Teknologi Digital: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Ilustrasi oleh dribbble.com

Teknologi digital adalah teknologi yang pengoperasianya tidak terlalu memerlukan tenaga manusia atau teknologi yang semakin simpel dan mudah.

Teknologi tentunya sudah menjadi bagian dari manusia, karena selama hidupnya manusia tidak bisa terlepaskan dari yang namanya teknologi. Teknologi terus berkembang seiring berkembangnya manusia.

Dulu manusia sudah mengenal analog, sekarang hampir semua teknologi bisa dibilang digital.

Pengertian teknologi digital 

Teknologi digital adalah teknologi yang dimana pengoperasionalannya tidak lagi banyak membutuhkan tenaga manusia dan lebih cenderung pada sistem pengoperasionalannya yang otomatis dan canggih dengan sistem komputer/format yang dapat dibaca oleh komputer.    

Teknologi  merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu. Sedangkan digital berarti segalanya dimudahkan  atau dibantu dengan komputer.

Teknologi digital meliputi barang yang kita gunakan sehari-hari loh, seperti contohnya jam tangan yang dulunya analog sekarang sudah jaman menggunakan jam tangan digital yang bahkan disertai beberapa fitur lain seperti mengukur kalori hingga detak  jantung. 

Teknologi digital ini memiliki beberapa jenis tergantung dari jenis pemanfaatanya. Berikut jenis-jenis teknologi digital

Jenis-jenis teknologi digital 

  • Industri
    Iot, Cloud Computing, Big data, Artificial Intelligence, AR & VR
  • Ekonomi
    Dompet digital, Mesin EDC, Payment app dan layanan digital
  • Edukasi
    Pembelajaran digital WFH, Digital course dan masih banyak lagi.

Dilihat dari jenisnya yang sangat komplek seperti kehidupan manusia, teknologi digita tentunya memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat teknologi digital

1. Dalam bidang industri, teknologi digital sangat bermanfaat yaitu mempermudah jalanya industri.

Teknologi digital juga membuka jalanya jenis industri baru yaitu distributed manufacturing yang dimana seluruh kegiatannya tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi digital.

Teknologi yang biasanya digunakan untuk industri adalah Cloud computing untuk menyimpan data, Artificial Intelligence untuk mengoperasikan alat produksi dengan meminimalkan campur tangan manusia dan lain sebagainya. 

2. Dalam Bidang Edukasi

Teknologi digital memudahkan manusia dalam memperoleh informasi baru dengan cepat, serta hal-hal yang bersifat teknikal seperti pembelajaran tatap muka kini dapat dilakukan secara virtual yaitu hanya dengan menggunakan layanan video call. 

3. Dalam Bidang keuangan

Teknologi berperan penting seperti memunculkan alat-alat pembayaran baru secara digital seperti menggunakan dompet digital hingga belaja online yang tidak memerlukan pertemuan langsung. 

Beberapa manfaat lain teknologi digital:

  1. Memudahkan komunikasi
  2. Mendapatkan informasi lebih cepat
  3. Memudahkan pencari kerja
  4. Mengurangi biaya dan juga mempersingkat waktu
  5. Tempat menuangkan kreativitas

Untuk memahami lebih lanjut tentang teknologi digital, berikut Saintif sajikan beberapa contohnya.

Contoh Teknologi Digital

  • Jam Digital
  • eMail
  • eMoney
  • Vacuum Cleaner yang terkoneksi dengan IoT
  • Online Course 
  • Majalah online 
  • Pasar online 

Artikel Terkait