Apa Itu Abstrak? Pengertian dan Penjelasan Lengkap

apa itu abstrak

Apa itu abstrak? Singkatnya Abstrak adalah sebuah ringkasan singkat dari sebuah karya ilmiah yang berisi tentang inti dari isi karya tersebut. Abstrak biasanya terdapat pada bagian awal dari sebuah karya ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi.

Abstrak memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah karya ilmiah karena menjadi pintu masuk bagi pembaca untuk mengetahui isi dari karya tersebut.

Apa Itu Abstrak Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan apa itu abstrak menurut standar dan para ahli.

Frederick Wilfrid Lancaster

Menurut Frederick Wilfrid Lancaster, abstrak adalah sebuah ringkasan singkat dari isi sebuah karya ilmiah yang berisi tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari karya tersebut.

Clarence W Rowley

Sedangkan menurut Clarence W Rowley, abstrak adalah sebuah ringkasan singkat dari isi sebuah karya ilmiah yang berisi tentang inti dari masalah yang dibahas dalam karya tersebut.

International Standard Organization

International Standard Organization (ISO) juga memberikan pengertian tentang abstrak sebagai sebuah ringkasan singkat dari isi sebuah karya ilmiah yang berisi tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari karya tersebut.

Tujuan Abstrak

Tujuan adanya abstrak di sebuah karya ilmiah adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang isi dari karya tersebut.

Dengan adanya abstrak, pembaca dapat mengetahui apakah karya tersebut relevan dengan topik yang sedang dicari atau tidak.

Selain itu, abstrak juga dapat membantu pembaca untuk memahami isi dari karya tersebut tanpa harus membaca keseluruhan karya tersebut.

Jenis Jenis Abstrak

Jenis-jenis abstrak terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Abstrak indikatif

2. Abstrak informatif

Abstrak indikatif hanya memberikan gambaran umum tentang isi dari karya tersebut, sedangkan abstrak informatif memberikan gambaran yang lebih detail tentang isi dari karya tersebut.

Jenis-Jenis Abstrak Informatif

Abstrak informatif terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. abstrak kritis (critical abstract)
  2. abstrak deskriptif
  3. abstrak sorot (highlight abstract).

Abstrak kritis (critical abstract) memberikan penilaian atau evaluasi terhadap karya yang dibahas, abstrak deskriptif memberikan gambaran tentang isi dari karya tersebut secara objektif, dan abstrak sorot (highlight abstract) memberikan penekanan pada hasil atau kesimpulan yang dihasilkan dari karya tersebut.

Struktur Penulisan Abstrak Yang Benar

Struktur penulisan abstrak terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • latar belakang masalah,
  • tujuan penelitian,
  • metode penelitian,
  • hasil penelitian,
  • kesimpulan.

Bagian latar belakang masalah menjelaskan tentang masalah yang akan dibahas dalam karya tersebut.

Bagian tujuan penelitian menjelaskan tentang tujuan dari penelitian yang dilakukan.

Bagian metode penelitian menjelaskan tentang metode yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Bagian hasil penelitian menjelaskan tentang hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut.

Dan bagian kesimpulan menjelaskan tentang kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut.

Tahapan Penulisan Abstrak

Tahapan penulisan abstrak dimulai dengan membaca keseluruhan karya yang akan diabstraksi. Kemudian, pilihlah informasi yang paling penting dan relevan dengan topik yang akan dibahas dalam abstrak.

Setelah itu, susunlah informasi tersebut menjadi sebuah ringkasan singkat yang mudah dipahami oleh pembaca. Pastikan abstrak yang dibuat tidak terlalu panjang dan tetap menjaga kesingkatan dan kejelasan dalam penyampaian informasi.

Dalam penulisan abstrak, perlu diperhatikan bahwa abstrak harus mampu memberikan gambaran yang jelas dan singkat tentang isi dari karya tersebut.

Oleh karena itu, penulis harus mampu memilih informasi yang paling penting dan relevan dengan topik yang akan dibahas dalam abstrak. Selain itu, penulis juga harus mampu menyusun informasi tersebut dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, abstrak adalah sebuah ringkasan singkat dari sebuah karya ilmiah yang berisi tentang inti dari isi karya tersebut.

Abstrak memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah karya ilmiah karena menjadi pintu masuk bagi pembaca untuk mengetahui isi dari karya tersebut.

Oleh karena itu, penulis harus mampu menyusun abstrak dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Referensi

Artikel Terkait