Bentuk-Bentuk Ancaman Terhadap NKRI dan Cara Menanganinya

ancaman terhadap nkri
ilustrasi oleh dribbble.com

Ancaman terhadap nkri antara lain korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), narkoba, penggantian ideologi bangsa, dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Ancaman selalu menjadi momok bagi setiap negara termasuk bangsa Indonesia. Ancaman NKRI dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin membuat suatu negara chaos dengan berbagai kepentingannya sehingga sangat berbahaya bagi kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

Beberapa upaya ancaman NKRI seperti pengantian ideologi negara, penggulingan tokoh bangsa bahkan sampai menciptakan kekacauan perang di Indonesia.  Oleh karena itu, Ancaman terhadap NKRI harus segera ditangani dan diberantas oleh pemerintah sehingga bisa menciptakan rasa aman dan tentram bagi setiap warga negara.

Bentuk-bentuk ancaman ini bermacam-macam seperti:

1. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)

ancaman terhadap nkri

Masalah KKN menjadi ancaman besar yang sudah lama terjadi di Indonesia. Bahkan dari sejak zaman orde baru praktik ini sudah ada.

Dulu pelengseran Presiden Soeharto disebabkan karena adanya praktek KKN yang menjadikan anak-anak Presiden Soeharto diadili karena kasus KKN ini.

2. Narkoba

ancaman terhadap nkri

Ancaman berbahaya bagi NKRI selanjutnya adalah Narkoba.

Peredaran narkoba akan merusak generasi penerus karena pengaruh zat adiktif yang menyebabkan pengguna ketagihan dan sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, pemerintah menghukum mati bagi para pengedar narkoba yang mencoba merusak generasi bangsa.

3. Penggantian Ideologi Bangsa

ancaman terhadap nkri

Kita tahu bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku dan juga memeluk beberapa kepercayan agama. Apabila kita melihat dari kasus-kasus terorisme yang terjadi, mereka berupaya mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain yang tentu tidak sesuai di Indonesia.

Baca juga:  Jaringan Komputer Adalah: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Ancaman penggantian ideologi bagi NKRI bisa menyebabkan terjadinya perang saudara. Contoh ini bisa kita lihat seperti di Suriah, Irak dan beberapa negara di timur tengah dimana penggantian ideologi sering kali menyebabkan perang saudara tentu sangat merugikan negara karena banyak yang meninggal, ekonomi negara terpuruk dan masih banyak lagi dampaknya.

4. Isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan)

Isu SARA menjadi ancaman besar yang bisa memecah keutuhan NKRI. Contohnya seperti konflik isu SARA yang terjadi di Semarang, Malang dan Surabaya sehingga menyebabkan terjadinya demontrasi besar-besaran sampai aksi pembakaran di Jayapura dan daerah disekitarnya.

Tidak hanya aksi itu saja, kelompok demonstrasi disusupi oleh kelompok yang memiliki kepentingan sehingga Papua akan memiliki hak untuk menentukan nasib dengan adanya referendum.

Tujuan kelompok ini adalah ingin menguasai Papua dan menjadi seorang Presiden apabila Papua lepas dari Indonesia.

Ancaman NKRI Dari Luar Negeri

Ancaman NKRI tidak hanya berasal dari dalam saja, melainkan juga bisa berasal dari luar negeri. Adapun beberapa ancaman dari luar negeri yang wajib diperhatikan oleh pemerintah seperti:

1. Keaneragaman Budaya

Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang berasal dari masing-masing daerahnya. Bisa dipastikan setiap daerah memiliki budaya dan kearifan lokal tersendiri. Oleh karena itu, setiap warga negara berhak menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal daerahnya.

Ancaman yang terjadi yaitu Negara lain mencoba mengakui budaya lokal Indonesia seperti misalnya Tari Reog Ponorogo yang diakui Malaysia sebagai budaya dari negaranya. Tentunya menimbulkan masalah yang serius terutama Tari Reog Ponorogo sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dari Indonesia.

2. Ancaman Pertahanan dan Keamanan

Ancaman pertahanan dan keamanan sangat perlu diantisipasi baik lewat udara, laut maupun darat.

Baca juga:  Tekanan Udara - Pengertian, Rumus, Contoh Soal [LENGKAP]

Contoh yang sering ditemui adalah pesawat asing yang melewati zona udara wilayah Indonesia, anggota TNI melakukan pengejaran terhadap pesawat asing tersebut karena telah melanggar batas kedaulatan negara Indonesia.

Menjaga kedaulatan Negara Indonesia sangatlah penting karena kita tidak pernah tahu bahaya ancaman dari negara lain sehingga harus mencegahnya.

3. Provokasi dari Negara Lain

Contoh Provokasi dari negara lain yaitu tindakan pencurian ikan oleh kapal Vietnam di wilayah laut Indonesia. TNI AL hendak mengamankan kapan asing yang masuk ke wilayah laut Indonesia, tapi secara tiba-tiba kapal penjaga nelayan Vietnam menabrak kapal TNI yang mencoba menghalangi proses penangkapan kapal asing tersebut.

Tentu hal ini menjadi salah satu provokasi dari negara lain yang bisa menjadi ancama bagi NKRI karena bisa menyebabkan konflik antar negara akibat tindakan provokasi tersebut.

4. Ancaman Penyebaran Kebudayaan Asing

Tidak semua kebudayaan asing memiliki dampak positif bagi masyarakat terutama untuk remaja. Seiring dengan adanya kemajuan teknologi penyebaran kebudayaan asing menjadi bebas dan tanpa adanya filter.

Contohnya imitasi cara berpakaian remaja indonesia yang mirip dengan remaja luar negeri menjadi faktor yang tidak sehat karena tidak mencerminkan budaya dari Indonesia itu sendiri.

Selain itu, hubungan seksual yang menyimpang dan narkoba menjadi salah satu faktor penyebaran budaya asing yang bisa merusak mental generasi penerus bangsa.

Demikian penjelasan mengenai bentuk-bentuk ancaman terhadap NKRI. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply