh Pertama

  1. Iklan ini dibuat untuk Predator Skateshop sebagai sarana promosi yang berbentuk video.
  2. Peneliti akan menawarkan teknik Motion Tracking yang telah diterapkan serta memproduksi iklan dan juga turut serta dalam mendistribusikannya.
  3. Hasil pembuatan teknik Motion Tracking ini akan dibentuk iklan dengan durasi selama 45 detik serta memakai format standar iklan di Indonesia.

Contoh Kedua

  1. Makalah ini membahas terkait tata cara pengelolaan sampah ramah lingkungan yang dikerjakan dengan gotong royong oleh para masyarakat.
  2. Pengambilan data dikerjakan di daerah Dusun Karang Talun, Kecamatan Madukara, Jawa Tengah.
  3. Jenis sampah yang nanti akan diteliti dibatasi dengan sampah daur ulang dan sampah yang tidak bisa didaur ulang.
  4. Jenis sampah daur ulang yang masuk di dalam penelitian berupa sampah dapur. Sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang berupa sampah plastik serta sampai botol kaca.
  5. Penelitian kemudian akan mengambil referensi data sejak pada bulan Januari 2020 sampai Desember 2020 yang akan dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat.

Contoh Batasan Masalah dalam Laporan PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) biasanya dilakukan baik oleh siswa SMK maupun mahasiswa di tingkat perguuan tinggi. Batasan masalah dalam poran PKL harus disusun berdasarkan tugas siswa saat PKL.

Contoh Pertama

  1. Laporan PKL diambil dari hasil penelitian yang dikerjakan di tempat pertambangan emas dan mineral di Boyolali, Jawa Tengah.
  2. Durasi penelitian diambil selama 3 bulan, mulai bulan Juni hingga Agusutus 2020.
  3. Penelitian akan mengukur dosis radiasi yang ada di dalam tambang dengan memakai alat surveymeter.
  4. Dosis radiasi yang terukur pada surveymeter tidak membedakan antara jenis radiasi serta unsur sumber radiasi.
  5. Sampel lokasi yang diambil adalah sampel random yang telah disesuaikan dengan lokasi pengukuran dosis radiasi serta faktor iklim kerja.
  6. Penelitian pengukutan dosis radiasi hanya dikerjakan pada tambang saja serta tidak melakukan pengukuran di bagian process plant serta pengolahan limbah.

Contoh Kedua

  1. Mengetahui apa yang dimaksud jaringan wireless, kenapa disebut sebagai jaringa wireless serta kenapa diciptakan jaringan wireless.
  2. Apa perbedaan antara jaringan wireless dengan jaringan kabel?
  3. Memberikan pemahaman terkait jaringan wireless sekaligus memberikan contohnya.
  4. Memberikan dampak baik dan juga buruk yang diperoleh apabilan memakai jaringan wireless.
  5. Cara memakai jaringan wireless.
  6. Memberikan contoh desain jaringan wireless serta memberikan contoh troubleshoot yang umum dikerjakan apabila terjadi masalah di dalam jaringan wireless yang dibangun.

Referensi

  • yuksinau.id

Be the first to comment

Leave a Reply