15 Jenis Tanaman Clathea dan Panduan Cara Merawatnya

tanaman calathea
Ilustrasi oleh dribbble.com

Calathea adalah jenis tanaman indoor yang mudah dirawat dengan tampilan cantik. Selain disebut calathea tanaman ini disebut juga ‘Prayer Plants’ atau tanaman doa.

Melansir dari ambius, Calathea masuk ke dalam genus dari familili Marantaceae yang spesiesnya hidup di daerah tropis. Calathea hidup di hutan wilayah Amerika Latin dengan vegetasi hutan yang lebat sehingga calathea terbiasa hidup ditempat yang teduh dan lembab.

Tanaman hias ini memiliki beraneka ragam jenis dengan motif, warna, dan bentuk yang berbeda. Berikut jenis-jenis diantaranya:

1. Calathea Roseopicta

jenis tanaman Calathea roseopicta

Tanaman hias calathea roseopicta memiliki daun besar berbentuk oval dan daunnya lebih mengkilap. Bagian atas daun berwarna hijau dan bawahnya berwarna ungu.

Setiap daun pada tanaman ini memiliki motif yang mengikuti bentuk daunnya dengan ukuran lebih kecil. Tanaman ini dapat tumbuh sekitar 50 cm.

2. Calathea Dottie

tanaman calathea

Calathea dottie merupakan hasil pembiakan dari induknya yaitu calathea rosepicta. Keunikan dari calathea dottie ini adalah daunnya yang lebar dan mengilap dengan warna hijau gelap sehingga sekilas terlihat seperti hitam. Memiliki garis halus daun berwarna pink fuschia di setiap daunnya.

3. Calathea Orbifolia

tanaman calathea

Calathea orbifolio merupakan salah satu spesies tanaman calathea yang tumbuh asli di Bolivia.

Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman penghias rumah karena bentuknya yang cantik dan daunnya yang lebar. Untuk dapat hidup dengan baik, tanaman ini membutuhkan tempat yang teduh, lembap, dan air yang  banyak.

4. Calathea Makoyana atau Merak

tanaman calathea

Calathea makoyana sering dikenal di Indonesia sebagai tanaman merak atau jendela katedral.

Jenis tanaman calathea ini memiliki daun dengan corak warna yang rumit dan warna-warni. Daun makoyana cukup tipis dengan bagian bawah daun berwarna ungu dan hijau muda, layaknya seekor merak.

Baca juga:  Kalimat Utama Adalah – Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh

5. Calathea Ornata

Calathea ornata

Varietas calathea ornata berasal dari kolombia dan ekuador yang sangat populer sebagai tanaman hias. Warna daun hijau gelap dengan garis-garis panjang berwarna pink putih. Tanaman ini memiliki kebiasaan berumpun dan dapat tumbuh hingga tinggi 7cm.

6. Calathea Zebrina

Motif daun menyerupai motif zebra (foto: Patch Plants)

Tanaman jenis calathea zebrina merupakan tanaman yang berasal dari Brasil tenggara.

Calathea zebrina memiliki daun berwarna hijau muda dan beludru yang sangat mencolok. Sementara pada bagian bawah daun, terdapat motif garis-garis berwarna ungu dan hijau tua mirip dengan belang zebra.

7. Calathea Lancifolia

Saat musim semi calathea lancifolia akan menghasilkan bunga (foto: Pexels - Karolina Grabowska)

Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias asli Brasil yang biasanya hidup di area dengan cuaca dingin.

Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman ular karena bentuk daunnya yang memanjang dan motifnya yang menyerupai ular. Ukuran tanaman yang mencapai 60 hingga 75 cm sehingga termasuk tanaman hias yang berukuran besar.

8. Calathea Warscewiczii

Calathea warscewiczii

Calathea warscewiczii adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di Costa Rica dan Nicaragua. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter dengan daun berwarna hijau, ungu, kuning, bahkan merah muda.

9. Calathea Crimson

Jenis Tanaman Hias Calathea Termahal di Indonesia - Tren |

Jenis tanaman hias calathea crimson merupakan jenis yang paling unik dan memiliki warna daun keunguan dengan warna ungu muda pada permukaan daun dan warna ungu pekat yang membingkai daunnya.

Coraknya tersebut membuat daun ini memiliki gradasi warna cantik yang pastinya membuat rumahmu tampak lebih menawan.

10. Calathea Veitchiana

Calathea veitchiana adalah tanaman asli Ekuador yang dapat tumbuh di daerah yang lembap. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seorang pecinta tanaman asal Inggris, Richard Pearce pada tahun 1862.

11. Calathea Louisae

11 Jenis Jenis Tanaman Calathea dan Cara Menanamnya di Rumah

Jenis tanaman calathea ini merupakan tanaman asli Brasil yang mulai dibudidayakan di berbagai negara di dunia. Calathea louisae dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 80 cm, dengan daun memanjang hingga ukuran 22 cm dan lebar 10 cm.

Baca juga:  10 Alasan yang dapat gunakan saat melamar pekerjaan

12. Calathea Flamestar

Jenis tanaman hias calathea flamestar memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis seperti sapuan sebuah kuas.

Di ujung daun juga terdapat garis-garis halus warna hijau yang membingkai permukaan daun. Warna yang umumnya muncul di daun calathea flamestar adalah warna hijau dan putih kekuningan.

13. Calathea Rufibarba

Sekilas calathea rufibarba tidak memiliki motif dan warna yang terang. Namun tanaman ini tetap tampil cantik dengan warna tropis yaitu bagian atas daun berwarna hijau dan bawah daun berwarna burgundy.

Tekstur bagian bawah daun mirip seperti bulu sehingga memiliki nama lain Velvet Calathea. Ukuran daun tanaman bisa tumbuh mencapai 5-7 cm sama dengan lebarnya.

14. Calathea Medallion

Calathea medallion memiliki bentuk daun melebar seperti kipas. Tanaman hias ini memiliki corak garis-garis yang mengikuti lekuk daun dengan gradasi warna yang cantik dan unik.

15. Calathea Contravenestra

Jenis calathea contravenestra jadi salah satu tanaman hias yang cukup populer dan mahal harganya. Calathea contravenestra ini memiliki ciri khas gradasi warna hijau yang lebih banyak, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua.

Cara Merawat Tanaman Hias Calathea

Perawatan tanaman hias calathea cukup mudah, karena hanya butuh menyiram setiap hari dengan air yang sedikit. Meski calathea ini membutuhkan banyak air, tapi ketika terlalu banyak bisa membuatnya layu.

Kemudian, saat akan ganti pupuk dan ganti media tanam setiap 6 bulan sekali. Sementara itu, dapat memberikan pupuk buatan yang mengandung nitrogen dan fosfor pada tanaman jika menginginkan daun yang terlihat lebih hijau dan indah.

Nah itulah beberapa jenis tanaman Calathea beserta gambar dan cara panduan merawatnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • 99.co
  • rumah.com
Tertarik dunia sains dan kepenulisan.

Be the first to comment

Leave a Reply