Administrasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Cirinya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan.

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar atau membaca kata “administrasi”? Mungkin kamu akan mendefinisikan administrasi sebagai kegiatan catat mencatat.

Ini tidak sepenuhnya salah, karena memang kegiatan administrasi antara lain yaitu melakukan pekerjaan catat mencatat.

Berikut ini mari kita ulas apa sebenarnya pengertian dari administrasi serta fungsi dan tujuan dari kegiatan administrasi.

Pengertian Administrasi Adalah…

Secara Umum

Secara umum, administrasi yaitu usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi juga dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Pengertian dalam arti sempit
    administrasi adalah kegiatan yang meliputi catat mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda, dan aktivitas lain yang bersifat teknis ketatausahaan.
  • Pengertian dalam arti luas
    administrasi adalah seluruh proses kerjasama dari dua orang atau lebih agar dapat tercapai tujuan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Pengertian administrasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Ulbert Silalahi,
    administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.

    Pengertian administrasi dalam arti luas adalah kegiatan menyusun dan mencatat data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal yang berguna untuk menyediakan informasi serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh.
  • Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson,
    Administrasi merupakan cabang ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan tersebut harus dilaksanakan.
  • Menurut Sondang P. Siagian
    Administrasi yaitu keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang berdasar atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Menurut George R. Terry,
    Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
  • Menurut Arthur Grager
    Administrasi yaitu penyelenggaraan terhadap pelayanan dan komunikasi dalam bentuk surat atau warkat dalam suatu organisasi.

administrasi adalah

Tujuan dan Fungsi Administrasi

Administrasi dilakukan bertujuan untuk :

  • Menyusun program usaha
  • Mengevaluasi kegiatan organisasi
  • Memantau aktivitas administrasi
  • Memastikan keamanan kegiatan usaha

Administrasi mempunyai fungsi sebagai berikut.

  1. Perencanaan (Planning), merupakan perencanaan yang memerlukan kegiatan administrasi, baik pengumpulan data, pengolahan data, maupun penyusunan perencanaan.
  2. Penyusunan (Organizing), merupakan usaha menyusun dan membangun komunikasi kerja agar tujuan organisasi dapat tercapai.
  3. Koordinasi (Coordinating), merupakan aktivitas menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan agar tercapai kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi.
  4. Laporan (Reporting), merupakan kegiatan menyampaikan laporan perkembangan atau hasil suatu kegiatan kepada atasan, baik secara lisan maupun tulisan.
  5. Penyusunan Anggaran (Budgeting), merupakan kegiatan merencanakan dan mengelola keuangan yang dilaksanakan secara berkesinambungan.
  6. Penempatan (Staffing), merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pendayagunaan tenaga kerja, pengembangan, serta perlengkapan di dalam suatu organisasi.
  7. Pengarahan (Directing), merupakan kegiatan bimbingan, saran, perintah, agar tugas dapat berjalan dengan tepat guna demi tercapai nya tujuan yang telah ditentukan.

Ciri-Ciri Administrasi

Ciri-ciri yang dimiliki administrasi antara lain :

  • Mempunyai tujuan yang jelas
  • Terdapat kelompok orang yang terdiri dari dua individu atau lebih
  • Terdapat kerja sama
  • Terdapat usaha atau proses kerja
  • Terdapat kepemimpinan, bimbingan, dan pengawasan

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian administrasi secara umum, tujuan, fungsi dan ciri-ciri administrasi. Semoga dapat menambah wawasan bagi teman-teman pembaca.

Artikel Terkait