7+ Daftar Aplikasi Edit Foto paling Mudah dan Bagus di PC

Ilustrasi oleh dribbble.com

Aplikasi edit foto PC antara lain aplikasi Adobe Photoshop, PaintShop Pro, Lightroom dan selengkapnya dalam artikel ini beserta keunggulan dan kekurangannya.

Jika kamu menyenangi fotografi, aplikasi edit foto PC adalah salah satu kebutuhan yang tak terhindarkan. Bagaimana tidak, dengan mengedit foto pada aplikasi tersebut, foto-foto yang awalnya tampak biasa saja bisa tampak lebih sempurna.

Jika kamu masih awam perihal edit foto, kamu bisa memulainya dengan mengotak-atik pengaturan cahaya, kontra, maupun warna pada aplikasi edit foto. Gampang, kok! Berikut adalah aplikasi edit foto PC dan laptop yang direkomendasikan buat kamu. Selamat membaca!

Adobe Photoshop

aplikasi edit foto pc
Adobe Photoshop

Tak dapat dipungkiri lagi, setiap orang yang mendengar tentang editing foto pasti langsung berpikir tentang Adobe Photoshop. Pasalnya, aplikasi edit foto yang diciptakan Adobe ini terkenal memiliki fitur  yang lengkap untuk mengedit gambar dan foto.

Hingga kini, Adobe sudah mengeluarkan banyak seri Photoshop yang dilengkapi fitur editing terbaik. Fitur tersebut pun banyak membantu para fotografer dan desainer professional untuk menunjang kebutuhan pekerjaan mereka.

Namun demikian, dengan semua fitur keren yang ditawarkan, tentunya aplikasi ini tidaklah gratis. Penggunanya harus membeli lisensi resmi atau berlangganan perbulan untuk bisa menggunakan aplikasi keren ini.

PaintShop Pro

PaintShop Pro

Aplikasi PaintShop Pro merupakan aplikasi edit foto PC dan laptop yang dibuat oleh perusahaan editing terkemuka yaitu Corel. Setiap tahun, PaintShop Pro selalu mengalami kemajuan karena sistem dan fiturnya terus diperbaharui.

Dalam pasarnya, bisa dibilang PaintShop Pro menjadi rival Photoshop milik Adobe. Kemampuan aplikasi ini juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur yang sangat beragam dan lengkap! Mau urusan editing foto atau membuat desain, serahkan saja pada aplikasi ini.

Meski begitu, untuk menggunakan PainShop Pro, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang. Untuk harganya sendiri, PaintShop Pro bisa dibilang relatif murah dibandingkan dengan Photoshop.

Lightroom

Lightroom

Bila harga Photoshop dirasa mahal, kamu bisa memilih aplikasi yang satu ini. Aplikasi besutan Adobe ini juga memiliki fitur yang tak kalah canggih dibanding Photoshop.

Tak hanya itu, Lightroom juga merupakan salah satu aplikasi Android tercanggih yang bisa membantu pengguna dalam mengedit foto di smartphone.

Photo Scape

Gambar 4. Photo Scape

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi edit foto lainnya. Photo Scape sangat mudah digunakan karena tampilannya begitu sederhana. Fitur-fitur yang tersedia juga cukup lengkap.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang memerlukan fitur dasar editing foto. Pasalnya, aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur sederhana, yakni sebagai berikut:

  • Viewer
  • Editor
  • Batch editor
  • Page
  • Combine
  • Animated GIF
  • Print
  • Splitter
  • Screen capture
  • Color picker
  • Rename
  • Raw converter
  • Paper print
  • Face search

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu membayar sepeser pun, karena aplikasi ini bisa diakses secara gratis.

Luminar

Apakah kamu sedang mencari aplikasi edit foto PC dan laptop yang memiliki banyak filter menarik? Coba aplikasi yang satu ini!

Aplikasi ini memiliki 45 filter menarik yang bisa kamu coba. Untuk pemula, kamu akan banyak dimanjakan oleh fitur-fitur otomatisnya, seperti memperbaiki warna, lens distortion, tone, chromatic, dan automatic correction. Menarik bukan? Kalau tertarik, kamu bisa mengunjungi website resminya.

Pixlr Online

aplikasi edit foto pc
Pixlr Online

Aplikasi Pixlr diperuntukkan untuk urusan editing sederhana yang tidak serumit aplikasi-aplikasi edit foto professional. Pixlr ini sangat cocok digunakan jika kamu ingin melakukan editing dengan cepat.

GIMP

aplikasi edit foto pc
7 GIMP

GIMP merupakan aplikasi edit foto PC dan laptop open-source. Aplikasi ini tersedia di tiga sistem operasi yang umum dikenal seperti Windows, Mac, dan Linux.

Semua sistem operasi tersebut bisa menjalan GIMP dengan baik dan tanpa kendala sedikitpun. Kemudian, tampilan dari aplikasi ini pun terbilang sangat sederhana dan mudah untuk para pemula pahami.

DxO Photolab

aplikasi edit foto pc
DxO Photolab

DxO diklaim sebagai aplikasi edit foto PC yang dirancang khusus untuk para fotografer. Aplikasi ini memberikan fleksibelitas dan kemampuan editing yang mumpuni untuk keperluan edit foto.

Berbicara soal fitur DxO Photolab jelas memiliki fitur-fitur andalan yang diperllukan para fotografer professional untuk menciptakan foto yang sempurna.

Referensi

  • 99.co

Artikel Terkait