Autobiografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Contohnya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Autobiografi lainnya adalah suatu tulisan mengenai pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri (atau sudut pandang orang pertama).

Ciri autobiografi adalah (1) menggunakan sudur pandang orang pertama, (2) ditulis oleh dirinya sendiri, (3) berisi riwayat hidup, dan selengkapnya dalam artikel ini.


Pernahkah kamu membaca buku tentang perjalanan hidup seseorang?

Autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya. Lebih mudahnya autobiografi adalah karya tulis tentang perjalanan hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut.

Autobiografi berbeda dengan biografi, perbedaan autobiografi dan biografi adalah

  • Biografi merupakan karya tulis perjalan hidup dari seorang tokoh yang dapat diteladani oleh banyak orang.
  • Autobiografi sendiri bersumber dari ingatan seorang tokoh yang ditulis.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai autobiografi.

Pengertian autobiografi

Berdasarkan Wikipedia Bahasa Indonesia, pengertian autobiografi terdiri dari kata autos yang artinya sendiri dan bios yang artinya hidup, lalu graphein yang artinya menulis.

Pengertian autobiografi lainnya adalah suatu tulisan yang berisikan mengenai pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil hingga kondisinya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (atau sudut pandang orang pertama).

Dalam membuat autobiografi biasanya berdasarkan ingatan pengarang secara menyeluruh.

Suatu autobiografi mengisahkan lika-liku kehidupan seseorang dalam menjalani masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan sampai dapat mencapai kondisinya sekarang ini.

Autobiografi tentunya memiliki  pembeda dengan karya tulis lainya. Selain sumbernya berasal dari ingatan penulis dan memiliki cerita yang komplek, berikut ini  merupakan ciri-ciri dari autobiografi.

Ciri-ciri autobiografi

Suatu autobiografi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berisi perjalanan hidup seseorang
  • Ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan orang lain
  • Berisi informasi tentang pengalaman hidup dari masa sulit hingga pencapaian keberhasilan
  • Menggunakan sudut pandang orang pertama, namun terkadang juga menggunakan sudut pandang lain
  • Biasanya dilengkapi dengan bukti keberhasilan (penghargaan) atau dokumen-dokumen lain yang mendukung
  • Berisi hal-hal positif dari seseorang sebagai sebuah pencitraan;
  • Ditulis agar masyarakat mengenal seseorang dan mengambil nilai positif atau hikmah dari perjalanan hidup seseorang yang dituliskan.

Fungsi Autobiografi

Berikut ini merupakan fungsi dari suatu tulisan autobiografi:

  • Refleksi dalam memahami masa lalu menjadi lebih baik ke depannya.
  • Membantu seseorang untuk bergerak dari kejadian buruk di masa lalu.
  • Mengetahui tentang bagaimana orang lain dapat memahami diri sendiri.
  • Menyadari perubahan dalam diri sendiri dari tahun ke tahun.
  • Mengingat berbagai peristiwa penting yang telah terjadi selama hidup.
  • Melihat kesalahan masa lalu untuk dapat memperbaikinya.
  • Menjadi nilai plus dalam menghadapi masalah profesionalitas.

Contoh autobiografi

Contoh Autobiografi 1:

Aku lahir di Papua 12 Januari 1997, Namun saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu siswa di kelas X, SMA Negeri 21 Jakarta Jurusan IPS.

Aku memiliki hobi-hobi yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dan juga berolahraga, terutama olahraga jogging. Bagiku tumbuhan dan kesehatan adalah dua hal penting yang berkaitan antara satu dengan lainnya.

Semasa kecil aku pernah tinggal di dekat sungai Ciliwung, setiap musim hujan rumahku pasti kebanjiran oleh luapan sungai tersebut. Aku bersama keluargaku kemudian mengungsi ke tempat pengungsian sementara sampai banjir mereda. Hal itu terus saja terulang dari tahun ketahunnya seperti tanpa ada pemecahan.

Menginjak tahun pertama di SMA, aku mulai sadar bahwa permasalahan banjir sebetulnya bukan sekedar tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.

Sejak saat itu, kemudian aku mulai bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini bergerak setiap minggunya untuk mensosialisasikan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dan juga pola-pola hidup sehat. Tak lupa juga kadang kami mengadakan bakti sosial di setiap kelurahan yang dikunjungi.

Kini aku merasa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagi ternyata membuat orang menjadi lebih tahu dan kita menjadi tahu lebih.

Saat ini aku tinggal bersama ayahku yang bekerja di salah satu perusahaan Negeri di wilayah Jakarta Pusat. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, aku juga aktif di komunitas Gowes Jakarta dan juga Komunitas parkour Batavia.

Contoh Autobiografi 2:

Namaku Ridwan, umurku sekarang adalah 15 tahun. Sejak kecil aku bercita-cita ingin menjadi pemain bulutangkis hebat yang bisa membawa nama Indonesia berkibar di pentas dunia. Aku sangat ingin sekali membahagiakan orang tuaku, teman-temanku dan tentunya negaraku.

Pada saat usiaku menginjak 7 tahun. Kakek membelikanku raket sebagai hadiah karena aku mendapat rangking 2 di kelas 1 sekolah dasar. Kakekku jago sekali bermain bulutangkis, dia selalu mengajariku bagaimana cara bermain yang baik dan menemaniku bermain bulutangkis setiap libur sekolah. 

Pada saat usiaku 13 tahun, aku terpilih untuk mewakili sekolahku mengikuti kejuaraan bulutangkis antar sekolah dasar se-kecamatan Cibiuk. Itulah pertama kalinya aku mengikuti kejuaraan resmi dan ternyata aku berhasil masuk ke babak final walaupun aku ternyata harus kalah di babak tersebut dan hanya menjadi juara 2. Tapi tentu saja itu adalah pengalaman berharga yang akan selalu aku kenang.

Saat ini aku bergabung dengan salah satu sekolah bulutangkis yang ada di kotaku. Aku berharap kemampuanku semakin lama semakin meningkat agar aku bisa mewujudkan mimpi yang aku idam-idamkan.

Referensi

  • salamadian.com

Artikel Terkait