Seni Rupa Dua Dimensi: Penjelasan beserta Contohnya (LENGKAP)

seni rupa dua dimensi
Ilustrasi oleh dribbble.com

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran (panjang dan lebar). Contohnya adalah lukisan, gambar, batik, poster, lukisan dinding, dan lain sebagainya.

Berbagai seni rupa sering kita temui disekitar kita, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Misalnya saat kita menghadiri pameran seni rupa, didalamnya terdapat berbagai karya seni baik dalam bentuk gambar, lukisan, relief dan masih karya seni lainnya.

Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat dilihat oleh indra pengelihatan dan dapat dirasakan oleh indra peraba.

Berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran (panjang dan lebar). sedangkan karya seni rupa tiga dimensi mempunyai tiga ukuran (panjang, lebar dan tebal) atau memiliki ruang.

Unsur-Unsur

Titik

Titik adalah unsur paling fundamental dari seni rupa dua dimensi. Kumpulan titik-titik akan membentuk garis, Titik-titik yang dikumpulkan dengan warna berbeda akan menimbulkan sense yang berbeda dalam karya seni rupa dua dimensi.

Garis

Garis adalah kumpulan titik yang terbentuk melalui goresan atau tarika dari titik satu ke titik lainnya. Contoh garis : Panjang, tips, pendek, tebal, melengkung, lurus, berombak atau patah-patah.

Bidang

Bidang adalah kumpulan beberapa garis yang membentuk bangun datar. Kumpulan bidang akan membentuk suatu ruang, ruang disini yang kita kenal sebagai dimensi seperti dimensi panjang dan lebar.

Bentuk

Gabungan dari unsur bidang akan menciptakan bentuk. Bentuk secara bahasa berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun adalah bentuk benda yang terlihat oleh mata seperti bulat, persegi, tak teratur dan lainnya.

Baca juga:  Descriptive Text : Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Warna

Warna adalah unsur yang penting dalam sebuah karya seni. Warna memberikan rasa dan pesan dalam karya seni yang ingin disampaikan oleh pelukis sehingga sesuai dengan gambaran kenyataan yang ada.

Warna di bagi menjadi lima yaitu warna Primer (merah, kuning, biru), Sekunder (Warna Campuran), Tersier, Analogus dan Komplementer.

Gelap Terang

Gelap terang timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Unsur gelap terang memberikan kesan dan ruang atau kedalaman

Ruang dan kedalaman

Unsur ini berkaitan dengan unsur gelap terang. Karena dengan memberikan kesan gelap terang pada lukisan seperti cembung, menjorok atau jauh, akan menciptakan kedalaman yang sifatnya semu timbul akibat dari ilusi mata.

Teknik Seni

Beberapa teknik yang dapat digunakan dalam seni rupa dua dimensi ditunjukkan sebagai berikut.

Teknik Plakat

Teknik Plakat adalah teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik maupun minyak dengan sapuan tebal dan komposisi cat yang kental dan pekat.

Teknik Transparan

Teknik Transparan menggunakan cair utama berupa cat air. Teknik ini menghasilkan karya dengan sapuan tipis dan cenderung transparan.

Teknik Kolase

Teknik Kolase adalah teknik dengan menempelkan berbagai bentuk dan bahan kertas diatas sebuah pola atau gambar. Hasil karya teknik kolase cenderung realis dan abstrak.

Teknik 3M

Teknik 3M memiliki kepanjangan yaitu Melipat, Menggunting dan Menempel. Teknik ini dapat memanipulasi lembaran kertas menjadi sebuah karya tiga dimensi.

Teknik Blok

Teknik blok adalah teknik menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna sehingga hanyak tampak gambaran globalnya saja atau siluet.

Teknik Linear

Teknik linier adalah teknik yang menggunakan beberapa garis yang tertata untuk menyampaikan pesan dari sang pelukis sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang

Baca juga:  Rumus Segitiga Pascal [LENGKAP] Beserta Contoh Soalnya

Teknik Arsir

Teknik arsir adalah teknik dasar yeng digunakan untuk mengambar atau melukis mengunakan pena atau pensil. Teknik ini berguna untuk menutupi objek dengan garisan-garisan halus, membuat garis-garis sejajar ataupun tampak menyilang.

Teknik Aquarel

Teknik Aquarel tidak jauh berbeda dengan Teknik transparan. Teknik ini menggunakan cat air dengan sapuan tipis untuk menutupi objek gambar.

Teknik Pointilis

Teknik lukis yang terkenal dengan menggunakan kombinasi warna titik dan ukuran

Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah Teknik menempel potongan kertas atau kain guna membentuk objek yang akan dilukis.

contoh seni rupa dua dimensi
Batik merupakan seni rupa dua dimensi

Prinsip Seni Rupa Dua Dimensi

Unity (kesatuan) : pertautan bagian bagian dalam sebuah karya seni rupa .

Harmony (keselarasan) : hubungan kedekatan unsur unsur yang berbeda untuk menciptakan keselarasan (matching).

Contrast (penekanan): kesan yang diperoleh karena adanya 2 unsur yang berlawanan.

Rhythm (irama) : pengulangan lebih dari satu unsur secara teratur.

Gradasi : penyusunan warna berdasarkan tingkat perpaduan secara berangsur-angsur.

Proporsi : kesebangunan atau membandingkan bagian bagian satu dengan yang lain.

Balance (keseimbangan) : kesan yang didapat dari suatu susunan yang teratur atau diatur sedemikian rupa sehingga terdapat daya tarik yang sama pada tiap tiap susunan.

Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

Beberapa contoh seni rupa dua dimensi meliputi,

  • Lukisan
  • Fotografi
  • Batik
  • Kaligrafi
  • Seni mozaik
  • Gambar
  • Poster
  • Lukisan dinding

Demikian, penjelasan mengenai seni rupa 2 dimensi beserta contoh. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.