Pernahkah kamu mendengar bahwa alumunium foil dapat mempercepat sinyal Wi-Fi?

Hal ini barangkali terdengar seperti hal yang konyol. Klaim ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak satu dekade terakhir.

Akhirnya, untuk membuktikan benar tidaknya, sebuah penelitian dilakukan. Hasil yang diperoleh membenarkan klaim yang ada. Bahkan, mereka juga menemukan cara untuk mengatur konsentrasi sinyal berdasarkan ruangan yang diinginkan.

Coba saja mengetikkan “Alumunium Wi-Fi” di kolom pencarian Google. Kalian akan menemukan beberapa gambar aneh modifikasi Wi-Fi dengan alumunium.

Ide ini tidak sekonyol itu.

Sinyal Wi-Fi adalah jenis gelombang radio tertentu yang jika dibaca dalam komputer akan berbentuk sebagai internet. Sinyal ini disiarkan oleh router ke setiap arah tetapi memiliki keterbatasan.

Sementara alumunium foil yang dipasang sedemikian rupa dapat menjadi sebagai reflektor. Alumunium foil tersebut dapat merefleksikan sinyal kemana arah yang diinginkan.

Sebuah penelitian dilakukan oleh tim peneliti dari Darthmore University untuk mencoba memodifikasi router Wi-Fi dengan memasangkan alumunium foil. Alumunium foil dipasangkan dengan bentuk tertentu bertujuan untuk merefleksikan sinyal Wi-Fi ke arah yang diinginkan.

Selanjutnya, tim peneliti memasang Wi-Fi tersebut dalam sebuah ruangan. Ruangan tersebut telah dipasang suatu sensor yang terhubung pada komputer agar dapat dianalisa. Sensor ini menunjukkan bagaimana sinyal Wi-Fi tersebar dalam ruangan.

Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diamati ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah alumunium foil dipasang pada router Wi-Fi.

Sebelum alumunium foil dipasang, sinyal Wi-Fi tersebar ke setiap arah ruangan. Sementara setelah dipasang alumunium foil, sinyal Wi-Fi dapat difokuskan ke arah tertentu.

Sehingga, pada tempat tersebut efek sinyalnya terasa kuat. Selain itu dengan modifikasi bentuk alumunium foil yang dipasang, dapat ditentukan bagian mana ruangan yang ingin dikurangi dampak sinyalnya dan bagian mana yang ingin agar sinyal Wi-Fi terasa lebih cepat.

Baca juga:  CRISPR-cas9, Teknologi Mutakhir untuk Rekayasa Genetika

Percobaan ini bisa kalian buktikan dengan peralatan sederhana yang ada di sekitar kalian. Video berikut ini akan menjelaskan secara lebih jelas:

 

Referensi:

No more articles