Teks Rekaman Percobaan: Pengertian, Struktur, Ciri Bahasa dan Contoh

Ilustrasi oleh dribbble.com

Teks rekaman percobaan adalah teks yang menceritakan mengenai percobaan yang dilakukan oleh penulis, yang biasanya digunakan untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu dan lainnya.

Berhubungan teks rekaman percobaan hampir mirip dengan teks prosedur, alangkah baiknya kita tahu perbedaan antara keduanya.

Teks rekaman percobaan ialah teks yang menceritakan percobaan yang dilakukan oleh penulis. Dan teks prosedur ialah teks yang menceritakan tahapan/proses yang diceritakan oleh penulis.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks rekaman percobaan sehingga menjadi kesatuan. Dan hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja teks prosedur tidak ada hasil dan kesimpulan. Struktur teks tersebut ialah:

  • Tujuan serta alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil
  • Simpulan.

Di dalam teks rekaman percobaan, strukturnya meliputi tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan kesimpulan yang mana merupakan struktur utamanya. Hal ini berarti pada suatu percobaan tertentu terdapat struktur tambahan untuk melengkapi percobaan atau penelitian yang sudah dilakukan.

Contohnya, ada kalanya suatu percobaan atau penelitian juga perlu untuk melampirkan hipotesis awal. Beberapa teks rekaman percobaan juga perlu dilengkapi dengan adanya kajian teori atau sebuah landasan berpikir.

Pada dasarnya hal ini bertujuan untuk lebih melengkapi dan lebih memperjelas laporan percobaan yang kamu buat.

Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

1. Menggunakan Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk

Kalimat kompleks atau kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola kalimat.

Kalimat kompleks terdiri atas lebih dari satu kalimat utnggal atau kalimat simpleks. Kalimat kompleks dibagi menjadi 2 jenis yaitu setara dan bertingkat.

2. Menggunakan Kata Hubung

Kata penghubung adalah kata yang menjadi penghubung antarkata, antar frasa, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf.

Contoh kata hubung: dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dll.

3. Menggunakan Kata Rujukan

Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata, frasa, klausa atau kalimat sebelumnya. Kata rujukan biasanbya menggunakan kata ganti (ia, mereka, dia), penunjuk (ini, itu), keterangan (di sini, di sana).

4. Menggunakan Istilah Teknis

Penggunaan istilah teknis menjadi bagian dari unsur bahasa dalam teks rekaman percobaan, yakni pilihan kata atau diksi yang digunakan sesuai konteks. Pilihan kata dilakukan dengan tepat.

5. Menggunakan Kalimat Perintah

Penggunaan kalimat perintah untuk menjelaskan langkah-langkah.

7. Menggunakan Kata Bilangan

Contoh: satu, dua, pertama, kedua, dll.

Contoh Teks Rekaman Percobaan 1

Cara Membuat Baterai Alami dari Kentang

Biasa kita hanya membeli baterai di toko, tapi pernahkah terbesit di pikiran kalian untuk membuat sebuah baterai alami dengan memanfaatkan kentang?

Rasanya tidak masuk akal, tetapi bisa, tujuan dibuatnya baterai alami untuk mengantisipasi jika energi baterai yang ada habis, saat mati lampu atau menambah pengetahuan kita.

Alat dan Bahan yang akan Digunakan

  • Kentang
  • Lampu LED atau lampu bohlam kecil
  • Kabel
  • Penjepit buaya
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya bewarna hitam

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Tancapkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mm/cm dan jangan menancap berdekatan.
  2. Jepit kabel ke setiap lempengan tersebut dan hubungan dengan lampu.
  3. Perhatikan lampu, nyala atau tidak, jika belum maka cobalah dibalik.
  4. Jika belum menyala tambahkan kentang untuk menghasilkan arus listrik yang lebih besar.

Hasil

Setelah semua langkah dilaksanakan, setidaknya kalian dapat membuat salah satu energi alternatif yang bisa digunakan untuk saat-saat tertentu.

Simpulan

Lampu tersebut bisa meyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter , kentang dan lempengan-lempengan tersebut juga menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah.

Getah kentang mempengaruhi logam secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh karena itu, susunan seperti ini disebut elemen galvani karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

Contoh Teks Rekaman Percobaan 2

Taplak meja biasa dipakai untuk menghias meja dan sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan.

Tetapi pernahkah kamu berpikir untuk membuat taplak meja sendiri? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar kita sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan Bahan

  • Kain perca 2 meter
  • Jarum dan benang
  • Pensil, gunting dan kertas
  • Jangka

Langkah-Langkah Membuatnya

  1. Buatlah sketsa gambar terlebih dahulu pada kertas dengan menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, kemudian gunting sesuai pola jangka tersebut.
  2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain percanya, ulangi sampai 60 bulatan.
  3. Jahit pinggirnya lalu tarik kemudian di tali, ulangi sampi 60 bulatan.
  4. Langkah selanjutnya, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan kemudian bentuk pola seperti taplak meja.
  5. Setelah membentuk sebuah pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dengan yang lainnya.
  6. Kemudian setelah selesai membentuk taplak meja, kamu bisa merapihkan jahitannya agar terlihat lebih indah.

Hasil

Jadilah taplak meja dengan kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu dapat meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang makan atau bisa juga meja ruang tamu. Kamu dapat mengembangnnya menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Strukter teks remakan percobaan ini pada dasarnya hampir sama dengan teks prosedur. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada hasil dan kesimpulannya, di mana hasil kesimpulan ini tidak ditemukan pada teks prosedur seperti yang terdapat pada teks rekaman percobaan.

Pada teks prosedur, isinya sekedar menyampaikan tentang suatu proses kegiatan atau tindakan yang tidak perlu untuk dilakukan dari awal sampai akhir. Sementara teks rekaman percobaan, hal yang disampaikan sangat lengkap hingga pada bagian setelah hasil dan kesimpulannya.

Referensi

  • dosenpendidikan.co.id

Artikel Terkait