A password will be e-mailed to you.

    Piala Dunia Sepakbola 2018 di Rusia tak terasa udah memasuki babak perempat final, bentar lagi akan sampai di babak final. Kira-kira tim mana yang bakal mendapat gelar Juara Piala Dunia 2018 ya? Apakah itu tim favoritmu?

    Meskipun kompetisi ini dinamakan Piala Dunia atau World Cup, nyatanya trofi yang diperebutkan bukanlah berbentuk piala atau cup, melainkan patung tangan memegang globe yang terbuat dari emas. Kalian pasti udah kenal banget kan dengan trofi ini.

    Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA dalam keterangannya mendeskripsikan trofi ini adalah pejal, tingginya 36 centimeter, berat 6,175 kilogram, dan terbuat dari emas 18 karat dengan dua lapisan malachite di alasnya.

    Hmmm, benarkah trofi ini pejal?

    Tidak mungkin trofi ini pejal!

    Itulah yang dikatakan oleh Martyn Poliakoff dari Nottingham University mengenai trofi ini.

    Tidak mungkin trofi ini pejal dengan seluruh emasnya. Jika trofi ini pejal maka beratnya akan menjadi kira-kira 70-80 kilogram. Analisisnya sederhana saja, cukup menghitung volume piala dan mengalikannya dengan massa jenis emas.

    Agar analisisnya sederhana, anggap saja trofi ini berbentuk silinder dengan diameter 12,5 cm dan tinggi 36,8 cm, sehingga volumenya yaitu 4.884 cm3. Massa jenis emas yaitu 15,6 gr/cm3. Dari sini didapatkan massa trofi ini seharusnya adalah 4.884 x 15,6 = 75.700 gr = 76 kg.

    Nah, kalau bentuknya silinder massanya sebesar 76 kg. Kalau dikurang-kurangi tekstur bentuk yang ada pada trofi sebenarnya, massanya kira-kira berada pada rentang 70-80 kg, sebagaimana yang dibilang oleh Pak Mortin Polyakoff.

    Bayangkan betapa beratnya mengangkat trofi ini dengan kedua tangan di atas kepala jika trofi ini pejal. Yang ada para pemain tim saat selebrasi kemenangan tidak ada yang mengangkatnya, hanya merangkulnya ūüėÄ

    Baca juga:  Louis Pasteur, Sang Penemu Vaksin

    Emas itu sangat padat dan rapat. Kamu pernah lihat kan adegan pencurian emas di film, para perampok harus mengangkat batang-batang emas sedikit demi sedikit karena beratnya.

    Satu batang emas standar kira-kira beratnya 1,8 kilogram, panjangnya hanya 20 centimeter. Emas yang ada di trofi piala dunia lebih ringan karena 18 karat atau hanya 75% emas murni, emas murni bakal terlalu halus untuk digunakan sebagai patung, dan juga terlalu berat. Patung dengan panjang lebih dari selengan seperti trofi piala dunia beratnya  paling tidak sepadan dengan satu batang emas.

    Sekarang kita tahu kalau trofi FIFA ini sebenarnya kopong atau berongga, mungkin di bagian globenya.

    Kalau menurutmu bagaimana?

     


    Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community

     

    No more articles